Mengenal Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Taruna Akademi Kepolisian

SHARE:

Baca Juga :

Istilah keluarga asuh, kakak asuh maupun adek asuh mungkin bagi banyak orang merupakan hal yang asing dan jarang sekai terdengar. Sehingga ketika ada istilah tersebut pastinya akan menimbulkan pertanyaan apa itu kakak asuh, atau apa itu adek asuh dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang mengandung harapan akan adanya jawaban yang bisa memenuhi rasa penasaran.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul terkait dengan Kasus Ferdi Sambo. Adanya dugaan yang diungkapkan Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran Bandung yang juga mantan penasihat Kapolri Profesor Muradi, bahwa adanya peran pihak lain yakni kakak dan adik asuh bagi Ferdy Sambo untuk menghadapi kasusnya.

Namun bukan dugaan keterlibatan Kakak Asuh dan Adik Asuh Ferdi Sambo sebagaimana dugaan dari Profesor Muradi yang menjadi bahasan dari tulisan ini, namun tulisan kali ini akan mengulas mengenai Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Lingkungan Taruna Akademi Kepolisian.

Keluarga asuh sendiri merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tahun oleh taruna pada Akademi Kepolisian (Akpol). Tradisi tersebut merupakan pemilihan yang bertujuan untuk mencari calon adik asuh yang nantinya akan tergabung bersama kakak asuh dalam sebuah keluarga asuh yang terdiri dari taruna tingkat junior sampai dengan taruna tingkat senior. 

Keluarga asuh inilah yang kemudian menjadi wadah para taruna baik adek asuh maupun kakak asuh untuk saling asah,asih dan asuh antara taruna junior dan taruna senior. Hubungan keluarga asuh ini akan terus terjalin hingga nanti pada saat penugasan dan akan terbawa hingga pensiun nanti.

Akademi Kepolisian sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat mencetak para taruna menjadi perwira Polri yang praktisi dan akademisi sebagai kader pemimpin pada masing-masing instansi dimasa depan, sesuai dengan strata kepangkatan dan struktur organisasi yang tergelar, jujur, bersih, profesional, bermoral, modern, dan dipercaya masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya adalah dengan adanya kualitas pengasuhan yang baik dan terarah dari peran dan figur kakak asuh terhadap adik asuh dalam kehidupan senior-junior di lingkungan taruna Akademi Kepolisian.

Keluarga Asuh

Keluarga asuh adalah salah satu bentuk tradisi taruna Akademi Kepolisian yang menjadi wadah interaksi diantara taruna senior dan taruna junior. Dari seluruh taruna Akademi yang ada, dibentuk kelompok-kelompok kecil yang memiliki identitas sendiri sendiri. Layaknya sebuah keluarga, kelompok tersebut menciptakan hubungan kakak dan adik yang akan terus dibawanya sampai kapanpun. 

Pada Akademi Kepolisian berikut ini adalah unsur dalam keluarga asuh :
a. Saudara Asuh : yakni taruna dari satu angkatan yang sama;
b. Kakak Asuh : yakni sebutan untuk taruna senior;
c. Mbah Mentor : yakni taruna tingkat  3;
d. Buyut Mentor.

Sementara itu dalam Akademi Militer sebutannya lebih sederhana yakni hanya unsur Kakak Asuh dan Adik Asuh, sedangkan pada Akademi Angkatan Laut (AAL) sebutannya adalah Sisun Mentor dimana sisun adalah Adik Asuh atau Junior sementara Mentor adalah Kakak Asuh atau Senior.

Peran Kakak Asuh Pada Lingkungan Taruna

Pada lingkungan akademi kepolisian mdiantara para taruna terjalin komunikasi tidak sebatas hanya dengan rekan satu angkatannya saja, namun juga terjadi interaksi diantara taruna beda angkatan. Komunikasi dan interaksi antar angkatan inilah yang terkadang bisa memunculkan gesekan hingga konflik diantara taruna yang lebih senior kepada juniornya, meskipun tidak menutup kemungkinan juga adanya konflik diantara rekan satu angkatan.

