Peranan Bapak Keluarga Dalam Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

SHARE:

Baca Juga :
Peranan Bapak keluarga dalam mendukung kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Katolik di Sekolah salah satu caranya adalah menyediakan sarana yang dibutuhkan untuk menfasilitasi proses kegiatan yang dimaksud. Orang tua yang baik adalah orang tua yang mendukung anaknya dengan menyediakaan buku-buku bacaan yang bermanfaat untuk memupuk semangat membaca, sehingga intelektualitas anaknya akan bertumbuh sempurna.

Peranan Bapak Keluarga  Dalam Pendidikan Agama Katolik
Via Pexels.com
Orang tua yang memiliki tanggung jawab adalah orang tua yang ada perhatian terhadap perkembangan dan keadaan anaknya selama masa pendidikan. Dalam perkembangan selama ini yang dapat kami amati adalah bahwa orang tua terutama bapak keluarga kurang berperanan. Kenyataannya adalah setiap kali ada undangan atau pemberitahuan dari sekolah untuk orang tua datang membahas atau menyelesaikan masalah-masalah tertentu menyangkut perkembangan pendidikan anak sekolah biasanya yang hadir sering kali ibu atau utusan lain yang mewakili, sedangkan bapak keluarga jarang hadir.

Kerja sama yang baik dari orang tua anak, khususnya bapak keluarga sangat dibutuhkan, pada hakekatnya masih banyak anak-anak yang kemampuan belajarnya rendah dan menganggap remeh kegitan belajar. Sedangkan pendidikan di sekolah bertujuan untuk membagun semangat dan perjuangan agar apa yang diinginkan dapat tercapai. Secara khusus melalui Pendidikan Agama Katolik di sekolah dimaksudkan untuk membantu mewujudkan tugas Gereja mewartakan misteri keselamatan Allah, yaitu berusaha mengembangkan kehidupan siswa seutuhnya dan membantu mewujudkan tugas orang tua dalam pendidikan anaknya. Pendidkan Agama Katolik Sekolah Lanjutan Pertama sangat Penting terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan iman anak.

Secara umum dapat dikatakan bahwa peranan Bapak Keluarga dalam Pendidikan Agama Katolik memerlukan suatu usaha untuk mempertahankan hal-hal yang bermanfaat bagi perkembangan kehidupan iman anak SLTP.

Secara khusus dapatlah dikatakan bahwa hal-hal yang belum menunjang peranan bapak keluarga dalam pendidikan agama katolik hendaknya dapat ditingkatkan. Jika tidak, maka anak akan beranggapan bahwa pendidikan agama katolik yang diperoleh di sekolah hanya untuk mendapat nilai lulus, tidak dihayati atau dikembangkan untuk diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari.

Oleh karena itu berikut adalah hal baik yang perlu dipertahankan dan juga hal-hal yang perlu dibenahi terkait Bapak Keluarga dalam memaksimalkan peran pentingnya terhadap Pendidikan Agama Katolik di SLTP. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hal baik yang perlu dipertahankan :

Dalam hal fungsi Bapak
Bapak Keluarga dapat bertindak sebagai pemimpin yang bertanggung jawab dalam keluarga. Hal ini hendaknya dipertahankan melalui tindakan yang dilakukan oleh bapak sebagai orang tua kandung dalam kaitan dengan tanggungjawab yaitu menanggung segala sesuatu dengan keluarga serta menjadi pelindung, pemimpin, perintis jalan bagi anak-anak.

Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam hal fungsi adalah bahwa dalam keluarga bapak dapat bertindak sebagai pendidik bagi anak-anak, dengan menfungsikan diri sebagai pendidik, adalah perbuatan penting dan mulia , terutama pendidikan agama katolik demi pertumbuhan dan perkembangan iman anak. Orang tua mengurus pendidikan bagi anak-anaknya, membimbing dan menuntun seturut kehendak Allah.

Dalam hal keaktifan Bapak
Bapak keluarga dapat menyediakan situasi belajar yang kondusif bagi anak dalam keluarga. Hal ini merupakan suatu yang baik dan patut dipertahankan. Oleh karena itu perlu kerjsama bapak dan ibu untuk menyeidakan situasi bagi mereka, sebab daya pikiwr seorang anak dipengaruhi oleh suasana dalam keluarga.

