Membangun Kemandirian Orang Dewasa Melalui Penerapan Life Long Learning Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

SHARE:

Dengan adanya pandemi Covid-19 masyarakat tidak perlu takut dan khawatir, namun sebaiknya selalu waspada dan menaati protokol kesehatan

Baca Juga :
Pada tahun 2020 dunia digemparkan dengan adanya pandemi Covid-19 yang berasal dari kota Wuhan China. Covid-19 sendiri merupakan penyakit menular yang menyerang saluran pernafasan manusia disebabkan oleh virus corona. Indonesia merupakan salah satu wilayah Asia yang juga terdampak Covid-19. Dari awal munculnya penemuan pasien positif Covid-19 di Indonesia,hingga saat ini jumlahnya semakin bertambah. 

Hal demikian terjadi karena kota-kota besar memiliki jumlah penduduk terpadat. Kepadatan pendudukyang menyebabkan masyarakat dengan mudah terinfeksi virus Corona. Hal itu terjadi karena jarak antar rumah sangat berdekatan, kemudian terdapat kerumunan di pusat pembelanjaan, perkantoran dan tempat rekreasi, maupun fasilitas umum lainnya yang mengumpulkan banyak orang,sehingga jika penanganan tidak sesuai dengan protokol kesehatan maka akan berdampak pada peningkatan jumlah pasien positif Covid-19.

Penanggulangan Covid-19 diperlukan penanganan yang cepat dan tepat secara bersama-sama oleh masyarakat dan pemerintah. Bentuk kepedulian masyarakat diperlukan pada saat ini dalam mengatasi permasalahan penyebaran Covid-19. Apabila masyarakat tidak peduli dan meremehkan dapat mengakibatkan dampak yang luar biasa, antara lain banyak pasien positif Covid-19, tingkat kematian yang sangat tinggi, lemahnya perekonomian, sekolah atau universitas ditutup dengan batas yang tidak tentu, tingkat stress masyarakat yang meningkat, dan sebagainya. Oleh karenanya diperlukan pendidikan bagi masyarakat agar dapat bekerjasama dalam mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi saat ini, sehingga diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan kembali beraktivitas seperti semula.

Menurut Roger A (dalam Santoso, 2010:3) menyebutkan “education was also been to be the potensial savior” (pendidikan juga dipandang menjadi penyelamat). Melalui proses pendidikan, masyarakat diharapkan menjadi masyarakat pembelajar (learning society) yaitu dengan memperoleh pengetahuan, pengalaman dan kecakapan yang sangat berguna bagi individu dalam menghadapi permasalahan lingkungan, baik di dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan dipandang sebagai proses berkelanjutan pendampingan dengan tujuan peningkatan kualitas kehidupan.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 membuat kecemasan sosial di masyarakat. Hal itu terjadi karena masyarakat belum mempersiapkan cara untuk mencegahan penyebaran virus dan pemenuhan kebutuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Namun tidak demikian yang terjadi sejumlah masyarakat pembelajar yang mudah beradaptasi sejumlah persoalan yang dihadapi termasuk penanggulangan penyebaran virus Covid-19. Dalam pencegahannya mereka masyarakat pembelajar (learning Society) tidak meninggalkan makna belajar itu sendiri. Makna belajar memiliki pilar bahwa belajar dilakukan sepanjang hayat. Terdapat pilar-pilar belajar sepanjang menurut Trisnamansyah S (dalam Yulianingsih, 2007:169-171) yang diterapkan sejumlah masyarakat antara lain yaitu

1. Belajar mengetahui (learning to know)

learning to know merupakan belajar yang tidak hanya sebatas informasi terperinci yang didapatkan, melainkan mampu mengetahui instrumen-instrumen pengetahuan, kemampuan untuk memahami lingkungan di sekitarnya, dan mengembangkan komunikasi.

