Lokastithi Giribadra : Bukti Sejarah Peradaban Kuno Di Purbalingga

Lokastithi Giribadra adalah salah satu museum budaya yang ada di Purbalingga. Museum seluas 4.000 meter persegi ini berkonsep sebagai museum...

Lokastithi Giribadra adalah salah satu museum budaya yang ada di Purbalingga. Museum seluas 4.000 meter persegi ini berkonsep sebagai museum terbuka miliki perseorangan dan sekaligus sebagai tempat ritual keagaam para penghayat kejawen.

Museum Lokastithi Giribadra ini pertama kali dibangun pada sekitar tahun 1992 oleh Mintoharjo Cokronegara, yang merupakan cucu dari Bupati Banyumas, Cokromiharjo I.

Koleksi Benda-Benda Peninggalan Pra Sejarah

Di museum ini Anda akan menemukan banyak sekali benda-benda peninggalan pra sejarah yang diperkirakan berasal dari abad 5-6 masehi, meliputi:

1. Menhir Berbentuk Batu Bulat 
Menhir Berbentuk Batu Bulat Telur (Eva Oktafikasari)
Menhir berbentuk bulat seperti telur ini diletakkan di bagian paling awal dan paling bawah di kompleks museum. Menhir ini memiliki simbol sebagai permulaan kehidupan atau kelahiran, maknanya bahwa kita sebagai mahluk hidup berawal dari sebuah telur. Hingga saat ini Menhir ini masih berfungsi sebagai salah satu media ritual.

2. Lingga - Yoni
Lingga-Yoni di kawasan Museum Lokastithi Giribadra (Eva Oktafikasari)
Lingga-Yoni ini menyimbolkan kelamin perempuan dan laki-laki, letaknya berada di atas menhir berbentuk batu telur.

3. Archa-Archa Ganesha
Archa Ganesha di Museum Lokastithi Giribadra (Eva Oktafikasari)
Archa Ganesha atau dalam bahasa Jawa Gono yang memiliki arti isi. Archa ini menjadi simbol ilmu Jawa yang sangat mendalam, meliputi pendidikan, pertanian, kebatinan, hingga teknologi. Ada 2 archa Ganesha di museum ini, meskipun bentuk dari keduanya nampak sudah tidak sempurna.
Archa Ganesha di Museum Lokastithi Giribadra (Eva Oktafikasari)
4. Lembah Bandung
Bangunan Lambah Bandung Tempat untuk Meminta Segala Keinginan (Eva Oktafikasari)
Bangunan dengan aksara jawa berbunyi Lembah Bandung ini merupakan tempat khusus bagi yang sedang memiliki hajat. Di dalamnya berisi menhir dan hanya orang yang memiliki hajat saja yang diperbolehkan masuk.

5. Watu Lumpang
Koleksi watu lumpang di Mueseum Lokastithi Giribadra (Eva Oktafikasari)
Watu lumpang memiliki simbol bahwa manusia membutuhkan kebutuhan duniawi seperti makan agar dapat terus bertahan hidup. Dalam kebudayaan Jawa, lumpang adalah alat untuk menumbuk padi dan menghaluskan berbagai bahan makanan lainnya.

6. Watu Gong
Watu Gong, dengan dasar semen yang sengaja dibuat menyerupai Gong (Eva Oktafikasari)
Koleksi lainnya adalah watu gong, benda pra sejarah yang satu ini pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk bersumpah. Kini Anda dapat melihatnya secara langsung di Museum Lokastithi Giribadra.

Bukti Peradaban Kuno Di Purbalingga.

Keberadaan beberapa temuan benda-benda pra sejarah di Museum Lokastithi Giribadra menjadi bukti bahwa di tanah Purbalingga telah ada peradaban pra sejarah yang cukup besar. Selain itu temuan berupa batu tulis Cipatu yang hingga saat ini masih menjadi misteri turut memperkuat bahwa masyarakat Purbalingga, khusunya Cipaku memiliki nenek moyang yang berasal dari Kerajaan Galuh Purba.

Desa Cipaku memang menjadi salah satu desa tertua yang ada di Purbalingga, tidak heran jika banyak ditemukan benda-benda bersejarah lainnya yang memiliki nilai tinggi. Hal ini juga bisa digali guna mengembangkan wisata sejarah yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Lokasi Museum Lokastithi Giribadra
Suasana Asri di Museum Lokastithi Giribadra (Eva Oktafikasari)
Musem ini terletak di Dukuh Pangubonan, Desa Cipaku, Kecamtan Mrebet, Purbalingga. Letaknya memang agak jauh dari jalan raya utama dan berada di area perkampungan. Pemilihan lokasi museum bukan tanpa alasan, selain karena kebanyakan benda-benda koleksi di temukan di sekitar lokasi, menurut para ahli ilmu kejawen, di lokasi inilah yang memiliki energi gaib paling besar.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar sejarah, atau kebudayaan kejawen atau hanya ingin sekedar mengunjunginya, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya karena gratis. Museum ini buka setiap hari dan biasanya ramai pada hari-hari tertentu seperti Jum’at Kliwon, Selasa Kliwon, Jum’at Legi, dan malam satu suro.

Penulis : Eva Oktafikasari [Owner Umah Umbi Purbalingga]

Baca Juga :

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,106,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,6,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,19,REFLEKSI,2,Sosial,26,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Lokastithi Giribadra : Bukti Sejarah Peradaban Kuno Di Purbalingga
Lokastithi Giribadra : Bukti Sejarah Peradaban Kuno Di Purbalingga
https://1.bp.blogspot.com/-zRoT1WaSmO8/Xw_RVHSIBzI/AAAAAAAAAas/3sNTumTtmswcAEYOziyRq2NhlC9osYKpwCLcBGAsYHQ/s640/Menhir.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zRoT1WaSmO8/Xw_RVHSIBzI/AAAAAAAAAas/3sNTumTtmswcAEYOziyRq2NhlC9osYKpwCLcBGAsYHQ/s72-c/Menhir.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/07/lokastithi-giribadra-bukti-sejarah.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/lokastithi-giribadra-bukti-sejarah.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content