Disitulah peran Kakak asuh dalam mengarahkan, mengawasi serta mencegah terjadinya konflik yang terjadi. Selain itu peran kakak asuh itu sendiri memiliki intensitas pertemuan yang cukup tinggi, baik berupa interaksi yang dijadwalkan maupun yang tidak dijadwalkan. Implementasi kegiatan kakak asuh ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

1. Temu Kakak Asuh di Lingkungan Korps Taruna

a. Makan bersama saudara asuh

Kegiatan ini dijadwalkan untuk dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu minggu dimana dalam pelaksanaannya diharapkan taruna senior yang berkedudukan sebagai kakak asuh dapat memberikan transfer ilmu/informasi seperti : 
1) Memberi contoh cara makan yang baik sesuai perduptar dan norma yang berlaku di masyarakat; 
2)Memperkenalkan diri dan mengenalkan para pejabat di lingkungan Akademi kepolisian ; 
3) Mengarahkan adik asuhnya mengenai kehidupan didalam Senat Korps Taruna Akademi Kepolisian.

b. Bertemu saudara asuh di cafe taruna

Pada bagian ini senior sebagai kakak asuh mengambil peran dalam :
1) Mengecek kondisi kesehatan adik asuhnya maupun keluarganya; 
2) Mengecek kesulitan Taruna yunior dan membantu mencari solusi jalan keluarnya; 
3) Mengarahkan kebutuhan-kebutuhan mengenai perlengkapan pribadi yang perlu disiapkan;

c. Bertemu kakak asuh di flat; 

Pada bagian ini senior sebagai kakak asuh berperan dalam hal :
1) Mengecek mata pelajaran yang dianggap sulit diterima oleh adik-adik asuhnya; 
2) Memberi referensi pelajaran kepada adik asuhnya; 
3) Melakukan diskusi singkat tentang materi pelajaran yang akan diujikan dosen;
4) Memberikan kesempatan kepada adik asuh untuk menanyakan mata pelajaran yang dianggap kurang dimengerti; 
5) Memberikan motivasi belajar kepada adik asuhnya.

d. Forum Diskusi Keluarga asuh

Forum ini tidak lebih mengarah pada sharing informasi antara senior dengan junior, tidak hanya sebatas pada adik asuh dan kakak asuhnya namun juga diantara keluarga asuh yang menjadi saudara asuhnya.

2. Temu Kakak Asuh di Luar Lingkuangan Korps Taruna; 

a. Pesiar bersama kakak asuh ke pos pesiar; 
Pada bagian ini kakak asuh akan mengajak adik asuh untuk melaksanakan kegiatan berikut :
1) Mengajak pesiar adik asuh ke tempatnya (pos pesiar); 
2) Membimbing dan mengarahkan etika pada saat pesiar sesuai Perduptar (Peraturan Kehidupan Taruna)
3) Memberi contoh ketauladanan dalam bertindak dan berperilaku saat pesiar; 
4) Memberi contoh tauladan dalam bergaul dengan sesama Taruna dan masyarakat; 
5) Memperkenalkan keluarga, kerabat, kenalannya kepada adik asuhnya; 
6) Membantu memfasilitasi kebutuhan yang mendukung pembelajaran di Akpol kepada Taruna junior pada saat pesiar.

b. Kunjungan bersama kakak asuh ke tempat/rumah para pejabat Akademi Kepolisian

c. Kunjungan bersama kakak asuh ke kediaman pejabat diluar Akademi Kepolisian

d. Kegiatan lain seperti foto bersama keluarga asuh dan makan bersama keluarga asuh pada saat jam/waktu pesiar.

Demikian Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Lingkungan Taruna Akademi Kepolisian semoga menambah pengetahuan kalian.

Sumber : 
Jurnal Ilmiah Akademi Kepolisian, Peran Keluarga Asuh Taruna Akademi Kepolisian Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Melalui Optimalisasi Peran Kakak Asuh Taruna, oleh Ferli Hidayat.

