Biografi Pablo Escobar, Raja Kokain Asal Kolombia

SHARE:

Baca Juga :
Pablo Emilio Escobar Gaviria merupakan nama lengkap sang raja kokain yang akrab disapa Pablo Escobar atau Don Pablo atau El Patron. Lahir di Rionegro, kota kecil pada pinggiran Medellin, Kolombia pada tanggal 1 Desember 1949. Ayahnya Abel de Jesus Escobar seorang petani, sedangkan ibunya Hermilda de Los Dolores Gaviria merupakan seseorang guru. Pablo Escobar sendiri merupakan anak ketiga dari tujuh orang bersaudara.
[post_ads]

Perjalanan Awal Pablo Escobar

Pablo Escobar menghabiskan masa mudanya dengan perbuatan nakal dan kriminal, dimulai dengan menjual ijazah palsu, ganja, menyelundupkan perangkat audio, rokok, tiket lotre palsu, mencuri batu nisan mahal hingga kendaraan bermotor. 

Pablo Escobar juga sempat sebentar duduk di bangku perkuliahan tepatnya di Universidad Autónoma Latinoamericana Medellín, namun sudah bisa dipastikan, masa perkuliahannya tidak berlangsung lama dan dia pun drop out dari kampusnya. 

Sekitar pertengahan tahun 1970-an Pablo Escobar mulai berkenalan dengan bisnis narkoba. Bisnis yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda itulah yang akhirnya dia tekuni. Escobar kemudian merintis organisasi penyelundup narkoba bersama saudara sepupunya Gustavo Gaviria, yang kemudian berkembang menjadi Kartel Medellin.

Tidak hanya Gustavo Gaviria saja, Pablo Escobar juga dalam menjalankan bisnisnya tersebut didukung dengan  orang orang kepercayaannya yang loyal atau disebut sebagai Sicarios seperti Jho Jairo Velasquez Vasquezv atau dikenal dengan nama Popeye, Dandeny Munoz Mosquera atau La Quica,  dan Nelson Hernandez atau Blackie.

Pada puncak kejayaannya, Kartel Medellin yang dipimpinnya mendominasi perdagangan kokain di Amerika, selain Kelompok tersebut juga mengontrol 80 persen perdagangan kokain di seluruh dunia.. Bisnis kokain yang dia kelola, menghasilkan keuntungan tidak kurang dari 420 juta dolar AS per pekan.

Kiprah Politik Pablo Escobar

Untuk memperkuat posisinya, pada tahun 1982, Escobar kemudian maju dan terpilih sebagai anggota Kongres Kolombia sebagai bagian dari Partai Liberal Kolombia. 

Dengan posisinya tersebut, dia kemudian bertanggung jawab untuk pembangunan banyak rumah sakit, sekolah, dan gereja-gereja di Kolombia barat, yang memberikannya popularitas dalam Gereja Katolik Roma lokal, serta dengan penduduk setempat dari kota-kota yang sering dikunjunginya.

Maka tidaklah mengherankan apabila masyarakat Medelin pun sampai menjulukinya sebagai Robin Hood karena kebiasannya yang begitu ringan tangan membantu orang. Masyarakat tak lagi peduli dengan cara apa atau dari mana Escobar mendapatkan uang, karena yang mereka ketahui Don Pablo adalah sosok berjasa yang berkontribusi besar terhadap Medelin. Bahkan mereka melindunginya dan menjadi mata dan telinga secara tidak langsung untuk melindungi Pablo Escobar dari musuh-musuhnya maupun pemerintah.

Meskipun sudah mendapatkan posisinya di Kongres, dengan banyaknya tekanan dari pemerintah Kolumbia campur tangan dari Amerika Serikat, akhirnya ia terpaksa harus mundur karena kejahatannya di masa lalu dan prakteknya sebagai pimpinan Kartel terkuak .

Dengan kembali berfokus pada kegiatan rutinnya sebagai Pimpinan Kartel Medellin Pablo Escobar menjelma menjadi orang terkaya di dunia. Bahkan sejak tahun 1987, Forbes memasukkan Escobar ke daftar orang terkaya di dunia selama tujuh tahun berturut-turut.

Bahkan saking banyaknya uang yang dimilki, Pablo Escobar harus membelanjakan $1.000 per minggunya untuk membeli gelang karet untuk dipakai membungkus tumpukan uang dan disimpan di gudang mereka. Bahkan 10 persen dari tumpukan tersebut dilaporkan rusak dan hilang per tahunnya karena dimakan tikus, terendam air, dan hilang.

