Milenial; Kunci Perubahan dan Pelestari Budaya Indonesia

Saat ini dunia tengah berada dalam suatu masa yang disebut sebagai ‘Era Revolusi Industri 4.0”, termasuk negara kita Indonesia tercinta ini....

Saat ini dunia tengah berada dalam suatu masa yang disebut sebagai ‘Era Revolusi Industri 4.0”, termasuk negara kita Indonesia tercinta ini. Dimana pada masa ini teknologi dengan segala macam kecanggihannya memegang peran penting dalam keberlangsungan hidup. Segala bentuk pekerjaan manusia bisa jadi dikendalikan oleh teknologi ini, Teknologi tersebut dapat berupa robot, mesin, bahkan gawai yang sering kita genggam sekalipun. Tidak hanya itu, sektor pekerjaan yang dikendalikan oleh teknologi ini mencakup segala bidang. Meliputi bidang pendidikan, ekonomi, pariwisata, sosial dan budaya, pertanian, politik dan lain sebagainya. 

Jathilan Via Pixabay.com

Bagaikan kedua sisi mata uang logam, hadirnya masa yang hampir dikuasai oleh teknologi ini juga memiliki sisi positif dan negatif. Manusia merasa sangat dimudahkan untuk menyelesaikan pekerjaannya berkat pertolongan kecanggihan teknologi. Namun tidak sedikit pula manusia yang justru malah kehilangan pekerjaan sebab dikalahkan oleh mesin dan seabrek kecanggihan lainnya. Kita tidak bisa memungkiri atau bahkan menolak untuk hidup dalam masa ini, yang mana kita dituntut untuk berinteraksi lebih intensif dengan teknologi. Bahkan terkadang kita sendiri belum sepenuhnya paham akan pengoperasian dan fungsi dari teknologi canggih yang datang di tengah-tengah kehidupan kita ini.

Ramai orang membicarakan tentang mudah dan senangnya hidup di era ini. Pekerjaan mudah dan cepat selesai dengan adanya mesin. Bertukar kabar dan interaksi sosial menjadi lebih efisien dengan adanya gawai. Bahkan pekerjaan berat dan sulit menjadi gampang denga adanya robot mesin yang lihai daripada manusia. Namun demikian, kita tidak boleh abai dengan tantangan yang menghadang semenjak memasuki Era Industri 4.0 ini. Manusia dituntut untuk berdamai dengan teknologi serta hidup berdampingan dengannya. Seolah-olah ia membersamai mulai mata terbuka hingga terpejam kembali.

Ancaman dan tantangan tidak bisa terelakkan dengan peran utama yang disandang oleh teknologi dalam era industri ini. Semua bidang tak luput dari kemutakhirannya. Oleh sebab itu, menyatakan siap dimudahkan oleh teknologi berarti siap pula disulitkan olehnya. Bagaimana tidak? Manusia akan kehilangan sebagian atau bahkan seluruh kendali dalam pekerjaannya yang digantikan oleh teknologi. Begitupula sisi kehidupan lainnya akan merasa ‘asing’ hingga akhirnya hilang dari permukaan.

Kecemasan ini sangat terasa bila kita sejenak mengedipkan mata dari riuh politik dan pasang-surut ekonomi Indonesia. Mari beralih melirik dan memberi perhatian lebih terhadap budaya-budaya Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Statistik Kebudayaan tahun 2019 mencatat bahwa Indonesia memiliki banyak sekali warisan budaya yang sudah selayaknya dijaga dan dilestarikan. Meliputi warisan budaya benda, yaitu cagar budaya sebanyak 2.319 dan museum sebanyak 435. Adapun warisan budaya tak benda, yaitu kain 262, peralatan 1.351, permainan 766, makanan tradisional 1.087, keraton 80, upacara 659, pakaian tradisional 287, cerita rakyat 945, arsitektur rumah 175, tradisi dan ekspresi lisan 102, adat istiadat masyarakat, ritus dan perayaan 209, pengetahuan dan kebiasaan mengenai alam semesta 41, seni pertunjukan 271, kemahiran dan kerajinan tradisional 196 dan masih banyak yang lainnya. Semua warisan budaya ini tidak semestinya dan tidak mungkin berubah dengan digantikan peran oleh teknologi modern. Inilah yang menjadi PR bagi kita semua untuk senantiasa mengangkat dan melejitkan potensi budaya Indonesia di kancah dunia. Lalu bagaimana caranya?

