Pendidikan Keluarga, Sebuah Upaya Mengantarkan Indonesia On The Way For Progress

SHARE:

Jika pendidikan di tanah air ini di awali dari pendidikan keluarga maka sudah tidak diragukan lagi jika sepuluh tahun ke depan Indonesia akan maju

Baca Juga :
Anak usia dini memiliki dunia dan cara hidup tersendiri menyangkut garis kehidupannya. Salah satu dunia mereka yang paling disenangi adalah bermain. Hal demikian tidak bisa ditentang dan diganggu oleh siapa pun lantaran menjadi bagian dari hidupnya sebagai anak kecil yang memiliki kecenderungan untuk bersenang-senang dan bereuforia.

Meskipun begitu, bukan berarti dunia anak harus dilepas bebas begitu saja tanpa kendali dari orang tua dan tidak juga dikekang dan diikat erat-erat sampai pada tataran yang tak sewajarnya. Upaya pantau keluarga terhadap anak semakin menempati posisi penting di tengah-tengah arus modernisasi dan di era milineal yang diringi dengan pesatnya perkembangan tekhnologi. Lebih-lebih pekembangan tekhnologi tidak hanya mempermudah aktifitas tetapi telah mengaburkan nilai-nilai moral dengan masuknya budaya luar yang terus berkembang dengan pesat. Berangkat dari sanalah peran pantau keluarga terhadap anak memiliki posisi yang sangat penting.

Dalam kajian ilmu psikologi, perkembangan karakter manusia dimulai sejak usia dini. Usia dini menjadi seperangkat rangkaian proses sebuah prodak karakter lantaran pada masa itu akal pikir merambat cepat dalam merespon fenomena sekitar yang terjadi. Di sanalah posisi sentral pendidikan keluarga perlu diterapkan sebagai wujud tindak pantau keluarga terhadap anak dengan titik tumpu yang bermuara ke arah karakter yang baik dan budi pekerti yang luhur.

Berangkat dari kajian sikolog-sosiolog tentang anak maka peran aktif orang tua atau keluarga memiliki posisi yang sangat penting dalam menentukan titik orbit muara karakter anak. Dengan kata lain, orang tua memiliki peluang besar dalam mengawali mentalitas dan karakterisasi seorang anak sejak usia dini untuk menjadi pribadi yang beretika. Lantaran perkembangan mentalitas dan karakter anak ditentukan oleh pengalaman dan back round lingkungan yang melatarinya maka pendidikan menjadi sebuah kunci utama sebagai jembatan untuk mengantarkan anak menjadi pribadi yang berkarakter baik.

Pendidikan dalam arti luas dibagi menjadi tiga; pertama, pendidikan formal.Kedua, pendidikan informal. Ketiga, pendidikan non formal. Pendidikan formal berupa lembaga-lembaga sekolah baik negeri maupun swasta. Sedangkan pendidikan informal berupa kursus-kursus dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Sementara pendidikan non formal memuat konten pendidikan keluarga atau juga disebut home education.

Pada hakekatnya, pendidikan rumah atau pendidikan keluarga merupakan bentuk upaya orang tua dalam mendidik dan mengembangkan karakter anak sejak usia dini menuju keindahan budi pekerti dan akhlak mulia. Home education pada kenyataannya melibatkan orang tua sebagai pendidik yang memiliki peran penting dalam mengembangkan mental, karakter, dan bakat seorang anak.

Home education dalam proses prakteknya adalah tindakan orang tua dalam memantau, mengarahkan, dan memberikan motivasi ke arah kemajuan terhadap anak. Bentuk detail penerapan memantau bukan berarti mengikat erat-erat akses perbuatan anak tetapi menyusun kriteria ‘baik dan tidak baiknya suatu perbuatan’ dalam rangka mengevaluasi tindakan anak. Sedangkan aspek mengarahkan adalah memberikan jalan bagi anak untuk mengembangkan karakter, mentalitas, dan potensi yang dimilikinya. Sementara memberi motivasi adalah bentuk dorongan maupun hadiah guna menstimulus semangat belajar anak lantaran semangat belajar bersifat fuktuatif.

Kemudian, pendidikan keluarga memiliki tujuan yang sama dengan pendidikan sekolah negeri maupun swasta di luar sana yaitu demi tercapainya kedewasaan jasmani dan rohani. Istilah kedewasaan bermakna global konten yang memuat banyak makna. Salah satunya adalah mampu membedakan baik dan buruk, bertanggung jawab, dan mandiri.

Pendidikan keluarga juga memiliki fungsi yang sama dengan pendidikan sekolah pada umumnya sebagaimana yang tertera pada bab II pasal 3 dalam UU Sisdiknas 2003, bahwa fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemauan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Home education menjadikan kecerdasan sebagai muara akhir tujuan utamanya. Kecerdasan tersebut bermakna luas dengan rincian; kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual. Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kemampuan membangun hubungan yang elegan dan harmonis antara seorang hamba dengan Sang Pencipta. Sedangkan kecerdasan emosional (EQ) adalah sikap peka dalam mengkaji rasa antar sesama selaku makhluk sosial. Sementara kacerdasan intelektual (IQ) adalah kemampuan berpikir dan menalar dalam rangka berkontribusi dalam pencaturan intelektual nasional maupun dunia.

