Covid-19 : Pilih Tetap #Dirumahsaja Ataukah Beraktivitas “Bersama” Corona?

SHARE:

Covid memang tidak bisa dihentikan untuk saat ini, namun semua kembali pada pribadi masing-masing dalam berpikir, bersikap dan bertindak.

Baca Juga :
Pandemi Covid-19 menyisahkan banyak sekali peristiwa-peristiwa diluar nalar, dan tidak sedikit yang terkena ‘imbas’ atas ‘ulah’ dari virus ini. Virus ini hadir dalam kehidupan manusia, terutama di Indonesia berdasarkan data yang ada bermula di awal bulan Maret 2020, dan sampai detik ini masih ‘berkeliaran’ di sekitar manusia. Tak kunjung hentinya pemerintah mengupayakan banyak tindakan dan peringatan demi mencegah penyebaran wabah ini di masyarakat. 

#ingatpesanibu sudah digaungkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga yang menangani kasus ini, baik melalui tulisan, lisan hingga ditampilkan dalam periklanan media massa. Pengetatan akan aturan dan ajuran protokol kesehatan masih berlaku hingga detik ini. Dengan menerapkan sistem 3M, diharapkan mampu untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, sehingga harapannya kehidupan masyarakat di Indonesia bisa kembali normal. Adanya wacana untuk menerapkan sistem New Normal sebagai pandangan bahwa wabah ini tidak bisa dihilangkan atau dihapuskan dari kehidupan manusia merupakan suatu pilihan yang tidak mudah untuk diterapkan, mengingat betapa dinamisnya pergerakan masyarakat Indonesia dalam berakitivitas.

Segala bidang dan aspek kehidupan masyarakat mengalami dampak yang luar biasa. Dengan berat hati, mau tidak mau harus ‘memutar otak ribuan kali’ untuk bisa mengambil suatu kebijakan yang tepat. Hal ini bertujuan agar bidang yang ditempuh tetap berjalan dengan kondisi yang masih belum stabil. Pergerakan akan wabah ini semakin hari semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena banyaknya warga yang harus beraktivitas diluar rumah dengan segala resiko yang ada. Sudah bukan menjadi hal yang baru ketika mendengar banyaknya karyawan-karyawan dari berbagai sektor mengalami PHK akibat pandemi ini. Tentu hal ini tidak mudah untuk menerima kenyataan sekaligus mencari pekerjaan baru di tengah keterbatasan. 

Di sisi lain, misalnya dalam bidang pendidikan, keputusan untuk membuka kembali sekolah dengan basis tatap muka masih menjadi suatu pertimbangan yang perlu untuk ‘digodhok´ kembali atas resiko dan dampaknya. Ini semua merupakan hasil dari tindakan manusia untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat dengan berbuah kebaikan untuk bersama. Lalu pertanyaanya: dalam situasi Pandemi yang belum reda, apa keputusan yang baik untuk diambil? Menerapkan sistem #tetapdirumahsaja dengan segala keterbatasan? Apakah justru akan menjadi suatu hal yang baru, di mana setiap aktivitas yang dilakukan dirumah, berarti siap untuk ‘berjalan bersama’ virus corona?

Utilitarianisme dan Konsekuensialisme

Virus Corona memang menyimpan sejumlah catatan besar atas ‘tindakan kejahatan’ yang dilakukan. Semua sektor dan aspek kehidupan manusia menjadi runtuh akibat ‘perbuatannya’. “Si Kecil Tak Kasat Mata” ini diam-diam juga meruntuhkan semua rencana aktivitas manusia dalam kehidupan. Segala tujuan dan capaian yang seharusnya menjadi target utama yang harus diselesaikan, ‘dirombak habis-habisan’ dengan penyesuaian dan keterbatasan yang diterapkan. Keputusan Pemerintah yang memberlakukan Social Distancing dan Psychal Distancing pada awal tahun hingga pertengahan ternyata masih belum ‘berbuah manis’. Keputusan ini masih menyisakan PR yang begitu banyak untuk digodhok lebih matang. Pada akhirnya yang saat ini diterapkan adalah keputusan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan, penerapan 3M: Mencuci tangan, Memakai Masker (sesuai anjuran dari lembaga kesehatan) dan Menjaga jarak satu dengan yang lain minimal 1 meter.

