Wisata Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat

Siapa yang tidak kenal dengan Propinsi Sumatera Barat. Sumatra Barat (disingkat Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di...

Siapa yang tidak kenal dengan Propinsi Sumatera Barat. Sumatra Barat (disingkat Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Propinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, propinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat propinsi, yakni Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Via https://www.instagram.com/mandeh_wishland_tour/
Jika berbicara tentang Sumatera Barat pasti sebagian orang akan teringat dengan masakannya yakni Rendang. Rendang tidak hanya dikenal oleh masyarakat di Indonesia saja, tetapi Rendang juga terkenal di berbagai dunia. Bukan hanya masakannya yang mendunia, tetapi keindahan alamnya juga patut untuk dibicarakan. Keindahan alam, keramahan penduduk dan keunikan tradisinya membuat Sumatera Barat dilirik banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Propinsi ini bahkan dijadikan tempat digelarnya perhelatan internasional tahunan yakni Tour de Singkarak. 

Keindahan alam Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah Kawasan Mandeh yang terletak di Pesisir Selatan ini mempunyai daya tarik tersendiri. Tak jarang banyak orang menyebutkan bahwa wisata Puncak Mandeh merupakan Raja Ampat nya Sumatera Barat. Puncak mandeh adalah tempat wisata yang menyerupai Raja Ampat di Kabupaten Pesisir Selatan dan berbatasan langsung dengan kota Padang. Puncak Mandeh terletak kurang lebih 56km dari Kota Padang dan dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam perjalanan. Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak dan bertani.

Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tidak Heran apabila Kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat International. Dari Puncak Mandeh, Anda bisa melihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak dan gradasi warna air lautnya yang menambah keindahan Kawasan Mandeh ini. Di bagian selatan Kawasan Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riak – riak kecil. Sedangkan di kawasan utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Gerbang masuk Kawasan Mandeh dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Bila naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternative dari tiga ruas jalan yang berbeda, alternatif pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang carocok dan alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.
Via https://www.instagram.com/jakarta_onthestreet/
Bentuk jalan yang menyerupai sirkuit balapan ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari kawasan wisata Puncak Mandeh. Jalanan yang dikelilingi oleh banyak pepohonan ini sangat sejuk untuk dilalui. 

Bagi kamu yang hobi travel sangat cocok untuk pergi ke kawasan wisata Mandeh ini.
Kawasan Wisata Mandeh ini sering dijadikan objek pengambilan foto bagi kaum-kaum muda. Banyak dari mereka yang datang jauh-jauh dari daerah lain hanya untuk menyempatkan berfoto di sekitar kawasan Wisata Mandeh ini, karena pesona alam yang sangat indah untuk tidak dilewatkan. Memang patut untuk kalian yang pecinta travel untuk menikmati Negeri Sejuta Pesona ini. 
Jika kalian pergi ke Sumatera Barat, jangan lupa sempatkan diri untuk mencuci mata di kawasan Wisata Mandeh ini. Tunggu apalagi , segera datang dan kunjungi pesona alam Sumatera Barat.


Penulis : Suci Kurnia Putri 
[Mahasiswi Universitas Negeri Padang]

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,12,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,103,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,5,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,17,REFLEKSI,2,Sosial,24,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Wisata Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat
Wisata Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat
https://1.bp.blogspot.com/-dBYe_UMB3pM/Xv_Wy9_x7-I/AAAAAAAAAXw/HeTqbtdITl0hhyGOk3rNT_Pt5pkuaHytgCLcBGAsYHQ/s640/59298207_164596641211428_811977210813313022_n.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dBYe_UMB3pM/Xv_Wy9_x7-I/AAAAAAAAAXw/HeTqbtdITl0hhyGOk3rNT_Pt5pkuaHytgCLcBGAsYHQ/s72-c/59298207_164596641211428_811977210813313022_n.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/07/wisata-mandeh-raja-ampatnya-sumatera.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/wisata-mandeh-raja-ampatnya-sumatera.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content