Generasi Muda Penggerak Agent of Change dan Agent of Social Control Ekonomi Kreatif

Istilah revolusi industri 4.0 ini muncul ketika pemerintah Jerman memperkenalkan strategi pemanfaatan tekhnologi yang disebut industrie 4.0....

Istilah revolusi industri 4.0 ini muncul ketika pemerintah Jerman memperkenalkan strategi pemanfaatan tekhnologi yang disebut industrie 4.0. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan kemajuan tekhnologi yang sangat pesat, sehingga terjadi perubahan cara hidup, proses kerja dan moralitas secara fundamental. Melalui penerapan tekhnologi modern memberikan perubahan dengan kecepatan eksponensial pada sektor ekonomi, yaitu mengoptimalisasi sektor industri dengan menggunakan technology fibber dan integrated network disetiap aktivitas ekonomi. 

Generasi Muda Milenial Indonesia
Photo : via kejarmimpi.id
The United Nations Industrial Development Organization (UNINDO) menekankan agar kehadiran industri 4.0 bisa meningkatkan perekonomian negara-negara miskin dan berkembang. Sekaligus mendorong terwujudnya agenda-agenda pembangunan seperti yang tertuang dalam the Sustainable Development Goals (SDGS). Di satu sisi, era ini memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, melalui konektivitas dan digitalisasinya meningkatkan kemandirian ekonomi guna memperkuat orientasi kewirausahaan sehingga mencapai kesejahteraan. Namun disisi lain revolusi industri 4.0 menyimpan dampak negatif yaitu menghilangkan banyak ketenagakerjaan karena telah digantikan oleh tekhnologi yang modern. Sehingga meningkatnya angka pengangguran.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah mampu mengatasi dampak negatif dari revolusi industri 4.0 ?. Berdasarkan hal tersebut lahirlah ekonomi kreatif sebagai strategi dalam memasuki industri 4.0. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan bahwa ekonomi kreatif akan menjadi pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.

Ekonomi kreatif merupakan suatu gagasan atau ide yang berpotensi menstimulasi pertumbuhan ekonomi agar dapat menjadi daya ungkit utama bagi peningkatan kesejahteraan masyrakat. Menurut Badan dan Pusat Statistik, nilai tambah dari sektor ekonomi kreatif meningkat tiap tahunnya. Selama periode 2010-2014 angka pertumbuhannya mencapai 5,81%. Digital Startup berperan penting dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Milenial dan generasi Z merupakan tumpuan dalam pengembangan ekonomi kreatif diera revolusi industri 4.0. Mileneal bertumbuh diera internet booming dan generasi Z lahir dimana tekhnologi digital sudah menjadi budaya global. Melalui digitalisasi yang merambah disetiap aspek kehidupan, milenial dan generasi Z dipastikan akan membawa tranformasi dari setiap sektor termasuk sektor ekonomi. Sehingga kedua generasi ini harus bekerja sama dan berperan sebagai agent of change dan agent of social control.

Milenial dan generesi Z berperan sebagai agent of change yaitu membawa sebuah tanformasi dengan gagasan atau pemikiran kreatif dan inovatif kearah yang lebih baik lagi. Namun sebelum melakukan perubahan tersebut, kedua generasi harus mampu menjadi seseorang yang berintelektual idealik, dimana ia harus cenderung pada kebenaran. Maka dari itu terjadilah sebuah perubahan yang sejatinya memberikan dampak positif.

Milenial dan generasi Z berperan sebagai agent of social control ialah bagaimana kedua generasi ini mampu menempatkan dirinya pada era revolusi industri sekarang ini. Artinya, pada kondisi ini generasi muda menjadi rekan pemerintah dalam upaya mewujudkan efektifitas dan pengembangan ekonomi kreatif. Mengoptimalkan digital startup supaya mampu bersaing menjadi go international merupakan implementasi yang dilakukan sebagai agent of social control.

Digital startup identik dengan dengan unicorn. unicorn merupakan terobosan baru dari pengembangan ekonomi kreatif dan sangat berpengaruh untuk mengdongkrak perekonomian. Unicorn juga merupakan jalan untuk mengatasi dampak negatif dari revolusi industri 4.0. kehadiran unicorn bukan hanya sekedar mencari profit melainkan dapat mencipatakan lapangan pekerjaan dan membantu UMKM.