Dalam mencegah penyebaran Covid-19 tentunya tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi yang ada untuk memperoleh informasi. Banyak informasi melalui internet (daring) yang mudah untuk diakses seperti halnya informasi mengenai Covid-19. Memahami suatu informasi sebaiknya berasal dari sumber terpercaya untuk menghindari informasi bersifat HOAX. Selanjutnya perlu memahami instrumen dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyesuaikan lingkungan di sekitar. Kemudian informasi tersebut dapat disebar luaskan ke warga baik dalam bentuk sosialisasi melalui daring maupun media cetak dengan menggunakan bahasa komunikasi yang baik dan mudah dipahami masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi secara mandiri untuk menekan penyebarluasan Covid-19. Selain itu memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi mengenai pandemi Covid-19 yang tentunya dengan catatan dalam memberikan informasi hendaknya yang dapat membuat masyarakat tidak merasa cemas dan takut, melainkan hal-hal positif untuk membangun keoptimisan.

2. Belajar Berbuat (learning to do)

learning to do merupakan bentuk aksi nyata dari suatu ide yang telah direncanakan. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan tentunya dilakukan sebuah perencanaan agar tercapai suatu tujuan. Dalam pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 sebagai masyarakat pembelajar tentunya terlebih dahulu mengadakan rapat untuk membahas perencanaan strategi yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Sebagai masyarakat yang mandiri tentunya banyak alternatif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain dilakukannya penyemprotan disinfektan di setiap lingkungan depan rumah warga, pembuatan masker, pembuatan cuci tangan, serta pembuatan penyemprotan disinfektan pada pintu masuk perkampungan. Pelaksanaan dilakukan secara terencana dan terstruktur. Semua kegiatan dilaksanakan secara mandiri dan bersama-sama dengan keterampilan atau pengalaman yang dimiliki oleh masyarakat.

Secara tidak langsung dengan adanya pandemi Covid-19 `masyarakat telah melaksanakan sebuah kegiatan pembelajaran, karena sejatinya belajar dapat dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja sebab orang dewasa belajar dari bertukar pengalaman yang dimilikinya. Selanjutnya melakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa hasil yang telah dicapai dan melakukan perbaikan dari hasil yang kurang maksimal.

Sebagai masyarakat pembelajar tentunya tidak menutup diri dari perkembangan yang ada. Saat ini telah memasuki revolusi industri 4.0 yang dimana menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan mesin tanpa bantuan manusia. Bentuk inovasi telah dilakukan sebagai pencegahan penyebaran, salah satu contohnya deteksi suhu, penyeprotan disinfektan secara otomatis, dan lain sebagainya.

3. Belajar Hidup Bersama (learning to live together)

learning to live together yaitu saling memahami orang lain secara bertahap dan menemukan pengalaman dengan tujuan bersama yaitu belajar sepanjang hayat. Belajar bersama tentunya tidak mengenal perbedaan suku, ras dan agama. Melalui belajar bersama dapat mempermudah seseorang memahami karena dalam prosesnya terdapat transfer ilmu atau pengalaman dan juga mempermudah mencapai tujuan bersama.

Pada masa pandemi saat ini diperlukan kerjasama antara pihak pemerintah maupun masyarakat. Bentuk kerjasama sebagai masyarakat pembelajar selama pandemi saat ini yaitu, menaati aturan protokol kesehatan, saling membantu untuk mengurangi beban kebutuhan, menjaga keamanan di lingkungan sekitar dan lain sebagainya tanpa memandang perbedaan latar belakang seseorang.

4. Belajar Menjadi (learning to be)

Pada awalnya manusia belajar karena ingin mengetahui apa yang tidak ia ketahui. Maka demikian manusia hendaknya perlu pendampingan untuk menjadi lebih mandiri dan berpikir kritis. Selain itu dilatih membuat suatu keputusan sendiri terhadap sesuatu yang telah dipelajari dan melaksanakan dalam keadaan kehidupannya. Pemberian edukasi baik sosialisasi maupun praktek kepada masyarakat menjadikan hal biasa dilakukan sehingga ketika terjadinya pandemi seperti ini, masyarakat dengan mudah menerima dan menjalankan anjuran yang telah dibuat oleh pemerintah. Pemberian pendampingan kepada masyarakat memberikan dampak yang luar biasa untuk menahan tingkat penyebaran Covid-19.