Pemerintahan Kolombia sendiri bukannya tidak tahu dengan apa yag dilakukan oleh Pablo Escobar. Mereka juga berusaha keras untuk menutup operasi bisnis yang dilakukan para Kartel Medellin tersebut. Bahkan sering terjadi Bentrokan dan pertumpahan darah antara pemerintah dan Kartel Medellin.

Pablo Escobar tidak segan untuk menghabisi lawannya hal tersebut terbukti laporan dari Boston Globe menyebut 600 polisi meregang nyawa pada tangan anak buah Escobar. Belum lagi keterlibatannya pada pembunuhan calon presiden Luis Carlos Galán yg difavoritkan menang dalam pemilu Kolombia tahun 1990 dan serangkaian aksi lainnya.

pada tahun 1985, Escobar turut mendukung gerakan kelompok gerilyawan sayap kiri Kolombia bernama M-19 waktu menyerbu Mahkamah Agung akibat adanya perjanjian ekstradisi antara Pemerintah Kolumbia dan Amerika serta membunuh 1/2 berasal semua hakim di tempat tersebut. M-19 mendapat bayaran serta titipan untuk membakar semua dokumen yg berisi daftar para penyelundup kokain yang akan diekstradisi ke Amerika serikat, salah satunya terdapat nama Pablo Escobar.

Akhir Hidup Pablo Escobar

Pertengahan tahun 1991, operasi pemerintah Kolombia terhadap Escobar baru tampak berfokus. menggunakan dibantu Amerika perkumpulan di bawah pasukan khusus, memaksa raja kokain dunia ini menyerah menggunakan negosiasi bahwa dia akan mengunci diri pada penjara yang didesainnya sendiri di dataran tinggi dekat Medellin bernama La Caterdal yang bergelimang fasilitas mewah.

Pada pertengahan 1992, pemerintah Kolombia mendapati bukti bahwa Escobar masih menjalankan usaha kokain dari dalam penjaranya. Pengepungan dilakukan aparat Kolombia ketika dirinya berhasil melarikan diri serta menghabiskan waktunya bersembunyi pada kejaran aparat yang kian mengembang serta terlatih.

Sewaktu beliau berpindah-pindah lokasi persembunyian membawa keluarganya, dia pernah membakar uang tunai sebanyak $2 juta guna menghangatkan badan putrinya dari cuaca dingin.

Dalam Pengejaran terhadap Pablo Escobar, Gabungan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat yang terdiri dari Delta Force and Centra Spike (DEVGRU) melatih satuan khusus dari kepolisian Kolombia pemburu Escobar bernama Search Bloc

Selain berkonflik dengan pasukan Kolombia dan Amerika Serikat tersebut, serangan lain kepada kelompok Pablo Escobar juga terjadi dari musuh-musuh kartel Medellin yang bahkan juga muncul dari internal Kartel Medellin yang berkhianat. Dilaporkan Los Angeles Times, kelompok ini bernama Los Pepes yang melakukan serangan ke anggota kartel Medellin dengan serangan berdarah dan tanpa ampun.

Belasan dan bahkan lebih rekan Pablo Escobar seperi pengacara dan kerabat dibunuh. Selain itu sejumlah besar properti dari kartel Medellin dihancurkan. Anggota Search Bloc bersama badan intelijen Kolombia dan Amerika Serikat bahkan bersekongkol dengan Los Pepes dan melakukan pencarian bersama.

Akhir Hidup Pablo Escobar terjadi tepat satu hari setelah ulang tahunnya yang ke 44 yakni 2 Desember 1993. Di bawah pimpinan Brigadir Hugo Martinez, tim tersebut mengawasi dan melacak transmisi telepon radio dan menemukannya bersembunyi di Los Olivio, sebuah kampung kelas menengah di Medellin. Baku tembak terjadi saat pasukan mengepung tempat persembunyiannya yang berisi Escobar dan pengawal pribadinya Alvaro de Jesús Agudelo atau yang dikenal dengan El Limon.

Dalam kronologi penangkapan yang dirilis U.S DRUG ENFORCEMENT ADMINISTRATION, kedua burnonan ini berusaha melarikan diri dengan berjalan di atap rumah, di saat itulah keduanya ditembak polisi Kolombia. Dilaporkan Escobar mengalami luka tembakan di kaki dan tubuh bagian atas, dan yang paling fatal adalah tembakan di telinga.

Kontroversi yang meliputi penembakan mati Escobar adalah tidak ada yang mengetahui secara pasti siapa yang melepaskan tembakan hingga tepat di telinganya atau proses itu dilakukan setelah ia terjatuh. Beberapa kerabat Escobar percaya ia mengakhiri hidupnya sendiri dengan menembakkan diri tepat di telinga.

