Inovasi Teknologi Bagi Proses Pembelajaran. Solusi Dari Kondisi Pandemi?

Dengan peran teknologi bagi pembelajaran itu bisa dijadikan salah satu metode dalam menyampaikan materi untuk diberikan kepada peserta didik.

Menurut hemat saya, pendidikan sangatlah penting untuk generasi bangsa Indonesia. Karena mereka adalah agen perubahan bangsa. Selain itu, kita ketahui bersama bahwa tujuan dalam pendidikan nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mana telah tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, sebagai sumber hukum yang tertulis. Hal itu menjadi salah satu pedoman dalam mencapai tujuan nasional. Dalam mewujudkan hal itu semua, tentu para stakeholders atau pemangku kepentingan, memiliki pengaruh dalam dunia pendidikan. 

Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah, tetapi perangkat sekolah, orang tua, serta komite sekolah dan juga masyarakat terlibat dalam proses pendidikan. Tentu, pada perkembangan arus globalisasi juga mempengaruhi dalam proses pendidikan. Karena semua informasi bisa dengan mudah kita dapat mengaksesnya.

Teknologi merupakan alat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Untuk itu, peran tenaga pendidik harus melek teknologi, khususnya saya sebagai calon tenaga pendidik. Karena dengan menghadapi revolusi industri ini, mau tidak mau tetap kita harus mengikutinya sebagai salah satu perubahan zaman dibidang teknologi. Di sisi lain juga, bisa menjadi sebuah tantangan dalam menyampaikan proses pembelajaran, melalui power point, video, ilustrasi gambar yang membuat anak menarik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran untuk memberikan stimulus mereka dalam menerima materi. 

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang positif dan negatif. Ekspektasi dari hal itu tergantung kepada setiap orang dalam menilai. Manfaat pembelajaran disertai dengan media teknologi akan memudahkan pemahaman oleh peserta didik.

Menurut buku yang saya baca, yang dikemukakan oleh Moh Surya  bahwa pembelajaran ialah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini, pengaruh yang positifnya adalah peserta didik dapat mengeksplorasikan segala imajinasi yang dimilikinya, tentu hal ini juga termasuk pada model belajar konstruktivisme atau berdasarkan pengalaman. Sehingga, memberikan peluang bagi mereka untuk berpikir secara kritis. Di sisi lain, pengalaman yang didapat bisa menjadi bekal untuk masa depannya. Karena akan tersimpan dalam memory. Mengingat, kondisi saat ini yang sedang mengalami pandemi Covid – 19 secara otomatis mempengaruhi terhadap pembelajaran secara tatap muka, yang tentunya harus mengikuti himbauan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh.

Implikasi dari hal tersebut, teknologi menjadi salah satu media yang bisa membantu memudahkan pembelajaran agar bisa berjalan dengan baik. Melalui, interaksi dan komunikasi antara tenaga pendidik dan orang tua terjalin hubungan kerjasama untuk mendampingi atau membimbing mereka dirumah. Kita juga bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk membantu sesuai dengan kebutuhan. Tentu keadaan ini, bisa dikatakan sebagai sebuah tantangan seorang tenaga pendidik mengatasi kondisi pandemi ini. Pembelajaran bisa didapat di sekolah atau dirumah. Karena rumah adalah lingkungan pertama dalam lingkup keluarga, sedangkan lingkungan yang luas berada di sekeliling masyarakat.

Peran teknologi melalui media pembelajaran harus mengimbangi situasi dan kondisi peserta didik. Adanya teknologi bisa membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh seorang pendidik. Ketika stimulus yang disampaikan dapat dijawab oleh peserta didik atau umpan balik, berarti pembelajaran yang disampaikan berjalan dengan baik. 

