Inilah Cara Mengetahui Kecerdasan Anak yang Tepat Sejak Dini

SHARE:

Baca Juga :
Mungkin para orang tua selama ini melihat kecerdasan anak berdasarkan ranking yang diperoleh di sekolah, tapi sadarkah selama ini para orang tua keliru dengan hal tersebut. Berikut ada ilmu dan tips yang tepat mendeteksi kecerdasan anak lewat nilai rapor yang ada perhitungannya agar para orang tua, dapat melihat potensi yang dimiliki anak.
[post_ads]
Tips ini didasari oleh tulisan Diana Agustin yang diunggah melalui akun facebooknya yang tentunya sangat berguna dan bermanfaat bagi orang tua yang ingin mejadikan anaknya sukses nanti.

Seperti ini tulisan dari Diana Agustin :

Akhir bulan Desember adalah penerimaan raport buat para putra-putri kita.

Saya ikut bahagia di hari yang penuh ceria ini , dan ijinkan saya berbagi tips buat bapak ibu semua.

Tips berikut barangkali memiliki sudut pandang yang mungkin berbeda. Namun jika perspektifnya sama, alhamdulillah.

Yang utama semoga bermanfaat untuk kita semua.

Raport adalah Progress Report Pembelajaran laporan perkembangan ananda selama satu semester dalam menempuh seperangkat materi pelajaran dan bukan menjadi hasil akhir dan penentu.

Oleh karenanya saat menerima raport lakukan terlebih dahulu hal hal berikut :

1. Tutup raport terlebih dulu !

Tanyakan terlebih dahulu kepada anak anda Pelajaran apa yang dia sukai dan siapakah guru yang dia sukai. Ini akan berpengaruh terhadap nilainya di dalam raport.

Belajar adalah hasil kerja mental emosional (EQ) yg kemudian mengarahkan kemampuan kognitif nya (IQ) untuk meresponnya untuk memperoleh nilai2 belajar.

2. Perhatikan Nilai yang Tertinggi dan Nilai Pelajaran yang Rendah.

Fokus kepada nilai tertinggi yang ada di raport. Coba cek adakah signifikansi dengan pelajaran yang diminati anak dan gurunya yang dia sukai tersebut.

Sekali lagi

fokuslah kepada nilai tertinggi karena disitulah kelebihan anak anda. Itulah Anugerah terindah dari Tuhan yang diberikan. Terima dan Syukuri

Berikan senyuman dan ucapan dengan kalimat yang berisi pujian, apresiasi dan penghargaan dengan tulus kepada anak anda atas prestasinya.

Perhatikan pembagian secara sederhana untuk memudahkan memetakan Oka (otak kanan) dan Oki (otak kiri) berikut ini :

Otak kiri (matematika, IPA/sains, fisika, kimia, biologi, teknik dan lainnya)

Otak Kanan ( bahasa, seni, IPS,)

Jika Ananda dominannya pada otak kiri, maka arahkan nantinya ke jurusan sesuai bidang Otak kiri. Demikian juga sebaliknya.

Raport ini juga bermanfaat untuk mendeteksi dan mengetahui kecerdasan anak, sekaligus untuk penjurusannya nanti.

Jangan sekali kali memaksakan anak yang dominan di pelajaran otak kanan, misalnya, untuk kuliah / sekolah menengah di jurusan golongan otak kiri semisal Matematika, IPA , kedokteran, teknik dll .

Selain kasihan kepada anak, karena menjadi beban, juga kecerdasan anak memang bukan disitu, akhirnya hasilnya atau prestasinya menjadi kurang maksimal.

4. Tanyakan Pada Anak, Nilai Pelajaran Apa yang Rendah, Mengapa Bisa Terjadi dan Bagaimana Solusinya

Hal tersebut sekaligus berguna bagi penguatan fondasi jiwa dan mental anak. Melatih anak agar ia menerima diri apa adanya. Memaafkan diri dan ikhlas atas kekurangan kita sebagai orang yang beriman yang lemah, dan kurang, sehingga selalu memotivasi diri untuk dapat memperbaiki setiap kekurangan tersebut.

Kecerdasan spiritual (SQ) dan keimanan yg kokoh dibangun dengan melihat diri bahwa manusia memiliki sekian banyak kelebihan sekaligus kelemahannya.

