Mengenal Apa Itu Saham, Keuntungan Saham dan Risiko Saham

SHARE:

Baca Juga :
Mengenal Apa Itu Saham
Mengenal Apa Itu Saham

Kalian mungkin pernah suatu ketika berjalan atau travelling di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya dan melihat sebuah bangunan gedung yang diatasnya tertulis  PT. A Tbk, atau bisa diambil contoh seperti di Surabaya itu ada PT. Gudang Garam Tbk.

PT. Gudang Garam Tbk
PT. Gudang Garam Tbk

Imbuhan Tbk pada nama sebuah perusahaan tersebut merupakan singkatan dari kata Terbuka, yang artinya adalah Perusahaan tersebut terbuka dan dapat dimiliki oleh siapa saja.Total sampai saat ini sudah banyak perusahaan yang statusnya adalah Terbuka dan tanpa kita sadari produk-produk dari perusahaan tersebut sering kita temui dan gunakan sehari-hari.

Contoh Perusahaan yang dapat kita temui sehari-hari tersebut adalah seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri. Sementara itu Perusahaan yan produknya kita gunakan sehari-hari itu seperti Unilever, PT. Sampoerna, PT. Gudang Garam dan lainnya.

Tentu hal tersebut membuat pembaca penasaran dan timbul pertanyaan, "Apa alasan perusahaan-perusahaan tersebut menjual sahamnya kepada publik?", Jawabannya sederhana, karena Perusahaan tersebut ingin menggunakannya sebagai modal tambahan untuk keperluan ekspansi bisnisnya. 

Lalu kemudian timbul lagi pertanyaan "Jika perusahaan tersebut statusnya terbuka dan bisa dimiliki oleh publik, bagaimana cara memilikinya?" 
Nah cara memiliki perusahaan dengan status terbuka tersebut adalah dengan membeli saham dari perusahaan tersebut, sehingga anda bisa secara legal dapat dikatakan sebagai pemilik perusahaan tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang apa itu saham.

Apa Itu Saham ?

Saham adalah Surat atau lembaran dalam bentuk fisik maupun elektronik yang menjadi bukti kepemilikan terhadap sebuah perusahaan. 

Untuk mempermudah pemahaman tentang saham, sebagai Ilustrasi dapat dicontohkan sebuah perusahaan PT. A Tbk. Perusahaan PT. A Tbk ini kemudian dipecah menjadi 100 lembaran kertas yang mewakili kepemilikan dari perusahaan tersebut.

Sehingga jika anda mempunya 1 (satu) lembar saham perusahaan tersebut, itu artinya anda memiliki 1% (satu persen) bagian dari perusahaan PT A Tbk tersebut.

Dalam praktek nyata sebuah perusaan bisa dibagi menjadi miliaran lembar saham, bukan terbatas pada 100 lembar saham sebagaimana yang diilustrasikan pada perusahaan PT. A Tbk diatas tersebut.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, dulu lembaran saham dalam bentuk surat, namun saat ini karena sudah era digital, bentuknya adalah elektronik.

Minimal Jumlah Saham yang Harus Dibeli

Setelah mengetahui apa itu saham, berikut ini adalah ketentuan jumlah saham yang harus dimiliki oleh seseorang dalam membeli saham sebuah perusahaan. 

Dalam transaksi saham dikenal dengan istilah Lot yakni satuan yang dipakai dalam lembaran saham. 1 Lot adalah 100 lembar saham. Secara umum apabila seseorang ingin membeli saham perusahaan, minimal dia harus membeli 1 Lot lembar saham.

Untuk mengetahui berapa harga saham sebuah perusahaan per lembarnya yakni adalah dengan mencarinya di google dengan kata kunci pencarian "Harga Saham Perusahaan A".

Sebagai ilustrasi anda dapat mencari harga saham Bank BCA dengan kata kunci demikian pada google, akan muncul harga saham Bank BCA sebagaimana contoh dibawah ini :
Harga Saham BCA
Harga saham BCA per tanggal 14 Oktober 2022

Angka 8.250 tersebut adalah harga per lembar saham dari Bank BCA. Artinya untuk beli 1 Lot Saham Bank BCA, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar  Rp. 825.000 (Delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah).

Jika anda telah membeli 1 Lot Lembar Saham tersebut, anda statusnya menjadi pemilik Bank BCA dengan jumlah komposisi saham demikian.