Dalam buku Kenneth Robert berjudul Zero Hour: Killing of the Cocaine King memuat keterangan dari saudara Pablito, Roberto Escobar dan Fernando Sánchez Arellano yang menyebut bahwa raja kokain pernah mengutarakan bahwa ia akan menembak dirinya sendiri melalui telinga.

Pablo Escobar telah menjadi ikon layaknya sosok Robin Hood bagi warga Medellin terutamanya kaum miskin kota banyak yang meratapi kematiannya. Dalam buku berjudul Loving Pablo Hating Escobar  yang ditulis oleh Virginia Vallejo menyebutkan bahwa pemakaman dari Pablo Escobar dihadiri oleh 25.000 orang.

Redaksi
[post_ads_2]
Pablo Escobar

KOMENTAR

Dapatkan update Artikel menarik setiap hari dari Fianosa.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Fianosa.com", caranya klik link https://t.me/fianosa , kemudian join.
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Adf.ly,1,Adik Asuh,1,Agama,1,Agent Of Change,1,Akademi Kepolisian,1,Akmil,1,Akpol,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anak SGM,1,Andika Perkasa,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aparatur Sipil Negara,1,Aplikasi Bahasa Inggris,1,Aplikasi MOD,1,Aplikasi MOD untuk Android,1,Aplikasi Penghasil Uang,1,Arema,1,Aremania,1,Atambua,8,ATR/BPN,1,Baby Boomer,1,Backlink.co.id,1,Badminton,1,Bantuan Rumah,1,Banyuwangi,1,Belajar Bahasa Inggris,1,Beli Backlink,1,Beli Rumah,1,Beli Saham,1,Bisnis,1,Boba,1,Broker,1,Bu Nani,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,4,Budaya Marapu Sumba,1,Bulutangkis,1,BUMN,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Canva Mod,1,Cara Cepat Menghafal Materi Pelajaran,1,Cara Daftar Adf.ly,1,Cara Daftar Linkvertise,1,Cara Daftar SafelinkU,1,Cara Download File Dari Link SafelinkU,1,Carapedi.id,1,Catur,1,Cerita,3,Cerita Pendek,3,Cibubur,1,Coding,1,Covid-19,2,CPNS,1,Cuti Bersama,1,Cuti Bersama 2023,1,Demokrasi,1,Dokumen,1,Dompet Anti Copet,1,Download Aplikasi,2,Download Aplikasi MOD,1,Download Film Moonfall,1,Download Logo Kejaksaan,1,Download Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Dr. Donald Cline,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Dudung Abdurahman,1,Ekonomi,4,Eurico Guterres,6,Event,1,Fabio Carvalho,1,Facebook Access Token,1,Fakta Soekarno,1,Ferdi Sambo,1,FIFA,1,Film,5,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Film Moonfall,1,Film Our Father,1,Filosofi Stoisisme,1,FKPTT,6,FKPTT Cup I,1,Fourth Industry Revolution,1,Friendtell,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,1,Ganja,1,Ganja Legal,1,Ganja Thailand,1,Gap Year,1,Gas Air Mata,1,Generasi Alpha,1,Generasi Maju,1,Generasi Z,3,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,Grafik Pertumbuhan Anak,1,Gubernur NTT,1,Guru,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Guru,1,Hari Libur Nasional,1,Hari Taekwondo,1,Historia,3,Honeygain,1,Hubungan,1,Hukum,5,Hukum Film,2,HUT RI 77,1,Indonesia,2,Inggris,1,Investasi,1,Investasi Bodong,1,Ir. Soekarno,1,Jaksa Agung,1,Jasa Backlink,1,Jasa Content Placement,1,John Dewey,1,Jual Backlink,1,Kaboax,1,Kakak Asuh,1,Kalender,1,Kanjuruhan,1,Kanjuruhan Disaster,1,Karir,3,Kartel Medellin,1,Keadilan Sosial,1,Kecerdasan Anak,1,Kejaksaan Republik Indonesia,3,Kelebihan Semen Mortar,1,Kelemahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi,1,Keluarga Asuh,1,Kematian Massal,1,Kesehatan,1,Keuntungan Saham,1,Koperasi,1,KPR,1,Kuliner,1,Kupang,1,Laut Mati,1,Libur 2023,1,Libur Nasional 2023,1,Liburan Kuliah,1,Linkvertise,1,Liverpool,1,Logo Kejaksaan,1,Logo Kejaksaan PNG,1,Logo Persaja,1,Logo Persaja Terbaru,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia,1,Logo Persatuan Jaksa Indonesia Terbaru,1,Lokastithi Giribadra,1,Lowongan kerja,1,Loyalitas