Dalam hal kerjasama
Bapak keluarga bersedia menghadiri undangan atau panggilan dari sekolah, hal ini perlu dipertahankan karena orang tua patut mendapat informasi dari guru di sekolah tentang maju mundurnya seorang anak baik dalam pelajaran sekolahnya maupun perkembangan di bidang kerohanian.

Hal lain yang perlu dipertahankan adalah selalu mengizinkan anak untuk kegiatan kerohanian. Hal ini sangat dibutuhkan, karena kegiatan kerohnian merupakan kesempatan untuk memperdalam dan menghayati iman.

Dalam hal sikap
Selalu mementingkan pendidikan agama katolik bagi anak adalah sesuatu yang sangat baik dan perlu dipertahankan dengan meneruskan nilai-nilai agama kepada anak. Agama mengajarkan tentang kebenaran dan kebaikan, sehingga memungkinkan dalam praktik hidupnya selalu berusaha untuk meningkatkan kebaikan-kebaikan didasarkan pada nilai-nilai atau norma-norma agama.

Hal yang perlu dipertahankan adalah sikap taat dalam hidup beriman. Sikap taat perlu dipelihara. Bapak keluarga sebagai orang tua menjadi panutan bagi anak-anak, karena itu ia hendaklah menunjukan sikap patuh serta taat dalam mewujudkan imannya.

Dalam hal teladan
Sering mengikuti perayaan Ekaristi adalah hal yang harus dipertahankan, melalu perayaan Ekaristi Karya penyelamatan Allah dalam diri Yesus Kristus dihadirkan kembali. Puncak ibadat ada pada perayaan dan pesta keagamaan. Perayaan. Perayaan pesta keagamaan berperan untuk memperbaharui, menyegarkan dan mengembangkan iman umat.

Selalu megadakan doa dalam keluarga merupakan hal yang positif untuk selalu dipertahankan dengan menjadikan keluarga tempat untuk membangun komunikasi dengan Tuhn dan menjadi teladan yang baik untuk anak dengan sabar dan berbakti kepada Tuhan, karena meyakini bahwa Tuhan adalah segala sumber kehiupan.

2. Hal-hal yang perlu dibenahi :

Fungsi Bapak Keluarga
Hal yang perlu diperhatikan adalah penerapan aturan dalam keluarga, hal ini perlu untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kehidupan yang teratur dan tertib. Anak-anak perlu dikendalikan dengan aturan-aturan yang disepakati dalam rumah tangga. Rumah tangga yang disiplin anak akan mencapai sukses.

Keaktifan bapak keluarga dalam pendidikan agama katolik
Hal yang perlu untuk ditingkatkan adalah menuntun anak akan pentinggnya agama. Agama adalah anugerah Tuhan, akan perlu disadarkan bahwa yang menjadi aspek utama dalam agama adalah iman. Iman adalah iman dasar bagi kehidupan agar mereka tidak tergoncang oleh tawaran-tawaran dunia dan perkembangan zamannya.

Kerjasama bapak keluarga dalam pendidikan agama katolik
Hal yang menjadi perhatian adalah usaha untuk menyelesaikan kesulitan sekolah anak dengan menfasilitasi kebutuhan-kebutuhan mereka, sehingga dapat menunjang nilai selektivitas proses pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa bapak keluarga harus melihat kerjasama sebagai hal yang penting untuk mendukung keberhasilan pendidikan anak mereka.

Sikap bapak keluarga dalam pendidikan agama katolik
Hal yang dapat diperhatikan adalah kebanyakan bapak keluarga perlu memperjuangkan iman anak. Kaarena kehidupan iman anak berkembang dengan sempurna perlu didukung dengan menyediakan buku bacaan yang sehat, dan memiliki sikap yang sabar dalam mendidik.

Teladan
Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bapak keluarga bertindak sebagai seorang bapak yang baik, menasehati anak untuk hidup menurut ajaran gereja, memiliki inisiatif untuk membina keluarga menuju kehidupan yang lebih baik dan berhasil.