Keuntungan Membeli Saham

Jika anda membeli saham sebuah perusahaan dan kemudian ketika perusahaan tersebut memperoleh keuntungan bersih dengan jumlah tertentu, maka anda juga sebagai pemilik saham berhak mendapatkan keuntungan dari hasil usaha perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah dua sumber keuntungan saham bagi anda yang ingin membeli atau memiliki saham dari sebuah Perusahaan Terbuka (Tbk). 

1. Dividen

Keuntungan saham yang peroleh ketika membeli atau memiliki saham yang pertama adalah Dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham. Untuk mendapatkan dividen, anda sebagai pemilik saham harus memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu hingga kepemilikan saham tersebut berada dalam periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen.

Ada dua bentuk Dividen yang dibagikan oleh perusahaan diantaranya adalah :
1. Dividen tunai 
Dividen tunai ini merupakan bentuk umum yang sering dipraktekkan, dimana kepada setiap pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham.

Sebagai ilustrasi sebuah perusahaan yakni PT A Tbk memperoleh keuntungan bersih sebesar 15 Triliun dalam satu tahun, kemudian PT. A Tbk  sendiri dipecah menjadi 100 miliar lembar saham, artinya setiap lembar saham berhak atas keuntungan sebesar Rp. 150 (Seratus lima puluh rupiah).

Apabila anda memiliki beberapa lembar atau beberapa lot saham, maka potensi anda untuk memperoleh lebih banyak dividen.

2. Dividen saham 
Dalam kondisi ini kepada setiap pemegang saham diberikan dividen sejumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut.

Ilutrasi pembagian dividen saham kurang lebih sama seperti pembagian dividen tunai, yang membedakan adalah nilai keuntungan yang anda peroleh dari jumlah saham akan dikonversi menjadi lembar saham sesuai dengan nilai saham perusahaan tersebut per lembarnya. Misalnya anda mendapatkan dividen sebesar Rp. 200.000 kemudian harga saham perusahaan tersebut adalah Rp. 1.000 maka anda berhak untuk mendapat 200 (dua ratus) lembar saham atau dua lot lembar saham.

2. Capital Gain

Capital Gain adalah keuntungan dari selisih antara harga beli saham dan harga jual saham. Ilustrasi sederhananya adalah ketika anda membeli saham PT A Tbk seharga 2.000 kemudian menjualnya kembali dengan harga Rp 4.000 per saham yang berarti anda mendapatkan keuntungan berupa capital gain sebesar Rp. 1000 untuk setiap lembar saham yang dijualnya tersebut.

Risiko Saham

Setelah mengetahui apa itu saham dan keuntungan saham, berikut ini adalah resiko Saham. Sebagai instrument investasi, saham juga memiliki risiko, antara lain sebagai berikut :

1. Capital Loss

Capital Loss ini merupakan kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi dimana anda sebagai pemilik saham menjual saham dengan status harga lebih rendah daripada harga saat anda membelinya. Sebagai ilustrasi saham PT. A Tbk yang anda beli dengan harga Rp 4.000,- per lembar sahamnya, kemudian harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 2.000,- per lembar saham. 

Karena  anda khawatir harga saham tersebut mengalami penurunan lagi secara terus menerus, anda kemudian menjual saham tersebut pada harga Rp 2000,-  tersebut sehingga anda kemudian mengalami kerugian sebesar Rp 2000,- per lembar saham.

2. Risiko Likuidasi

Resiko yang terakhir ini adalah resiko likuidasi. Ini merupakan risiko yang terberat dari pemegang saham, yang mana kondisinya adalah perusahaan yang anda telah beli sahamnya tersebut, dinyatakan bangkrut oleh Putusan Pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan. 

Dalam kondisi ini perusahaan akan memprioritaskan penyelesaian seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi (dari hasil penjualan kekayaan perusahaan) baru kemudian hak klaim dari pemegang saham.

Apabila masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham. Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh hasil dari likuidasi tersebut. Kondisi ini menuntut seorang pemegang saham untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan dan jeli dalam menentukan saham perusahaan mana yang harus dibeli atau dimiliki.

Harga Saham Selalu Mengalami Perubahan

Hal penting yang harus anda ketahui bahwa di pasar sekunder atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham akan mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan harga. Pembentukan harga saham terjadi karena adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut. Dengan kata lain harga saham terbentuk oleh supply dan demand atas saham tersebut. 