Redaksi Fianosa
Mengenal Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Lingkungan Taruna Akademi Kepolisian
Mengenal tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Taruna Akademi Kepolisian

KOMENTAR

Dapatkan update Artikel menarik setiap hari dari Fianosa.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Fianosa.com", caranya klik link https://t.me/fianosa , kemudian join.
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Adf.ly,1,Adik Asuh,1,Agama,1,Agent Of Change,1,Akademi Kepolisian,1,Akmil,1,Akpol,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anak SGM,1,Andika Perkasa,1,Anime Romance Terbaik,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aparatur Sipil Negara,1,Aplikasi Bahasa Inggris,1,Aplikasi MOD,1,Aplikasi MOD untuk Android,1,Aplikasi Penghasil Uang,1,Arema,1,Aremania,1,Atambua,8,ATR/BPN,1,Avatar : the Way of Water,1,Baby Boomer,1,Backlink.co.id,1,Badminton,1,Banyuwangi,1,Belajar Bahasa Inggris,1,Beli Backlink,1,Beli Rumah,1,Bisnis,1,Bisnis Online,2,Boba,1,Bu Nani,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,4,Budaya Marapu Sumba,1,Bulutangkis,1,BUMN,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Canva Mod,1,Cara Cepat Menghafal Materi Pelajaran,1,Cara Daftar Adf.ly,1,Cara Daftar Linkvertise,1,Cara Daftar SafelinkU,1,Cara Download Dokumen di Scribd,1,Cara Download File Dari Link SafelinkU,1,Cara Download Scribd,1,Carapedi.id,1,Catur,1,Cerita,3,Cerita Pendek,2,Cibubur,1,Coding,1,Covid-19,2,CPNS,1,Cuti Bersama,1,Cuti Bersama 2023,1,Demokrasi,1,Dokumen,1,Dompet Anti Copet,1,Download,1,Download Aplikasi,2,Download Aplikasi MOD,1,Download Film Moonfall,1,Download Logo Kejaksaan,1,Download Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Dr. Donald Cline,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Ekonomi,4,Eurico Guterres,1,EVE Beauty House Kelapa Gading,1,Fabio Carvalho,1,Facebook Access Token,1,Fakta Soekarno,1,Ferdi Sambo,1,FIFA,1,Film,5,Film Avatar,1,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Film Moonfall,1,Film Our Father,1,Filosofi Stoisisme,1,FKPTT,1,Fourth Industry Revolution,1,Friendtell,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,1,Ganja,1,Ganja Legal,1,Ganja Thailand,1,Gap Year,1,Gas Air Mata,1,Generasi Alpha,1,Generasi Maju,1,Generasi Z,3,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,Grafik Pertumbuhan Anak,1,Gunung Ramelau,1,Guru,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Guru,1,Hari Libur Nasional,1,Hari Taekwondo,1,Hipotermia,1,Historia,4,Honeygain,1,Hubungan,1,Hukum,5,Hukum Film,2,Idul Fitri,1,Indonesia,2,Inggris,1,Investasi,1,Ir. Soekarno,1,Jaksa Agung,1,Jasa Backlink,1,Jasa Content Placement,1,Jasa Pembuatan Website,1,John Dewey,1,Jual Backlink,1,Kaboax,1,Kakak Asuh,1,Kalender,1,Kanjuruhan,1,Kanjuruhan Disaster,1,Karir,3,Kartel Medellin,1,Keadilan Sosial,1,Kecerdasan Anak,1,Kejaksaan Republik Indonesia,3,Kelebihan Semen Mortar,1,Kelemahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi,1,Keluarga Asuh,1,Kematian Massal,1,Kesehatan,1,Keuntungan Saham,1,Koperasi,1,Kraken,1,Kuliner,1,Kupang,1,Laut Mati,1,Libur 2023,1,Libur Nasional 2023,1,Liburan Kuliah,1,Linkvertise,1,Liverpool,1,Logo Kejaksaan,1,Logo Kejaksaan PNG,1,Logo Persaja,1,Logo Persaja Terbaru,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia Terbaru,1,Lokastithi Giribadra,1,Lowongan kerja,1,Loyalitas Pelanggan,1,Mahasiswa,5,Malang,2,Malang United,1,Manfaat Jus Buah,1,Masyarakat Eks Pejuang