Sebagai agent of social control, milenial dan generasi Z berperan aktif dalam melahirkan dan mengembangkan unicorn yang mampu bersaing secara internasional di era revolusi industri 4.0. Lantas hal apa yang harus dilakukan milineal dan generasi Z ?.

Memiliki motivasi dan tekad merupakan langkah pertama dalam menjalankan sebuah bisnis digital. Adanya kedua hal tersebut maka generasi muda fokus terhadap tujuannya yaitu mewujudkan bisnis startup yang go international. Kedua, harus memiliki originalitas ide dan inovasi. Faktor ini sangat penting untuk menarik investor yang akan menanamkan modalnya pada bisnis yang dirintis. Ketiga, membuat perencanaan dan persiapan yang matang untuk menjalankan sistem bisnisnya. Hal ini memudahkan untuk dapat melihat segmentasi pasar dan melihat kompetitor. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu strategi pemasaran yang meliputi target pasar, menentukan waktu kegiatan pemasaran digital dan menentukan kanal online untuk promosi. Kemudian memilih dan menentukan brand untuk menarik konsumen.

Generasi muda yang melek akan tekhnologi harus membangun ekonomi dengan melahirkan unicorn-unnicorn baru dan mengembangkan menjadi go international. Sehingga akan tercipta ekonomi Indonesia yang berbasis ekonomi digital. Karena ekonomi digital inilah yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju dalam sektor industri 4.0.

Penulis : Cyndy Romarizka
Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,9,Bawaslu,2,Beasiswa,4,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Belajar,2,Bisnis,4,Budaya,7,Cerita,8,Cerita Pendek,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Covid-19,4,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,2,Event Hunter Indonesia,1,Featured,5,Features,1,Filosofi Stoisisme,1,Fulan Fehan,1,google classroom,1,Gunung Ile Lewotolok,1,Gunung Meletus,1,Guru,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,3,Hari Kartini,1,Hari Keehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hidroponik,1,Himpunan Mahasiswa Islam,1,HMI,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,17,Hukum Film,1,Influencer,1,Internasional,1,Isak Tangis,1,Islam,1,Kaboax,1,Karir,9,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,2,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Lembata,1,Lomba,3,Lomba Menulis,1,Lowongan kerja,5,Mahasiswa,1,Mama,1,Mandiri Tunas FInance,1,Maret,1,Matematika,1,Membaca,1,Meningkatkan Fokus,1,Menyenangkan,1,Milenial,13,Motivasi,14,MTQ Nasional 28,1,New Normal,1,NTT,5,Olahraga,2,Omnibus Law,1,Opini,133,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paus Fransiskus,1,Pemimpin,1,Pendidikan,20,Pengabdian,1,Perkawinan,1,Pilihan Redaksi,13,Politik,1,Potensi Diri,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,31,Quarter Life Crisis,1,Qudwahits Reborn,1,R.A Kartini,1,Redeskripsi Sastra,1,REFLEKSI,1,Review,1,Revolusi Industri,3,sastra,10,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,SMA 7 September 99 Atambua,3,SMP 7 September 99 Atambua,2,Sociopreneurship,1,Sosial,42,Sumatera Barat,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,3,Teori Psikologi Adler,1,Teroris,1,Terorisme,1,Tips,13,Trash Hero Belu,1,Travel,10,Tuhan Bangkit,1,Universitas Muhammadiyah Malang,1,Virus Corona,3,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,6,YummyApp,1,zoom,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Generasi Muda Penggerak Agent of Change dan Agent of Social Control Ekonomi Kreatif
Generasi Muda Penggerak Agent of Change dan Agent of Social Control Ekonomi Kreatif
https://1.bp.blogspot.com/-UOdM9l_cPkY/X4_aXd_GucI/AAAAAAAAAyA/1521O5N-WjEEwFwY7aoUGvzMHepwWxxgQCLcBGAsYHQ/w640-h224/large_20190930075341.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UOdM9l_cPkY/X4_aXd_GucI/AAAAAAAAAyA/1521O5N-WjEEwFwY7aoUGvzMHepwWxxgQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h224/large_20190930075341.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/10/generasi-muda-penggerak-agent-of-change.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/10/generasi-muda-penggerak-agent-of-change.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content