Ketiga kecerdasan di atas perlu dijalankan secara proporsional dalam rangka menjadi pribadi yang taat beragama, memiliki rasa solidaritas dan loyalitas yang tinggi antar sesama, dan mampu bersaing dalam pencaturan intelektual dunia. Dari sana dapat dipahami bahwa home education pada sejatinya merupakan pendidikan karakter yang tidak harus diformalkan sebagaimana lembaga-lembaga sekolah yang terikat oleh speace dan time. Karena pada hakekatnya, pendidikan keluarga berwatak nonformal yang bebas dari deadline ruang dan waktu. Dari sana dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa titik inti home education adalah bentuk pendidikan keluarga yang dilakukan sepanjang hayat sejak membuka mata sampai menutup mata dengan menjadikan change sebagai tolak ukur sukses dan tidaknya proses pendidikan home education.

Jika pendidikan di tanah air ini di awali dari pendidikan keluarga atau home education maka sudah tidak diragukan lagi jika sepuluh tahun ke depan Indonesia akan menjadi pemimpin bangsa-bangsa.

Penulis : Afif Hidayat
Pendidikan Keluarga
Pendidikan keluarga. Via plano.co
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Name

Agama,1,Anti Korupsi,2,Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,9,Baby Boomer,1,Banyuwangi,1,Bawaslu,2,Beasiswa,6,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Beasiswa SejutaCita,1,Belajar,2,Bisnis,4,Budaya,8,Cerita,8,Cerita Pendek,3,CIASTECH 2020,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Covid-19,10,Crowdfunding,1,Damai,1,Dana Desa,1,Debat Pilkada,1,Desa,1,Desember,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,10,Empat Agenda Seorang Pemulung,1,English Corner,3,Event,3,Event Hunter Indonesia,1,Featured,3,Features,1,Filosofi Stoisisme,1,Fourth Industry Revolution,1,Fulan Fehan,1,Ganja,1,Gemerlap Kota,1,Generasi Alpha,1,Generasi Z,2,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,GMNI,1,google classroom,1,Gunung Ile Lewotolok,1,Gunung Meletus,1,Guru,2,Gus Mus,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,4,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Kesehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hidroponik,1,Himpunan Mahasiswa Islam,2,HMI,2,Home Education,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,21,Hukum Film,1,Ide Kreatif,1,Indonesia,2,Influencer,1,Internasional,1,Isak Tangis,1,Islam,3,Islam Kejawen,1,Juliari Batubara,1,Kaboax,1,Karir,10,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,2,Koperasi,1,Korupsi,1,Kuliah Kerja Nyata,1,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Lembata,1,Liburan Kuliah,1,Lomba,4,Lomba Karya Tulis Ilmiah,2,Lomba Menulis,2,Lowongan kerja,5,Mahasiswa,5,Malang,1,Mama,1,Mandiri Tunas FInance,1,Maret,1,Matematika,1,Membaca,1,Meningkatkan Fokus,1,Menteri Sosial,1,Menyenangkan,1,Milenial,16,Millenial,5,Motivasi,12,MTQ Nasional 28,1,Nadiem Anwar Makarim,1,New Normal,1,NTT,5,Olahraga,2,Omnibus Law,1,Opini,163,Opinion,3,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pancasila,1,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemimpin,1,Pemulihan Ekonomi,2,Pendidikan,29,Pengabdian,1,Penguatan Bawaslu,1,Perkawinan,1,Petuah Sukma,1,Pilihan Redaksi,18,Pilkada,1,Politik,4,Potensi Diri,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Profesi,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,38,Puisi Tentang Hujan,1,Puisi Tentang Ibu,1,Quarter Life Crisis,1,Qudwahits Reborn,1,Quote,1,Quotes Kata-Kata Bijak,1,R.A Kartini,1,Ramalan Zodiak,1,Redeskripsi Sastra,1,REFLEKSI,1,Review,1,Revolusi Industri,4,Ruang Rindu,1,sastra,23,Sejuta,1,Senja,1,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,SJ182,1,SMA,1,SMA 7 September 99 Atambua,3,SMP,1,SMP 7 September 99 Atambua,2,Sociopreneurship,1,Sosial,52,Sriwijaya Air,1,Status Sosial,1,Sumatera Barat,1,Tahun Baru 2021,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,3,Teori Psikologi Adler,1,Teroris,1,Terorisme,1,The Sunrise Of Java,1,Tips,23,Tips Kepemimpinan,1,Trash Hero Belu,1,Travel,11,Tuhan Bangkit,1,Ulang Tahun,1,UMKM,2,Universitas Muhammadiyah Malang,1,Universitas Timor,1,Virus Corona,6,Webinar,3,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,7,YummyApp,1,Zodiak,1,zoom,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Pendidikan Keluarga, Sebuah Upaya Mengantarkan Indonesia On The Way For Progress
Pendidikan Keluarga, Sebuah Upaya Mengantarkan Indonesia On The Way For Progress
Jika pendidikan di tanah air ini di awali dari pendidikan keluarga maka sudah tidak diragukan lagi jika sepuluh tahun ke depan Indonesia akan maju
https://1.bp.blogspot.com/-G5fFjMbSd4U/X_VyOJWpU4I/AAAAAAAABPU/h36Ew-1zapsJx258FEFfSVjJTWRjwEIBACLcBGAsYHQ/w640-h426/AdobeStock_315978085-1024x683.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-G5fFjMbSd4U/X_VyOJWpU4I/AAAAAAAABPU/h36Ew-1zapsJx258FEFfSVjJTWRjwEIBACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/AdobeStock_315978085-1024x683.jpeg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2021/01/pendidikan-keluarga-sebuah-upaya.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2021/01/pendidikan-keluarga-sebuah-upaya.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content