Menurut Aristoteles, manusia adalah animal rationale, yang berarti makhluk hidup yang mempunyai akal budi. Dengan berbekal akal budi, manusia dengan cermat mampu memahami akan kondisi yang terjadi dalam kehidupan dan mampu membuat suatu putusan yang tepat, dengan pertimbangan yang matang. Penalaran bertujuan agar pencerapan akan realitas kehidupan yang nampak pada diri manusia, terserap dan tersalurkan melalui tindakan-tindakan yang tepat. Setiap tindakan yang dipilih oleh manusia, akan selalu mempunyai dampak atau konsekuensi yang diterima. 

Menurut pandangan Richard Mervyn Hare (R.M Hare) berpandangan bahwa keputusan manusia dalam bertindak ditentukan oleh faktor lingkungan yang ada (G.Madell. 1965: Vol 2). Faktor lingkungan yang dimaksud dirinya adalah kondisi realitas yang ada dalam masyarakat. Gagasan mengenai keputusan yang dibuat oleh seseorang, menurutnya harus mempertimbangkan sekurang-kurangnya 2 hal dalam konsep utilitarianisme, yaitu: aturan utlitarianisme dan tindakan utilitrianisme. Aturan utilitarianisme dan tindakan utilitarianisme (A.Ghozali. 2014: 1, p 2-4 ) menurut Hare adalah cara untuk menentukan nilai kebaikan dan kebenaran dalam tindakan seseorang dalam pelaksanaanya.

Keputusan Pemerintah dalam upaya untuk mencegah wabah ini merebak ke semua pelosok di Tanah Air, ternyata sejalan dengan gagasan yang disampaikan oleh Hare dalam konsep utilitarianismenya. Namun perlu dipahami bersama, dalam suatu gagasan utilitas yang dibangun, selalu ada konsep lain sebagai ‘tandingan’ atau dapat dikatakan sebagai ‘kutub negatif’ dari sebuah pernyataan. Hal itu disebut sebagai konsep konsekuensialisme. Dalam ajaran moral, konsep ini ada sebagai suatu gagasan yang berhubungan dengan tindakan manusia, dengan kata lain, terikat dengan gagasan utilitarianisme. Hare berpendapat, bahwa tindakan manusia yang didasarkan pada konsep kebaikan bersama (utilitas) akan menimbulkan suatu dampak tersendiri pada akhirnya. 

Semua tindakan yang berbasis kebaikan bersama, selalu menyimpan ‘kontradiksi’ dalam capaiannya. Pada karyanya yang berjudul The Languange of Moral , term-term moral yang digunakan adalah term yang berbasiskan universalitas. Inti pemikirannya pada karya ini, mau menyatakan bahwa term universalitas ialah suatu preposisi dalam sebuah pernyataan, yang mengandaikan kejadian antara satu tempat dengan tempat lain mengalami hal yang sama. Tentu ini sangat berimplikasi dengan keputusan yang diambil dan anjuran pemerintah untuk menegakkan protokol kesehatan sebagai sarana untuk mencegah virus corona.

Pandemi Covid-19: Semua Pilihan Ada Di Tangan Masing-Masing Pribadi

Hare sudah menawarkan dan menunjukkan kepada semua, bahwa tindakan kebaikan ditentukan oleh faktor lingkungan sekitar dan perlu mempertimbangkan secara matang. Pilihan untuk bertahan di rumah ataupun hidup di luar rumah merupakan pilihan masing-masing individu dalam memahami keadaan realitas yang ada. Semua pilihan ada resiko yang didapatkan. Keputusan untuk beraktivitas dalam rumah memiliki resiko yang cukup menggelisahkan, diantaranya: dilanda kebosanan, terbatas pada akses dan fasilitas, tidak bisa bertemu dengan sahabat, kerabat, saudara, keluarga, dll, tidak bisa bergerak dengan bebas (hanya sebatas didalam rumah), dan masih banyak lagi. 