Perhatian
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah selalu mengontrol anak belajar teratur dan disiplin. Kecerdasan anak dapat ditingkatkan dengan program yang mantap dan kesungguhan dari orang tua untuk membina mereka dalam keluarga. Sering mengecek informasi ke sekolah tentang sikap dan perilaku anak. Orang tua dan guru dalam melaksanakan pendidikan keduanya harus bekerjasama demi kepentingan anak dan cita-cita mereka.

Penulis : Heriqueta Cota Pereira, S.Ag.,MM [Kepala Sekolah SMP 7 September 99 Atambua]
Dapatkan update Artikel menarik setiap hari dari Fianosa.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Fianosa.com", caranya klik link https://t.me/fianosa , kemudian join.
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Adf.ly,1,Adik Asuh,1,Agama,1,Agent Of Change,1,Akademi Kepolisian,1,Akmil,1,Akpol,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anak SGM,1,Andika Perkasa,1,Anime Romance Terbaik,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aparatur Sipil Negara,1,Aplikasi Bahasa Inggris,1,Aplikasi MOD,1,Aplikasi MOD untuk Android,1,Aplikasi Penghasil Uang,1,Arema,1,Aremania,1,Atambua,8,ATR/BPN,1,Avatar : the Way of Water,1,Baby Boomer,1,Backlink.co.id,1,Badminton,1,Banyuwangi,1,Belajar Bahasa Inggris,1,Beli Backlink,1,Beli Rumah,1,Bisnis,1,Bisnis Online,2,Boba,1,Bu Nani,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,4,Budaya Marapu Sumba,1,Bulutangkis,1,BUMN,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Canva Mod,1,Cara Cepat Menghafal Materi Pelajaran,1,Cara Daftar Adf.ly,1,Cara Daftar Linkvertise,1,Cara Daftar SafelinkU,1,Cara Download Dokumen di Scribd,1,Cara Download File Dari Link SafelinkU,1,Cara Download Scribd,1,Carapedi.id,1,Catur,1,Cerita,3,Cerita Pendek,2,Cibubur,1,Coding,1,Covid-19,2,CPNS,1,Cuti Bersama,1,Cuti Bersama 2023,1,Demokrasi,1,Dokumen,1,Dompet Anti Copet,1,Download,1,Download Aplikasi,2,Download Aplikasi MOD,1,Download Film Moonfall,1,Download Logo Kejaksaan,1,Download Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Dr. Donald Cline,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Ekonomi,4,Eurico Guterres,1,EVE Beauty House Kelapa Gading,1,Fabio Carvalho,1,Facebook Access Token,1,Fakta Soekarno,1,Ferdi Sambo,1,FIFA,1,Film,5,Film Avatar,1,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Film Moonfall,1,Film Our Father,1,Filosofi Stoisisme,1,FKPTT,1,Fourth Industry Revolution,1,Friendtell,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,1,Ganja,1,Ganja Legal,1,Ganja Thailand,1,Gap Year,1,Gas Air Mata,1,Generasi Alpha,1,Generasi Maju,1,Generasi Z,3,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,Grafik Pertumbuhan Anak,1,Gunung Ramelau,1,Guru,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Guru,1,Hari Libur Nasional,1,Hari Taekwondo,1,Hipotermia,1,Historia,4,Honeygain,1,Hubungan,1,Hukum,5,Hukum Film,2,Idul Fitri,1,Indonesia,2,Inggris,1,Investasi,1,Ir. Soekarno,1,Jaksa Agung,1,Jasa Backlink,1,Jasa Content Placement,1,Jasa Pembuatan Website,1,John Dewey,1,Jual Backlink,1,Kaboax,1,Kakak Asuh,1,Kalender,1,Kanjuruhan,1,Kanjuruhan Disaster,1,Karir,3,Kartel Medellin,1,Keadilan Sosial,1,Kecerdasan Anak,1,Kejaksaan Republik Indonesia,3,Kelebihan Semen Mortar,1,Kelemahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi,1,Keluarga Asuh,1,Kematian Massal,1,Kesehatan,1,Keuntungan Saham,1,Koperasi,1,Kraken,1,Kuliner,1,Kupang,1,Laut Mati,1,Libur 2023,1,Libur Nasional 2023,1,Liburan Kuliah,1,Linkvertise,1,Liverpool,1,Logo Kejaksaan,1,Logo