Oleh karena itu coba latihlah anak untuk belajar menerima diri apa adanya.

5. Jangan Membandingkan Anak Dengan Anak Lainnya

Karena anak anda adalah unik, berbeda dan hanya satu di dunia, tidak ada duanya. Bakat, minat, kecerdasan, modalitas belajar dan potensi yang tentunya khas dan berbeda dengan anak lain. Jadi jangan sampai orang tua membanding-bandingkan karena anak anda tidak ada bandinganya.

Yang terpenting dari Pendidikan itu bukan ranking, karena hakekat dari pendidikan itu adalah menjadikan anak anda untuk :
  • Mencintai aktivitas membaca untuk mencari pengetahuan;
  • Bisa berpikir logis;
  • Tahu nilai-nilai benar dan salah;
  • Mampu mengembangkan bakatnya; dan
  • Punya semangat juang untuk mewujudkan apa yang dia inginkan secara disiplin & konsisten.
Ketika kita menjadikan ranking sebagai bukti keberhasilan pada anak kita, dampak terbesar adalah pada titik itulah kita berfokus. Kenyataannya tidak seperti itu 
  • Saat anak anda mencintai membaca maka mereka menguasai banyak pengetahuan, tidak peduli apakah mereka punya ranking baik atau buruk;
  • Saat anak anda bisa bepikir logis maka mereka akan mampu membangun visi dan impian mereka. Visi dan impian mereka itu tidak bisa dinilai per semester atau per semester untuk diperbandingkan antara anak satu dengan anak lainnya;
  • Saat anak anda tahu mana nilai yang benar dan mana yang salah maka mereka akan punya integritas;
  • Saat mereka mengenal bakat mereka yang sesungguhnya maka mereka akan mampu menghasilkan karya dan dedikasi yang terbaik;
  • Saat anak anda punya semangat juang maka itulah kunci sejatinya kesuksesan hidup.
Dan hal tersebut yang disebutkan diatas, tentu tidak bisa diranking. Jika anda fokus pada ranking maka anda akan kehilangan nilai-nilai yang hakiki dalam pendidikan.

Kalau anda harus kompromi dengan sistem pendidikan sekolah maka “kompromi” anda adalah, usahakan anak anda selalu naik kelas dan bergairah menjalani aktivitas sekolahnya.

Maknai nilai raport anak anda hanya sebagai salah satu indikator untuk tahu mana titik lemahnya, mana titik unggul. Semoga denga raport yang bapak ibu terima, semakin memotivasi untuk tumbuh kembangnya potensi dan kecerdasan serta bakat minat anak.

Raport bukan hasil akhir, namun adalah catatan hasil belajar anak yang masih bisa dievaluasi dan diperbaiki lagi kedepannya.

Berikut ini juga ada pesan dari seorang guru dan wali kelas bernama Bu Nani yang ditulis melalui status Whatsapp (WA) yang belakangan ini menjadi viral dan mungkin bisa menjadi pesan bermanfaat bagi orang tua :

"Katakan saja: "tidak apa-apa, itu hanya sekedar ujian,"

"Anak-anak itu diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar lagi dalam hidup ini."

"Sekiranya anak Anda lulus menjadi yang teratas, hebat!"

"Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga diri mereka."

"di tengah-tengah para pelajar yang menjalani ujian itu, ada calon seniman, yang tidak perlu mengerti Matematika"

"Ada calon olahragawam, yang lebih mementingkan fisik daripada Fisika"

"Ada calon photografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang art berbeda yang tentunya ilmunya bukan dari sekolah ini"

"Katakan pada mereka, tidak penting berapapun nilai ujian mereka,"

"Anda mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka"

"Ada calon pengusaha, yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra."

"Ada calon musisi yang nilai Kimia-nya tak akan berarti."

"Sebuah ujian atau nilai rendah takkan bisa mencabut impian dan bakat mereka."

"Berhentilah berpikir bahwa hanya dokter dan isinya yang bahagia di dunia ini."

"Hormat Saya, Wali Kelas".

Semoga bermanfaat.
[post_ads_2]

Penulis : Ismiati Lili
Ilustrasi nilai raport.