Berbeda resiko yang didapatkan ketika memilih untuk beraktivitas di luar rumah, diantaranya seperti: ketat dalam aturan protokol kesehatan (3M), masuk dalam ruang publik yang tidak diketahui akan kondisi dari masing-masing pribadi yang ada didalamnya (kerumunan), belum lagi jika cuaca tidak mendukung, dsb. Pilihan adalah hasil dari kesadaran dari diri seseorang atas realitas yang ditanggapinya.

Hare menganalisa kebaikan dan kebenaran tidak hanya berpaku pada asumsi-asumsi subjektif, melainkan juga perlu ada korelasi dengan yang objektif. Term universalitas baginya mengandaikan bahwa antara satu tempat dengan tempat yang lain dengan waktu yang kurang lebih sama, akan menghasilkan kejadian yang sama. Dalam artian manusia satu dengan yang lain tidak ada bedanya, sebab semua sama-sama berstatus manusia. 

Keputusan untuk menerapkan kebijakan protokol kesehatan selaras dengan yang disampaikan Hare dalam pemikirannya, berkaitan dengan tindakan yang diambil. Penilaian akan baik buruk tindakan harus punya andaian dasar yang logis-empiris, dan dengan demikian, kebaikan dan kebenaran semakin diwujudkan dalam hidup yang untuk kebaikan dan kebahagiaan bersama secara maksimal. Covid memang tidak bisa dihentikan, namun semua kembali pada pribadi masing-masing dalam berpikir, bersikap dan bertindak dalam memutuskan suatu putusan yang terbaik untuknya. Corona hingga detik ini memang belum teratasi, dan ada rumor yang menyatakan bahwa virus ini mulai meng-upgrade diri menjadi lebih ganas. Tetap patuhi semua kebijakan, demi keselamatan semua orang, dan orang-orang yang kita cintai. BTK.