Pelanggan,1,Mahasiswa,4,Malang,3,Malang United,1,Manfaat Jus Buah,1,Marina,1,Marina Beauty Journey,1,Masyarakat Eks Pejuang Timor-Timur,3,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mengetahui Kecerdasan Anak,1,Menghasilkan Uang Online,6,MICIN,1,Milenial,4,Millenial,5,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Motivasi,6,Muhamad Sulaeman,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasional,2,News,1,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,10,OJK,1,Olahraga,3,Opini,55,Ottopoint,1,Pablo Escobar,1,Pancasila,1,Pasang Artikel,1,Pasar Modal,1,Paskah,1,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pegawai BUMN,1,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemuda Katolik,1,Pemulihan Ekonomi,1,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,12,Penghapusan Jalur Mandiri,1,Penghasilan Tambahan,5,Perguruan Tinggi,1,Permata Cimanggis,1,Pesan WA Bu Nani,1,Pialang,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,13,Pilkada,1,PNS,1,POKJA,1,Polisi Tembak Warga,1,Polisi Tembak Warga Belu,1,Politik,1,Politik Uang,1,Portugal,1,Potensi Diri,1,Pray For Kanjuruhan Malang,1,Presiden Soekarno,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Properti,2,Psikologi,1,PSSI,1,Puisi,3,PUPR,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,Raiders Salomon Marpaung,1,Rajabacklink.com,1,Ramalan Zodiak,1,Rekening Dana Investor,1,Rekomendasi Perusahaan Sekuritas,1,Reksa Dana,1,Resep Sei Sapi,1,Review Film,3,Revolusi Industri,1,Risiko Saham,1,Ronaldo Filipus Nara,1,Rumah Cimanggis,1,Rumah di Cibubur,1,Safelinku,2,SafelinkU Terbukti Membayar,1,Saham,1,sastra,3,Sei,1,Sei Sapi,1,Sejarah,1,Sejarah Sei,1,Sekuritas,1,Semen Mortar,1,Semua Berita,3,Sepakbola,2,SGM,1,Shopee Affiliates Program,1,ShrinkMe,1,ShrinkMe.io,1,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,2,SMP 7 September 99 Atambua,1,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sosiago.id,1,Sosial,10,Soundrenaline,1,Sponsored,18,Suku di Indonesia,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun 2023,1,Tahun Baru 2021,1,Taruna,1,Teknik Feynman,1,Teknologi,2,Tentara Nasional Indonesia,1,Teori Psikologi Adler,1,Thailand,1,The Sunrise Of Java,1,Timor Leste,3,Tips,27,Tips Beli Rumah,1,Tips Beli Rumah KPR,1,Tips Facebook,1,Tips kesehatan,1,Tips Keuangan,8,Tips mengatasi mata gatal,1,Tips Menulis,1,Tips Saham,1,Tips Teknologi,1,Token Akses Facebook,1,Tokoh,2,Tradisi,1,Tragedi Kericuhan Kanjuruhan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,UMKM,2,Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi,1,Universitas Andalas,1,UU PDP,1,Viktor B. Laiskodat,1,Viral Status WA,1,Website,1,Whatsapp MOD,1,Wisata,4,Yayasan Nusa Timur,1,Zodiak,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Biografi Pablo Escobar, Raja Kokain Asal Kolombia
Biografi Pablo Escobar, Raja Kokain Asal Kolombia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-2HIULCGau2DLZSzDu8v3FjGkA2rKrW2KRMj-i4qkkusJem_68A-c7bjTZTDiWlrJT0C815gXI6TeMBrGnlVlZEAgluOCru_WYDZYoHgCJilD94WSn6Pmo4yY5aocaJDPHad1NY8YARdLrUdKCjdbmZ5Gg2DZjb9bQBWQXx1v-0Whs7JDCGaa6cw/w320-h213/Pablo%20Escobar%20Bio.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-2HIULCGau2DLZSzDu8v3FjGkA2rKrW2KRMj-i4qkkusJem_68A-c7bjTZTDiWlrJT0C815gXI6TeMBrGnlVlZEAgluOCru_WYDZYoHgCJilD94WSn6Pmo4yY5aocaJDPHad1NY8YARdLrUdKCjdbmZ5Gg2DZjb9bQBWQXx1v-0Whs7JDCGaa6cw/s72-w320-c-h213/Pablo%20Escobar%20Bio.jpg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2022/05/biografi-pablo-escobar-raja-kokain-asal.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2022/05/biografi-pablo-escobar-raja-kokain-asal.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close