KOMENTAR

Dapatkan update Artikel menarik setiap hari dari Fianosa.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Fianosa.com", caranya klik link https://t.me/fianosa , kemudian join.
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Adf.ly,1,Adik Asuh,1,Agama,1,Agent Of Change,1,Akademi Kepolisian,1,Akmil,1,Akpol,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anak SGM,1,Andika Perkasa,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aparatur Sipil Negara,1,Aplikasi Bahasa Inggris,1,Aplikasi MOD,1,Aplikasi MOD untuk Android,1,Aplikasi Penghasil Uang,1,Arema,1,Aremania,1,Atambua,8,ATR/BPN,1,Baby Boomer,1,Backlink.co.id,1,Badminton,1,Bantuan Rumah,1,Banyuwangi,1,Belajar Bahasa Inggris,1,Beli Backlink,1,Beli Rumah,1,Beli Saham,1,Bisnis,1,Boba,1,Broker,1,Bu Nani,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,4,Budaya Marapu Sumba,1,Bulutangkis,1,BUMN,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Canva Mod,1,Cara Cepat Menghafal Materi Pelajaran,1,Cara Daftar Adf.ly,1,Cara Daftar Linkvertise,1,Cara Daftar SafelinkU,1,Cara Download File Dari Link SafelinkU,1,Carapedi.id,1,Catur,1,Cerita,3,Cerita Pendek,3,Cibubur,1,Coding,1,Covid-19,2,CPNS,1,Cuti Bersama,1,Cuti Bersama 2023,1,Demokrasi,1,Dokumen,1,Dompet Anti Copet,1,Download Aplikasi,2,Download Aplikasi MOD,1,Download Film Moonfall,1,Download Logo Kejaksaan,1,Download Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Dr. Donald Cline,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Dudung Abdurahman,1,Ekonomi,4,Eurico Guterres,6,Event,1,Fabio Carvalho,1,Facebook Access Token,1,Fakta Soekarno,1,Ferdi Sambo,1,FIFA,1,Film,5,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Film Moonfall,1,Film Our Father,1,Filosofi Stoisisme,1,FKPTT,6,FKPTT Cup I,1,Fourth Industry Revolution,1,Friendtell,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,1,Ganja,1,Ganja Legal,1,Ganja Thailand,1,Gap Year,1,Gas Air Mata,1,Generasi Alpha,1,Generasi Maju,1,Generasi Z,3,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,Grafik Pertumbuhan Anak,1,Gubernur NTT,1,Guru,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Guru,1,Hari Libur Nasional,1,Hari Taekwondo,1,Historia,3,Honeygain,1,Hubungan,1,Hukum,5,Hukum Film,2,HUT RI 77,1,Indonesia,2,Inggris,1,Investasi,1,Investasi Bodong,1,Ir. Soekarno,1,Jaksa Agung,1,Jasa Backlink,1,Jasa Content Placement,1,John Dewey,1,Jual Backlink,1,Kaboax,1,Kakak Asuh,1,Kalender,1,Kanjuruhan,1,Kanjuruhan Disaster,1,Karir,3,Kartel Medellin,1,Keadilan Sosial,1,Kecerdasan Anak,1,Kejaksaan Republik Indonesia,3,Kelebihan Semen Mortar,1,Kelemahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi,1,Keluarga Asuh,1,Kematian Massal,1,Kesehatan,1,Keuntungan Saham,1,Koperasi,1,KPR,1,Kuliner,1,Kupang,1,Laut Mati,1,Libur 2023,1,Libur Nasional 2023,1,Liburan Kuliah,1,Linkvertise,1,Liverpool,1,Logo Kejaksaan,1,Logo Kejaksaan PNG,1,Logo Persaja,1,Logo Persaja Terbaru,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia Terbaru,1,Lokastithi Giribadra,1,Lowongan kerja,1,Loyalitas Pelanggan,1,Mahasiswa,4,Malang,3,Malang United,1,Manfaat Jus Buah,1,Marina,1,Marina Beauty Journey,1,Masyarakat Eks Pejuang Timor-Timur,3,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mengetahui Kecerdasan Anak,1,Menghasilkan Uang Online,6,MICIN,1,Milenial,4,Millenial,5,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Motivasi,6,Muhamad