Timor-Timur,2,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mengetahui Kecerdasan Anak,1,Menghasilkan Uang Online,6,MICIN,1,Milenial,4,Millenial,5,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Modal Kecil Untung Besar,1,Motivasi,6,Muhamad Sulaeman,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasional,2,News,1,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,8,OJK,1,Olahraga,3,Opini,61,Ottopoint,1,Pablo Escobar,1,Pancasila,1,Pasang Artikel,1,Paskah,1,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pegawai BUMN,1,Pemilihan Umum,2,Pemilu,2,Pemuda Katolik,1,Pemulihan Ekonomi,1,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,12,Penghapusan Jalur Mandiri,1,Penghasilan Tambahan,5,Perguruan Tinggi,1,Pesan WA Bu Nani,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,14,Pilkada,1,PNS,1,POKJA,1,Polisi Tembak Warga,1,Polisi Tembak Warga Belu,1,Politik,1,Politik Uang,1,Portugal,1,Potensi Diri,1,Pray For Kanjuruhan Malang,1,Presiden Soekarno,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Properti,1,Psikologi,1,PSSI,1,Puisi,3,PUPR,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,Raiders Salomon Marpaung,1,Rajabacklink.com,1,Ramalan Zodiak,1,Rekomendasi Film Korea Seru,1,Reksa Dana,1,Resep Sei Sapi,1,Review Film,3,Revolusi Industri,1,Risiko Saham,1,Ronaldo Filipus Nara,1,Rumah di Cibubur,1,Safelinku,2,SafelinkU Terbukti Membayar,1,Saham,1,sastra,3,Scribd,1,Sei,1,Sei Sapi,1,Sejarah,1,Sejarah Sei,1,Semen Mortar,1,Semua Berita,3,Sepakbola,2,SGM,1,Shopee Affiliates Program,1,ShrinkMe,1,ShrinkMe.io,1,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,2,SMP 7 September 99 Atambua,1,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sosiago.id,1,Sosial,10,Sponsored,15,Suku Bajau,1,Suku di Indonesia,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun 2023,1,Tahun Baru 2021,1,Taruna,1,Teknik Feynman,1,Teknologi,2,Tentara Nasional Indonesia,1,Teori Psikologi Adler,1,Thailand,1,The Sunrise Of Java,1,Timor Leste,4,Tips,29,Tips Facebook,1,Tips Keuangan,9,Tips Menulis,1,Tips Teknologi,1,Token Akses Facebook,1,Tokoh,2,Tradisi,1,Tragedi Kericuhan Kanjuruhan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,UMKM,2,Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi,1,Universitas Andalas,1,Usaha Online,2,UU PDP,1,Viral Status WA,1,Website,1,Whatsapp MOD,1,Wisata,4,Yayasan Nusa Timur,1,Zodiak,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Mengenal Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Taruna Akademi Kepolisian
Mengenal Tradisi Keluarga Asuh dan Peran Kakak Asuh Pada Taruna Akademi Kepolisian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkitaAjM9djgFWjLKlQVVdjwMxe9rY2pZipNh9rnm2cYvLDhyEG31qEYr5GguS3UVrwjTQhWl11iutoRnh5mkirYIPsDSduYaz92ySPeSELxKc-IQG9rU5zDjfJ2zq9v2EcprH4s98T5RamTxhuuut9JICQbZvpn3Sy00c4laPurYl167A-An5lnM/w640-h374/Mengenal%20Tradisi%20Keluarga%20Asuh%20dan%20Peran%20Kakak%20Asuh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkitaAjM9djgFWjLKlQVVdjwMxe9rY2pZipNh9rnm2cYvLDhyEG31qEYr5GguS3UVrwjTQhWl11iutoRnh5mkirYIPsDSduYaz92ySPeSELxKc-IQG9rU5zDjfJ2zq9v2EcprH4s98T5RamTxhuuut9JICQbZvpn3Sy00c4laPurYl167A-An5lnM/s72-w640-c-h374/Mengenal%20Tradisi%20Keluarga%20Asuh%20dan%20Peran%20Kakak%20Asuh.jpg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2022/09/mengenal-tradisi-keluarga-asuh-dan.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2022/09/mengenal-tradisi-keluarga-asuh-dan.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content