Mimpi Yang Terhenti Dengan Harapan Yang Besar (Sebuah Catatan Anak Desa)

Oktober 2017 kembali bersemi dengan sejuta mimpi yang hendak kugapai. Berbagai strategi telah kusiapkan untuk diluncurkan dalam meraih mimpi...

Oktober 2017 kembali bersemi dengan sejuta mimpi yang hendak kugapai. Berbagai strategi telah kusiapkan untuk diluncurkan dalam meraih mimpi. Namun, apalah daya kenyataan ini harus menghantuiku. Pahlawan terbesar dalam hidupku alias ayahku harus menghembuskan nafas terakhirnya di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gabriel Manek Atambua dengan diagnosa penyakit hepatitis tingkat akhir. 
Mimpi Yang Terhenti Dengan Harapan Yang Besar
Photo : Via Pexels.com
Diriku seperti kesetrom listrik ketika berita itu menukik ditelingaku. Ruang kehampaan kini telah menyelimuti pikiran dan perasaanku. Setitik air mata tak berhembus dari kelopak mata ini. Tak ada satu pertanyaan pun yang terlontar dari mulutku, tentang smua ini. Suasana diam membisu dengan punuh kehampaan sedang berkompromi dengan diriku untuk bisa menerima semuanya ini.

Waktu terus bergulir, dan aku harus bangkit dari semua keadaan ini. Hasil permenungan menghantar aku pada kesadaran bahwa semuanya itu merupakan bagian dari rencana Tuhan. Aku harus bangkit dan kuat untuk mampu menerobos kabut hidup yang telah menyelimutiku.

Seminari santa Maria Imaculata Lalian adalah tempat baru dan suasana baru untuk kembali merajut cita-citaku dengan mimpi-mimpi yang baru. Bersekolah di sekolah yang favorit dan elegan dimata umat katolik bukan hal yang mudah bagiku. Ada begitu banyak kriteria yang harus dipenuhi sebelum manjadi warga seminari. Ada begitu banyak tantangan pula yang tentunya harus aku gumuli di sini.

Dukungan dan motivasi dari keluarga dan sahabat yang telah digaungkan, kini menjadi lantera kehidupan disetiap pijakanku. Aku menjadi semakin betah dengan suasana ini. Aku menjadi semakin tekun dalam menggeluti mimpi ini menjadi imam Tuhan. Semangat yang menggelora terus bergemah dalam perjuanganku.

Hidupku semakin berubah. Cara berpikir pun ikut berubah ketika tenggelam dalam kolam hidup seminari. Pola dan gaya didikanmu telah mampu menggilas habis semua kebiasaan buruk yang telah terpelihara sejak lama. Segala tantangan yang silih berganti, aku lalui dengan baik. Aku semakin menemukan arti hidup di tempat ini. Lalian, Engkau luar biasa..

Takdir berkata lain. Kehampaan kembali menyelimutiku. Aku jatuh sakit. Tubuhkan dipenuhi dengan luka hingga tak berdaya. Mengapa ini harus datang padaku? Apakah ini cobaan atau siksaan dari Tuhan untukku? Tuhan mengkin tidak lagi mencintaiku. Aku harus menyerah dan pasrah pada keadaan ini. Kepasrahaan ini membuatku, harus pergi dari seminari. Kecewa yang mendalam kembali menghampiri karena aku bukan lagi menjadi warga seminari. Hati ini tidak bisa menerima keadaan yang ada.

Namun, Tuhan sungguh baik. RancanaNya memang indah dalam hidupku. Aku kembali menjadi sembuh dan menjalani hidup seperti biasa, meskipun seminari bukan lagi kembali menjadi ruang cita-citaku.
Photo : Ginto Wangge
Karena kebaikan Tuhan, aku diberi ruang untuk kembali menggumuli cita-citaku di sebuah sekalah dekat rumahku. Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) sta. Filomena, sekolah semi-seminari menjadi lembaran baru untuk kembali mengukir kisah. Suasana dan orang-orang baru yang ada, membuat hidupku kembali cerah.

Tak pernah kubayangkan, jika akan diterima di tempat ini. Merasa dicintai dan mencintai adalah bagian terkecil dari perjalanan hidupku. Dan ini yang terus kusyukuri di setiap tarikan nafas hidupku ini. 

Salam Literasi.

Penulis :  Ginto Wangge [Siswa Kelas XI IPS SMAK sta. Filomena]
Editor   :  Beny Akoit
Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,9,Bawaslu,2,Beasiswa,4,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Belajar,2,Bisnis,4,Budaya,7,Cerita,8,Cerita Pendek,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Covid-19,4,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,2,Event Hunter Indonesia,1,Featured,5,Features,1,Filosofi Stoisisme,1,Fulan Fehan,1,google classroom,1,Gunung Ile Lewotolok,1,Gunung Meletus,1,Guru,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,3,Hari Kartini,1,Hari Keehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hidroponik,1,Himpunan Mahasiswa Islam,1,HMI,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,17,Hukum Film,1,Influencer,1,Internasional,1,Isak Tangis,1,Islam,1,Kaboax,1,Karir,9,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,2,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Lembata,1,Lomba,3,Lomba Menulis,1,Lowongan kerja,5,Mahasiswa,1,Mama,1,Mandiri Tunas FInance,1,Maret,1,Matematika,1,Membaca,1,Meningkatkan Fokus,1,Menyenangkan,1,Milenial,13,Motivasi,14,MTQ Nasional 28,1,New Normal,1,NTT,5,Olahraga,2,Omnibus Law,1,Opini,133,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paus Fransiskus,1,Pemimpin,1,Pendidikan,20,Pengabdian,1,Perkawinan,1,Pilihan Redaksi,13,Politik,1,Potensi Diri,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,31,Quarter Life Crisis,1,Qudwahits Reborn,1,R.A Kartini,1,Redeskripsi Sastra,1,REFLEKSI,1,Review,1,Revolusi Industri,3,sastra,10,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,SMA 7 September 99 Atambua,3,SMP 7 September 99 Atambua,2,Sociopreneurship,1,Sosial,42,Sumatera Barat,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,3,Teori Psikologi Adler,1,Teroris,1,Terorisme,1,Tips,13,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,Universitas Muhammadiyah Malang,1,Virus Corona,3,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,6,YummyApp,1,zoom,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Mimpi Yang Terhenti Dengan Harapan Yang Besar (Sebuah Catatan Anak Desa)
Mimpi Yang Terhenti Dengan Harapan Yang Besar (Sebuah Catatan Anak Desa)
https://1.bp.blogspot.com/-v_hnNsgTLRY/X5EoQ6gPuVI/AAAAAAAAAyU/nTibEoC999ALLAG0eAQkYOHYIB-pK-HMQCLcBGAsYHQ/pexels-photo-4979027.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-v_hnNsgTLRY/X5EoQ6gPuVI/AAAAAAAAAyU/nTibEoC999ALLAG0eAQkYOHYIB-pK-HMQCLcBGAsYHQ/s72-c/pexels-photo-4979027.jpeg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/10/mimpi-yang-terhenti-dengan-harapan-yang.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/10/mimpi-yang-terhenti-dengan-harapan-yang.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content