Sulaeman,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasional,2,News,1,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,10,OJK,1,Olahraga,3,Opini,55,Ottopoint,1,Pablo Escobar,1,Pancasila,1,Pasang Artikel,1,Pasar Modal,1,Paskah,1,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pegawai BUMN,1,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemuda Katolik,1,Pemulihan Ekonomi,1,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,12,Penghapusan Jalur Mandiri,1,Penghasilan Tambahan,5,Perguruan Tinggi,1,Permata Cimanggis,1,Pesan WA Bu Nani,1,Pialang,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,13,Pilkada,1,PNS,1,POKJA,1,Polisi Tembak Warga,1,Polisi Tembak Warga Belu,1,Politik,1,Politik Uang,1,Portugal,1,Potensi Diri,1,Pray For Kanjuruhan Malang,1,Presiden Soekarno,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Properti,2,Psikologi,1,PSSI,1,Puisi,3,PUPR,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,Raiders Salomon Marpaung,1,Rajabacklink.com,1,Ramalan Zodiak,1,Rekening Dana Investor,1,Rekomendasi Perusahaan Sekuritas,1,Reksa Dana,1,Resep Sei Sapi,1,Review Film,3,Revolusi Industri,1,Risiko Saham,1,Ronaldo Filipus Nara,1,Rumah Cimanggis,1,Rumah di Cibubur,1,Safelinku,2,SafelinkU Terbukti Membayar,1,Saham,1,sastra,3,Sei,1,Sei Sapi,1,Sejarah,1,Sejarah Sei,1,Sekuritas,1,Semen Mortar,1,Semua Berita,3,Sepakbola,2,SGM,1,Shopee Affiliates Program,1,ShrinkMe,1,ShrinkMe.io,1,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,2,SMP 7 September 99 Atambua,1,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sosiago.id,1,Sosial,10,Soundrenaline,1,Sponsored,18,Suku di Indonesia,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun 2023,1,Tahun Baru 2021,1,Taruna,1,Teknik Feynman,1,Teknologi,2,Tentara Nasional Indonesia,1,Teori Psikologi Adler,1,Thailand,1,The Sunrise Of Java,1,Timor Leste,3,Tips,27,Tips Beli Rumah,1,Tips Beli Rumah KPR,1,Tips Facebook,1,Tips kesehatan,1,Tips Keuangan,8,Tips mengatasi mata gatal,1,Tips Menulis,1,Tips Saham,1,Tips Teknologi,1,Token Akses Facebook,1,Tokoh,2,Tradisi,1,Tragedi Kericuhan Kanjuruhan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,UMKM,2,Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi,1,Universitas Andalas,1,UU PDP,1,Viktor B. Laiskodat,1,Viral Status WA,1,Website,1,Whatsapp MOD,1,Wisata,4,Yayasan Nusa Timur,1,Zodiak,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Inilah Cara Mengetahui Kecerdasan Anak yang Tepat Sejak Dini
Inilah Cara Mengetahui Kecerdasan Anak yang Tepat Sejak Dini
Cara mengetahui kecerdasan anak cukup dengan fokus melihat nilai tertinggi yang ada pada raport anak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9JeDtcooyHu_GIgQcPeafnT4J6h5rZ1-00bFj6N-NqhNfPJwsybi91uWMrCLC6NijSDpsuPvGRgCSWiSj6EUtEM6jeeBYkERwZzZddRqbc_IKXNOeb-fPPdjpqykrBzXZw0ECG5gQISjEnMun1o8SEGKcWPUe48keazQEeMviMewTTVFRRWBCL1k/w640-h320/Tips-nilai-raport.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9JeDtcooyHu_GIgQcPeafnT4J6h5rZ1-00bFj6N-NqhNfPJwsybi91uWMrCLC6NijSDpsuPvGRgCSWiSj6EUtEM6jeeBYkERwZzZddRqbc_IKXNOeb-fPPdjpqykrBzXZw0ECG5gQISjEnMun1o8SEGKcWPUe48keazQEeMviMewTTVFRRWBCL1k/s72-w640-c-h320/Tips-nilai-raport.jpg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2022/05/inilah-cara-mengetahui-kecerdasan-anak.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2022/05/inilah-cara-mengetahui-kecerdasan-anak.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close