Kesimpulan

Dengan adanya pandemi Covid-19 masyarakat tidak perlu takut dan khawatir, namun sebaiknya selalu waspada dan menaati protokol kesehatan. Mencari informasi saat ini lebih mudah untuk diakses baik melalui internet (daring), televisi maupun media cetak yang ditempel wilayah tempat tinggal. Mendapatkan suatu informasi perlu dari sumber terpercaya agar terhindar dari berita bersifat HOAX. Protokol kesehatan seperti berjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan sudah bagian dari gaya hidup masa kini dalam menghindari terinfeksi Covid-19. 

Dalam permasalahan saat ini teknologi informasi sebagai sesuatu yang sangat diminati masyarakat sebagai alat penghubung orang yang tidak dapat bertemu karena akibat adanya Covid-19. Sebagian besar kegiatan dilakukan melalui gadget baik pendidikan, pekerjaan maupun silahturahmi dengan keluarga. Pergeseran zaman telah terjadi, tanpa kita sadari saat ini telah memasuki revolusi 4.0 mau tidak mau penggunaan teknologi tidak bisa kita hindari. 

Sehingga para generasi milenial dan generasi Z harus siap berkerjasama menghadapi Covid-19 dalam kehidupan sesungguhnya maka perlu sebuah ide, kreativitas, inovasi dan kemandirian agar dapat menjadi salah satu penyumbang pembangunan nasional. Masyarakat pembelajar secara mandiri siap menghadapi perkembangan zaman dengan menerapkan belajar sepanjang hayat (life long learning)

Daftar Pustaka

Santoso, Slamet, 2010. Konsep Dasar PLS. Bahan kuliah Konsep dasar PLS. Tidak diterbitkan.

Yulianingsih, Wiwin dan Gunarti. 2017. Penddikan Masyarakat. Surabaya : Unesa University Press.