Makna yang bisa kita ambil dalam kondisi seperti ini, menurut saya nilai postifnya adanya kesadaran khususnya bagi saya sebagai calon pendidik untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang IT, perkembangan teknologi yang semakin meningkat yang sampai saat ini segala macam kebutuhan bisa kita akses dengan mudah melalui berbagai macam aplikasi yang ada. Seperti aplikasi zoom, google classroom, adalah dua aplikasi yang sangat membantu seorang pendidik untuk menjadi salah satu media dalam mendukung proses pembelajaran. 

Menurut hemat saya, teknologi hadir untuk meningkatkan perkembangan kehidupan manusia yang disebut dengan arus globalisasi, yang secara global atau mendunia. Dengan peran teknologi bagi pembelajaran itu bisa dijadikan salah satu metode dalam menyampaikan materi untuk diberikan kepada peserta didik. Karena, setiap pembelajaran dapat memberikan perubahan tingkah laku baik secara kognitif, afektif dan psikomotor.

Penulis : Arianti Fauziah
Inovasi Teknologi Bagi Proses Pembelajaran
Photo by : Julia M. Cameron. Via pexel.com
Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,9,Bawaslu,2,Beasiswa,4,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Belajar,2,Bisnis,4,Budaya,7,Cerita,8,Cerita Pendek,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Covid-19,4,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,2,Event Hunter Indonesia,1,Featured,5,Features,1,Filosofi Stoisisme,1,Fulan Fehan,1,google classroom,1,Gunung Ile Lewotolok,1,Gunung Meletus,1,Guru,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,3,Hari Kartini,1,Hari Keehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hidroponik,1,Himpunan Mahasiswa Islam,1,HMI,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,17,Hukum Film,1,Influencer,1,Internasional,1,Isak Tangis,1,Islam,1,Kaboax,1,Karir,9,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,2,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Lembata,1,Lomba,3,Lomba Menulis,1,Lowongan kerja,5,Mahasiswa,1,Mama,1,Mandiri Tunas FInance,1,Maret,1,Matematika,1,Membaca,1,Meningkatkan Fokus,1,Menyenangkan,1,Milenial,13,Motivasi,14,MTQ Nasional 28,1,New Normal,1,NTT,5,Olahraga,2,Omnibus Law,1,Opini,133,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paus Fransiskus,1,Pemimpin,1,Pendidikan,20,Pengabdian,1,Perkawinan,1,Pilihan Redaksi,13,Politik,1,Potensi Diri,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,31,Quarter Life Crisis,1,Qudwahits Reborn,1,R.A Kartini,1,Redeskripsi Sastra,1,REFLEKSI,1,Review,1,Revolusi Industri,3,sastra,10,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,SMA 7 September 99 Atambua,3,SMP 7 September 99 Atambua,2,Sociopreneurship,1,Sosial,42,Sumatera Barat,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,3,Teori Psikologi Adler,1,Teroris,1,Terorisme,1,Tips,13,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,Universitas Muhammadiyah Malang,1,Virus Corona,3,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,6,YummyApp,1,zoom,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Inovasi Teknologi Bagi Proses Pembelajaran. Solusi Dari Kondisi Pandemi?
Inovasi Teknologi Bagi Proses Pembelajaran. Solusi Dari Kondisi Pandemi?
Dengan peran teknologi bagi pembelajaran itu bisa dijadikan salah satu metode dalam menyampaikan materi untuk diberikan kepada peserta didik.
https://1.bp.blogspot.com/-mxtcf1D3Eaw/X5_fF_TosvI/AAAAAAAAA2Y/QK8-4ErNpFosQWkYcAGTyDgBx_9DemfRgCLcBGAsYHQ/pexels-photo-4144923.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-mxtcf1D3Eaw/X5_fF_TosvI/AAAAAAAAA2Y/QK8-4ErNpFosQWkYcAGTyDgBx_9DemfRgCLcBGAsYHQ/s72-c/pexels-photo-4144923.jpeg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/11/inovasi-teknologi-bagi-proses.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/11/inovasi-teknologi-bagi-proses.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content