Kejaksaan PNG,1,Logo Persaja,1,Logo Persaja Terbaru,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia Terbaru,1,Lokastithi Giribadra,1,Lowongan kerja,1,Loyalitas Pelanggan,1,Mahasiswa,5,Malang,2,Malang United,1,Manfaat Jus Buah,1,Masyarakat Eks Pejuang Timor-Timur,2,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mengetahui Kecerdasan Anak,1,Menghasilkan Uang Online,6,MICIN,1,Milenial,4,Millenial,5,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Modal Kecil Untung Besar,1,Motivasi,6,Muhamad Sulaeman,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasional,2,News,1,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,8,OJK,1,Olahraga,3,Opini,61,Ottopoint,1,Pablo Escobar,1,Pancasila,1,Pasang Artikel,1,Paskah,1,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pegawai BUMN,1,Pemilihan Umum,2,Pemilu,2,Pemuda Katolik,1,Pemulihan Ekonomi,1,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,12,Penghapusan Jalur Mandiri,1,Penghasilan Tambahan,5,Perguruan Tinggi,1,Pesan WA Bu Nani,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,14,Pilkada,1,PNS,1,POKJA,1,Polisi Tembak Warga,1,Polisi Tembak Warga Belu,1,Politik,1,Politik Uang,1,Portugal,1,Potensi Diri,1,Pray For Kanjuruhan Malang,1,Presiden Soekarno,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Properti,1,Psikologi,1,PSSI,1,Puisi,3,PUPR,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,Raiders Salomon Marpaung,1,Rajabacklink.com,1,Ramalan Zodiak,1,Rekomendasi Film Korea Seru,1,Reksa Dana,1,Resep Sei Sapi,1,Review Film,3,Revolusi Industri,1,Risiko Saham,1,Ronaldo Filipus Nara,1,Rumah di Cibubur,1,Safelinku,2,SafelinkU Terbukti Membayar,1,Saham,1,sastra,3,Scribd,1,Sei,1,Sei Sapi,1,Sejarah,1,Sejarah Sei,1,Semen Mortar,1,Semua Berita,3,Sepakbola,2,SGM,1,Shopee Affiliates Program,1,ShrinkMe,1,ShrinkMe.io,1,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,2,SMP 7 September 99 Atambua,1,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sosiago.id,1,Sosial,10,Sponsored,15,Suku Bajau,1,Suku di Indonesia,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun 2023,1,Tahun Baru 2021,1,Taruna,1,Teknik Feynman,1,Teknologi,2,Tentara Nasional Indonesia,1,Teori Psikologi Adler,1,Thailand,1,The Sunrise Of Java,1,Timor Leste,4,Tips,29,Tips Facebook,1,Tips Keuangan,9,Tips Menulis,1,Tips Teknologi,1,Token Akses Facebook,1,Tokoh,2,Tradisi,1,Tragedi Kericuhan Kanjuruhan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,UMKM,2,Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi,1,Universitas Andalas,1,Usaha Online,2,UU PDP,1,Viral Status WA,1,Website,1,Whatsapp MOD,1,Wisata,4,Yayasan Nusa Timur,1,Zodiak,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Peranan Bapak Keluarga Dalam Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)
Peranan Bapak Keluarga Dalam Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-WnKXy7sK-owMjDkrEAL4E2gPeYZWfMuBm3oHaq3MpfhibaemR6mBmf0QzGFfUzVMrYr22-cYOoDCdT225XKNYWNSXR605ogJGtG3_pV0XT8UcMsIbpIUpVvULVKsG_r6ux7Bn2E2CA4/s640/pexels-photo-3171200.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-WnKXy7sK-owMjDkrEAL4E2gPeYZWfMuBm3oHaq3MpfhibaemR6mBmf0QzGFfUzVMrYr22-cYOoDCdT225XKNYWNSXR605ogJGtG3_pV0XT8UcMsIbpIUpVvULVKsG_r6ux7Bn2E2CA4/s72-c/pexels-photo-3171200.jpeg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2020/09/peranan-bapak-keluarga-dalam-pendidikan.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/09/peranan-bapak-keluarga-dalam-pendidikan.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content