Supply dan demand tersebut terjadi karena adanya banyak faktor, baik yang sifatnya spesifik atas saham tersebut (kinerja perusahaan dan industri dimana perusahaan tersebut bergerak) maupun faktor yang sifatnya makro seperti tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar dan faktor-faktor non ekonomi seperti kondisi sosial dan politik, dan faktor lainnya.

Demikian penjelasan dan pengenalan tentang apa itu saham, keuntungan saham dan risiko saham, terutama untuk para pemula. semoga bermanfaat

Redaksi Fianosa

KOMENTAR

Dapatkan update Artikel menarik setiap hari dari Fianosa.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Fianosa.com", caranya klik link https://t.me/fianosa , kemudian join.
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Adf.ly,1,Adik Asuh,1,Agama,1,Agent Of Change,1,Akademi Kepolisian,1,Akmil,1,Akpol,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anak SGM,1,Andika Perkasa,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aparatur Sipil Negara,1,Aplikasi Bahasa Inggris,1,Aplikasi MOD,1,Aplikasi MOD untuk Android,1,Aplikasi Penghasil Uang,1,Arema,1,Aremania,1,Atambua,8,ATR/BPN,1,Baby Boomer,1,Backlink.co.id,1,Badminton,1,Bantuan Rumah,1,Banyuwangi,1,Belajar Bahasa Inggris,1,Beli Backlink,1,Beli Rumah,1,Beli Saham,1,Bisnis,1,Boba,1,Broker,1,Bu Nani,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,4,Budaya Marapu Sumba,1,Bulutangkis,1,BUMN,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Canva Mod,1,Cara Cepat Menghafal Materi Pelajaran,1,Cara Daftar Adf.ly,1,Cara Daftar Linkvertise,1,Cara Daftar SafelinkU,1,Cara Download File Dari Link SafelinkU,1,Carapedi.id,1,Catur,1,Cerita,3,Cerita Pendek,3,Cibubur,1,Coding,1,Covid-19,2,CPNS,1,Cuti Bersama,1,Cuti Bersama 2023,1,Demokrasi,1,Dokumen,1,Dompet Anti Copet,1,Download Aplikasi,2,Download Aplikasi MOD,1,Download Film Moonfall,1,Download Logo Kejaksaan,1,Download Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Dr. Donald Cline,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Dudung Abdurahman,1,Ekonomi,4,Eurico Guterres,6,Event,1,Fabio Carvalho,1,Facebook Access Token,1,Fakta Soekarno,1,Ferdi Sambo,1,FIFA,1,Film,5,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Film Moonfall,1,Film Our Father,1,Filosofi Stoisisme,1,FKPTT,6,FKPTT Cup I,1,Fourth Industry Revolution,1,Friendtell,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,1,Ganja,1,Ganja Legal,1,Ganja Thailand,1,Gap Year,1,Gas Air Mata,1,Generasi Alpha,1,Generasi Maju,1,Generasi Z,3,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,Grafik Pertumbuhan Anak,1,Gubernur NTT,1,Guru,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Guru,1,Hari Libur Nasional,1,Hari Taekwondo,1,Historia,3,Honeygain,1,Hubungan,1,Hukum,5,Hukum Film,2,HUT RI 77,1,Indonesia,2,Inggris,1,Investasi,1,Investasi Bodong,1,Ir. Soekarno,1,Jaksa Agung,1,Jasa Backlink,1,Jasa Content Placement,1,John Dewey,1,Jual Backlink,1,Kaboax,1,Kakak Asuh,1,Kalender,1,Kanjuruhan,1,Kanjuruhan Disaster,1,Karir,3,Kartel Medellin,1,Keadilan Sosial,1,Kecerdasan Anak,1,Kejaksaan Republik Indonesia,3,Kelebihan Semen Mortar,1,Kelemahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi,1,Keluarga Asuh,1,Kematian Massal,1,Kesehatan,1,Keuntungan Saham,1,Koperasi,1,KPR,1,Kuliner,1,Kupang,1,Laut Mati,1,Libur 2023,1,Libur Nasional 2023,1,Liburan Kuliah,1,Linkvertise,1,Liverpool,1,Logo Kejaksaan,1,Logo Kejaksaan PNG,1,Logo Persaja,1,Logo Persaja Terbaru,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia Terbaru,1,Lokastithi Giribadra,1,Lowongan kerja,1,Loyalitas Pelanggan,1,Mahasiswa,4,Malang,3,Malang United,1,Manfaat Jus Buah,1,Marina,1,Marina Beauty Journey,1,Masyarakat Eks Pejuang