Penulis : Arini Dwi Cahyani
Membangun Kemandirian Orang Dewasa Melalui Penerapan Life Long Learning Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Photo by cottonbro via pexels.com
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Agama,4,Agent Of Change,1,Akreditasi,1,All England,1,Amin Rais,1,Anak Jalanan,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aplikasi,1,Aplikasi SehatQ,1,Argentina,1,Atambua,13,Baby Boomer,1,Badan Kurus,1,Badminton,1,Bali,1,Banjir,1,Banyuwangi,1,Bawaslu,2,Belajar,2,Bencana,1,Bermanfaat Untuk Lingkungan,1,Bisnis,4,Boba,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,10,Bulutangkis,1,Bupati Nganjuk,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Catur,2,Cerita,16,Cerita Pendek,15,CIASTECH 2020,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Coding,1,Copa America 2021,1,Covid-19,22,Crowdfunding,1,Damai,1,Dana Desa,1,Daniel Osckardo,7,Debat Pilkada,1,Demokrasi,2,Desa,1,Desember,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Direktori Penyakit,1,Dokumen,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,13,Empat Agenda Seorang Pemulung,1,English Corner,4,English Poem,1,Euro 2020,1,Fabio Carvalho,1,Fanatisme,1,Film Cinta Bete,1,Film Hukum,1,Filosofi Stoisisme,1,Fourth Industry Revolution,1,Fresh Graduate,1,Fulan Fehan,3,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,9,Ganja,1,Gemerlap Kota,1,Generasi Alpha,1,Generasi Muda,1,Generasi Z,2,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,Ghetto,1,Gilbert Ryle,1,GMNI,1,google classroom,1,Guru,2,Gus Mus,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,4,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Kesehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hari Persaudaraan Manusia Internasional,2,Home Education,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,19,Hukum Film,2,Ide Kreatif,1,IKADAR Bali,1,Ikawiga,1,Indonesia,5,Influencer,1,Inggris,2,Internasional,2,Ir. Soekarno,1,Isak Tangis,1,Islam,3,Islam Kejawen,1,Jhoni Lae,3,Jodoh,1,John Rawls,1,Juliari Batubara,1,Kaboax,1,Karir,4,Keadilan Sosial,1,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Kesejahteraan Masyarakat,1,Komunikasi,2,Komunitas,1,Koperasi,1,Korupsi,2,KPK,1,KRI Nanggala 402,1,Kuliah Kerja Nyata,1,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Liburan Kuliah,1,Liga 3,1,Lokastithi Giribadra,1,Lomba,4,Lomba Karya Tulis Ilmiah,2,Lomba Menulis,2,Long life learning,1,Longsor,1,Lowongan kerja,1,Mafia Tanah,1,Mahasiswa,6,Malang,2,Malang United,2,Mama,1,Maret,1,Matematika,1,Media Sosial,1,Membaca,1,Membangun Setting Lokasi,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Meningkatkan Fokus,1,Menteri Sosial,2,Menyenangkan,1,Messi,1,Michael Focault,1,MICIN,1,Milenial,15,Millenial,9,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Motivasi,15,MTQ Nasional 28,1,Muhamad Sulaeman,2,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasib Negeri Kanibal,1,Nasional,5,Neo Ghetto,1,New Normal,1,News,9,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,10,Olahraga,11,Omnibus Law,2,Opini,207,Opinion,3,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pana Mone Hill Stone,1,Pancasila,2,Pandemi Covid-19,11,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemimpin,1,Pemulihan Ekonomi,5,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,38,Pendidikan Keluarga,1,Pendidikan Politik,1,Penguatan Bawaslu,1,Perkawinan,1,Pesta Demokrasi,1,Petuah Sukma,1,Piala Kemenpora,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,25,Pilkada,1,Politik,8,Politik Uang,1,Pompa ASI,1,Potensi Diri,1,Pray For NTT,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Profesi,1,Prostitusi,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,46,Puisi Tentang Hujan,1,Puisi Tentang Ibu,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,R.A Kartini,1,Raiders Salomon Marpaung,3,Ramalan Zodiak,1,Redeskripsi Sastra,1,Regional,1,Revolusi Industri,4,Ronaldo Filipus Nara,5,Ruang Rindu,1,Sabut Kelapa,1,sastra,30,SehatQ,1,Sei,1,Semua Berita,14,Senja,1,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,Sepakbola,5,SKCK,1,Skripsi,1,SMA 7 September 99 Atambua,4,SMP 7 September 99 Atambua,3,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sociopreneurship,1,Sosial,70,Sponsored,3,Status Sosial,1,Suku di Indonesia,1,Sumatera Barat,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun Baru 2021,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,4,Teori Psikologi Adler,1,The Sunrise Of Java,1,Theory Of Justice,1,They Feynman,1,TikTok,1,Timor Leste,3,Tips,24,Tips Kepemimpinan,1,Tips Menulis,1,Toraja,1,Tradisi,1,Trash Hero Belu,1,Travel,14,Tuhan Bangkit,1,Ulang Tahun,1,UMKM,2,Universitas Timor,1,Universitas Widyagama,1,Urbanisasi,1,Utilitarianisme,1,Video Game,1,Virus Corona,13,Webinar,1,Website,1,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,7,Youtube,1,Youtuber,1,Zodiak,1,zoom,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Membangun Kemandirian Orang Dewasa Melalui Penerapan Life Long Learning Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Membangun Kemandirian Orang Dewasa Melalui Penerapan Life Long Learning Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Dengan adanya pandemi Covid-19 masyarakat tidak perlu takut dan khawatir, namun sebaiknya selalu waspada dan menaati protokol kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-GZJQAfiNpf4/YBqEOvPSYxI/AAAAAAAABW8/ih8weIwvvbM0NOi4DsZsZYIbuXLiFU_ygCLcBGAsYHQ/w640-h426/pexels-photo-3951628.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-GZJQAfiNpf4/YBqEOvPSYxI/AAAAAAAABW8/ih8weIwvvbM0NOi4DsZsZYIbuXLiFU_ygCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/pexels-photo-3951628.jpeg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2021/02/membangun-kemandirian-orang-dewasa.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2021/02/membangun-kemandirian-orang-dewasa.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content