Penulis : Yeremia Tirto W.S
Aktivitas ditengah masa pandemi covid-19
Aktivitas ditengah pandemi covid-19. Via dnaindia.com
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Agama,1,Agent Of Change,1,Akreditasi,1,All England,1,Anak Jalanan,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aplikasi,1,Atambua,12,Baby Boomer,1,Badminton,1,Banjir,1,Banyuwangi,1,Bawaslu,2,Beasiswa,6,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Beasiswa SejutaCita,1,Belajar,2,Bencana,1,Bencana Siklon Seroja,1,Bisnis,4,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,9,Bulutangkis,1,Bung Karno,1,Bupati Nganjuk,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Catur,2,Cerita,9,Cerita Pendek,5,CIASTECH 2020,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Coding,1,Covid-19,14,CPNS,2,Crowdfunding,1,Damai,1,Dana Desa,1,Daniel Osckardo,6,Debat Pilkada,1,Demokrasi,1,Desa,1,Desember,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Dokumen,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,14,Empat Agenda Seorang Pemulung,1,English Corner,4,English Poem,1,Event,4,Event Hunter Indonesia,1,Fabio Carvalho,1,Featured,3,Features,1,Film Hukum,1,Filosofi Stoisisme,1,Fourth Industry Revolution,1,Fresh Graduate,1,Fulan Fehan,2,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,9,Ganja,1,Ganjar Pranowo,1,Gemerlap Kota,1,Generasi Alpha,1,Generasi Muda,1,Generasi Z,2,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,Gilbert Ryle,1,GMNI,1,google classroom,1,Gubernur Jawa Tengah,1,Gunung Ile Lewotolok,1,Gunung Meletus,1,Guru,2,Gus Mus,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,4,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Kesehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hari Persaudaraan Manusia Internasional,2,Hidroponik,1,Himpunan Mahasiswa Islam,1,HMI,1,Home Education,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,23,Hukum Film,2,Ide Kreatif,1,Indonesia,6,Influencer,1,Inggris,1,Internasional,2,Isak Tangis,1,Islam,3,Islam Kejawen,1,Jawa Tengah,1,Jhoni Lae,3,Jodoh,1,John Rawls,1,Juliari Batubara,1,Kaboax,1,Karir,16,Keadilan Sosial,1,Kejaksaan,1,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Kesejahteraan Masyarakat,1,Komunikasi,2,Komunitas,2,Koperasi,1,Korupsi,2,KPK,1,KRI Nanggala 402,1,Kuliah Kerja Nyata,1,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Lembata,1,Liburan Kuliah,1,Lomba,4,Lomba Karya Tulis Ilmiah,2,Lomba Menulis,2,Long life learning,1,Longsor,1,Lowongan kerja,8,Mafia Tanah,1,Mahasiswa,7,Malang,1,Mama,1,Mandiri Tunas FInance,1,Maret,1,Matematika,1,Media Sosial,1,Membaca,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mena,1,Meningkatkan Fokus,1,Menteri Sosial,2,Menyenangkan,1,MICIN,1,Milenial,16,Millenial,7,Miskin Cinta,1,Motivasi,15,MTQ Nasional 28,1,Muhamad Sulaeman,3,Muslimah,1,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasib Negeri Kanibal,1,Nasional,5,New Normal,1,News,3,NTT,5,Nusa Tenggara Timur,8,Olahraga,6,Omnibus Law,2,Opini,199,Opinion,3,Orleans Masters 2021,1,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pana Mone Hill Stone,1,Pancasila,1,Pandemi Covid-19,2,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemimpin,1,Pemulihan Ekonomi,4,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,38,Pendidikan Keluarga,1,Pendidikan Politik,1,Pengabdian,1,Penguatan Bawaslu,1,Perkawinan,1,Petuah Sukma,1,Piala Kemenpora,1,Pilihan Redaksi,19,Pilkada,1,Politik,7,Pompa ASI,1,Posko Babarsari Yogyakarta,1,Potensi Diri,1,PPPK,1,Pray For NTT,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Profesi,1,Prostitusi,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,47,Puisi Tentang Hujan,1,Puisi Tentang Ibu,1,Quarter Life Crisis,1,Qudwahits Reborn,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,R.A Kartini,1,Raiders Salomon Marpaung,4,Ramalan Zodiak,1,Redeskripsi Sastra,1,REFLEKSI,1,Regional,4,Revolusi Industri,4,Ronaldo Filipus Nara,5,Ruang Rindu,1,Sabut Kelapa,1,sastra,29,Sei,1,Sejuta,1,Seminar,1,Semua Berita,12,Senja,1,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,Sepakbola,2,SKCK,1,SMA,1,SMA 7 September 99 Atambua,4,SMP,1,SMP 7 September 99 Atambua,3,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sociopreneurship,1,Soekarno,1,Sosial,71,Status Sosial,1,Sumatera Barat,1,Tahun Baru 2021,1,Tamtama,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,4,Teori Psikologi Adler,1,Teroris,1,Terorisme,1,The Sunrise Of Java,1,Theory Of Justice,1,They Feynman,1,Timor Leste,2,Tips,18,Tips Kepemimpinan,1,TNI AU,1,Toraja,1,Trash Hero Belu,1,Travel,13,Tuhan Bangkit,1,Ulang Tahun,1,UMKM,2,Universitas Muhammadiyah Malang,1,Universitas Timor,1,Urbanisasi,1,Utilitarianisme,1,Vaksin,1,Video Game,1,Virus Corona,8,Webinar,4,Website,1,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,7,Zodiak,1,zoom,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: Covid-19 : Pilih Tetap #Dirumahsaja Ataukah Beraktivitas “Bersama” Corona?
Covid-19 : Pilih Tetap #Dirumahsaja Ataukah Beraktivitas “Bersama” Corona?
Covid memang tidak bisa dihentikan untuk saat ini, namun semua kembali pada pribadi masing-masing dalam berpikir, bersikap dan bertindak.
https://1.bp.blogspot.com/-Z4qk_nItvho/X_PNI7NtbmI/AAAAAAAABPI/GhQzZT5JNHYjIX6Q5oukP2uKX-KwP4d4QCLcBGAsYHQ/w640-h360/922442-social-distancing.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Z4qk_nItvho/X_PNI7NtbmI/AAAAAAAABPI/GhQzZT5JNHYjIX6Q5oukP2uKX-KwP4d4QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/922442-social-distancing.jpg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2021/01/covid-19-pilih-tetap-dirumahsaja.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2021/01/covid-19-pilih-tetap-dirumahsaja.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content