Timor-Timur,3,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mengetahui Kecerdasan Anak,1,Menghasilkan Uang Online,6,MICIN,1,Milenial,4,Millenial,5,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Motivasi,6,Muhamad Sulaeman,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasional,2,News,1,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,10,OJK,1,Olahraga,3,Opini,55,Ottopoint,1,Pablo Escobar,1,Pancasila,1,Pasang Artikel,1,Pasar Modal,1,Paskah,1,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pegawai BUMN,1,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemuda Katolik,1,Pemulihan Ekonomi,1,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,12,Penghapusan Jalur Mandiri,1,Penghasilan Tambahan,5,Perguruan Tinggi,1,Permata Cimanggis,1,Pesan WA Bu Nani,1,Pialang,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,13,Pilkada,1,PNS,1,POKJA,1,Polisi Tembak Warga,1,Polisi Tembak Warga Belu,1,Politik,1,Politik Uang,1,Portugal,1,Potensi Diri,1,Pray For Kanjuruhan Malang,1,Presiden Soekarno,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Properti,2,Psikologi,1,PSSI,1,Puisi,3,PUPR,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,Raiders Salomon Marpaung,1,Rajabacklink.com,1,Ramalan Zodiak,1,Rekening Dana Investor,1,Rekomendasi Perusahaan Sekuritas,1,Reksa Dana,1,Resep Sei Sapi,1,Review Film,3,Revolusi Industri,1,Risiko Saham,1,Ronaldo Filipus Nara,1,Rumah Cimanggis,1,Rumah di Cibubur,1,Safelinku,2,SafelinkU Terbukti Membayar,1,Saham,1,sastra,3,Sei,1,Sei Sapi,1,Sejarah,1,Sejarah Sei,1,Sekuritas,1,Semen Mortar,1,Semua Berita,3,Sepakbola,2,SGM,1,Shopee Affiliates Program,1,ShrinkMe,1,ShrinkMe.io,1,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,2,SMP 7 September 99 Atambua,1,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sosiago.id,1,Sosial,10,Soundrenaline,1,Sponsored,18,Suku di Indonesia,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun 2023,1,Tahun Baru 2021,1,Taruna,1,Teknik Feynman,1,Teknologi,2,Tentara Nasional Indonesia,1,Teori Psikologi Adler,1,Thailand,1,The Sunrise Of Java,1,Timor Leste,3,Tips,27,Tips Beli Rumah,1,Tips Beli Rumah KPR,1,Tips Facebook,1,Tips kesehatan,1,Tips Keuangan,8,Tips mengatasi mata gatal,1,Tips Menulis,1,Tips Saham,1,Tips Teknologi,1,Token Akses Facebook,1,Tokoh,2,Tradisi,1,Tragedi Kericuhan Kanjuruhan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,UMKM,2,Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi,1,Universitas Andalas,1,UU PDP,1,Viktor B. Laiskodat,1,Viral Status WA,1,Website,1,Whatsapp MOD,1,Wisata,4,Yayasan Nusa Timur,1,Zodiak,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Mengenal Apa Itu Saham, Keuntungan Saham dan Risiko Saham
Mengenal Apa Itu Saham, Keuntungan Saham dan Risiko Saham
Berikut ini adalah penjelasan dan pengenalan tentang apa itu saham, keuntungan saham dan resiko saham yang harus dietahui oleh pemula
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgABwvaQw04_sp-OD5h-I8SuK2ItkFR9NJIfOb2idb49VEEbg74pS3YrDjNT8XFB5fsv6sFdz_sWpEHc-eAEc7UVuUYWSRFdJ5SXLjs0HzF8jStFuac0GRdRTjQbj1qclUjeLqu81i3uqb0J4R2Y3p5AA3aCHMjZ-MhNh_0jI4AUYaGvCyKIE60GiA/w640-h426/Mengenal%20Apa%20Itu%20saham.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgABwvaQw04_sp-OD5h-I8SuK2ItkFR9NJIfOb2idb49VEEbg74pS3YrDjNT8XFB5fsv6sFdz_sWpEHc-eAEc7UVuUYWSRFdJ5SXLjs0HzF8jStFuac0GRdRTjQbj1qclUjeLqu81i3uqb0J4R2Y3p5AA3aCHMjZ-MhNh_0jI4AUYaGvCyKIE60GiA/s72-w640-c-h426/Mengenal%20Apa%20Itu%20saham.webp
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2022/10/mengenal-apa-itu-saham-keuntungan-saham.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2022/10/mengenal-apa-itu-saham-keuntungan-saham.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close