Generasi milenial dan generasi Z digadang-gadang sedang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan Era yang serba teknologi ini. Generasi milenial ialah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga tahun 2000. Sedangkan generasi Z ialah mereka yang lahir paska tahun 2001. Dihitung dari tahun kelahiran mereka, tentu generasi milenial sedang berada dalam usia emas dan puncak dari masa remaja mereka. Hadirnya generasi yang disinyalir membawa perubahan dan mampu membawa Indonesia ke ranah yang lebih baik ini, tentu saja turut memiliki peran penting dalam melestarikan budaya bangsa yang sangat kaya ini. Peran yang dapat ditempati oleh para generasi milenial dalam melestaikan budaya Nusantara ialah:

1. Pelaku Budaya

Generasi milenial meskipun akrab dengan teknologi yang serba canggih, tidak dipungkiri bisa menjadi subjek dari pelestarian budaya Indonesia. Diantara mereka yang lihai di bidang seni dengan memiliki gelar maupun tidak, dapat menekuni dan memperdalam keahlian yang mereka miliki untuk menggantikan posisi kakek-nenek dan buyut mereka yang seharusnya memang sudah pensiun. Seperti halnya pemuda-pemudi di Ponorogo belajar kesenian Reog dengan menjadi penari Jathilan maupun Warok.

2. Penggiat di Sektor Pendukung

Apabila diantara generasi milenial ini tidak mampu menjadi pelaku dari kebudayaan tersebut, mereka mampu bergerak dan aktif di bidang lain yang menjadi pendukung sebuah kebudayaan tertentu. Mereka yang tidak mampu mengolah makanan tradisional bisa menjadi penyedia bahan utama pangan tersebut. Atau mereka yang tidak bisa bertindak langsung dalam sebuah kesenian daerah, bisa menjadi penyedia peralatan dan perlengkapannya. Sehingga jika tidak memungkinkan berperan secara langsung, tetap mampu mendukung lestarinya kebudayaan Indonesia melalui sektor lain yang menjadi pendukungnya.

3. Pencipta Teknologi yang mendukung kebudayaan Indonesia

Peran ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak ingin budaya Indonesia luntur dan terus berkembang dan dikenal dalam bentuk teknologi lain oleh masyarakat yang tidak mampu menjangkaunya. Menciptakan teknologi yang memperkenalkan kekayaan warisan budaya Indonesia ke seluruh penjuru dunia ini bisa dilakukan dengan membuat situs internet ataupun sebuah aplikasi yang memuat ragam budaya Indonesia. Sehingga mampu dinikmati oleh lapisan masyarakat secara lebih luas. Bahkan dapat diakses dari berbagai negara. Hal ini tentu sangat membantu follow up budaya-budaya Indonesia agar lebih diketahui oleh lebih banyak orang.

4. Peran Pemasaran

Peran yang satu ini merupakan peran yang harus dan wajib disandang oleh semua generasi milenial. Caranya sangat mudah dan mereka tidak perlu training untuk melakukannya. Generasi milenial tentu turut aktif dalam kegiatan sosial di dunia maya. Mereka bisa memposting berbagai warisan budaya yang ada di Tanah Air melalui akun-akun media sosial yang mereka miliki. Nampaknya sepele memamerkan gambar-gambar di media sosial. Namun dampaknya sangat luar biasa jika ribuan pasang mata melihat dan ribuan hati penasaran ingin mencari tahu dan mengenal lebih dekat kebudayaan Indonesia. Pemasaran melalui dunia maya memang tengah booming dan dinilai sangat efektif di era digital ini.

Demikianlah beberapa peran yang seharusnya dikuasai oleh generasi milenial di Era Revolusi Industri 4.0 ini. Peran-peran tersebut dirasa sangat mampu melejitkan nama Indonesia, khususnya untuk melejitkan budaya-budaya yang ada di Tanah Air supaya dikenal luas oleh masyarakat dunia. Selanjutnya akan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dan tak kalah untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Penulis : Lilik Iswanti

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,107,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,7,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,19,REFLEKSI,2,Sosial,27,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Milenial; Kunci Perubahan dan Pelestari Budaya Indonesia
Milenial; Kunci Perubahan dan Pelestari Budaya Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-jbgUroobYmc/X4eMdCJc08I/AAAAAAAAAw0/sUiYI85O9AQ6SsuZ99YhMCifg6U-CGf6ACLcBGAsYHQ/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jbgUroobYmc/X4eMdCJc08I/AAAAAAAAAw0/sUiYI85O9AQ6SsuZ99YhMCifg6U-CGf6ACLcBGAsYHQ/s72-c/1.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/10/milenial-kunci-perubahan-dan-pelestari.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/10/milenial-kunci-perubahan-dan-pelestari.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content