Urgensi Socioprenuership dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 bukan istilah baru untuk dunia kekinian. Revolusi industri 4.0 memang telah digaungkan jauh sebelum pandemi datang. RI...

Revolusi Industri 4.0 bukan istilah baru untuk dunia kekinian. Revolusi industri 4.0 memang telah digaungkan jauh sebelum pandemi datang. RI 4.0 pertama kali diperkenalkan oleh European Parliamentary Research Service. Oleh sebab itu, dikarenakan dampak global pandemi covid-19 menyebabkan revolusi industri 4.0 terkesan di paksakan. Karena semua aspek lini kehidupan hampir dilakukan dnegan sistem virtual.
Socioprenuership dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Via Pexels.com

Apakah dengan semua sistem kehidupan akan lebih efektif jika menggunakan teknologi. Side-effect seperti apa yang ditimbulkan jika terlalu sering dengan sistem digitalisasi. Maka tak heran jika pada RI 4.0 identik dengan masa big data. Segala koneksitivitas kegiatan sehari-hari akan dikontrol oleh digital.

Dalam berbagai aspek kehidupan Indonesia telah melakukan revolusi digital besar-besaran. Semenjak #dirumahaja menjadi trending di Indonesia. Hal ini membuat segala aspek kehidupan juga beralih dan bergeser dengan menggunakan program virtual. Riset yang dilakukan oleh Hadi Prasetyo menunjukkan bahwa dengan adanya revolusi industri 4.0 ini akan menyebabkan dampak perubahan pada sistem kerja. Berikut dibawah ini data yang didapatkan dari hasil riset sistematis.
 
Side-effect ditimbulkan oleh sistem digitalisasi ialah terjadi perubahan sosial secara besar-besaran. Ketika program virtual dapat menggantikan peran sosial diantara sesama manusia. Keuntungan lain yang dirasakan dengan kemajuan RI 4.0 yakni mengoptimalkan berita terkini tentang kondisi manusia di seluruh dunia. Salah satu berita yang biasa kita dengar ialah perjuangan rakyat dalam menghadapi covid-19

Socioprenuership sekarang semakin marak dan sudah banyak berkembang dalam upaya memberikan dukungan baik moral maupun moril. Hal ini memberikan dampak yang besar dalam upaya menanggulangi permasalahan yang terjadi pada saat pandemi seperti ini. Rakyat masih sangat kurang dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Terutama ketika musim dingin tiba. Udara yang seolah menusuk hingga tulang rusuk. Demikian hal tersebut tidak menyurutkan semangat rakyat untuk terus memperjuangkan segala kebutuhannya.
Peran millenial sangat diperlukan sebagai estafet perjuangan para pendahulu. Sudah begitu banyak mereka yang berperan. Tentu dengan tujuan dan niat yang sama, karena mengharap ridho Allah Ta'ala agar rakyat segera bebas dari dampak covid-19.

Urgensi Sociopreneurship di kalangan millenial sangatlah penting, mengingat bahwa pada merekalah estafet perjuangan akan digulirkan. Sudah banyak contoh para kalangan milenial yang sudah bergerak dengan bidang sosialnya. Beberapa diantaranya ada yang membuat celengan untuk Palestina, pin, baju, jilbab bertema Palestina serta marchindise bertemakan Palestina. Dengan penuh harapan hasil penjualan bisa meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina. Tidak perlu besar dulu untuk membantu sesama. Kita bisa melakukan hal kecil terlebih dahulu di lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Semoga dengan niat baik dan tulus mampu membuat Allah ridho kepada kita.

Kita telah memasuki sebuah era yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari. Para ahli sepakat, era tersebut ialah era digital. Kemajuan teknologi yang semakin pesat tidak mampu dibendung. Sehingga, setiap saat kita harus mengikuti pola perkembangan zaman serba digital. Berdasarkan data statista pada tahun 2019 melaporkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia mencapai 28% dari total penduduk Indonesia. Kecanggihan yang terdapat dalam smartphone dapat dirasakan oleh penggunanya. Kemudahan tersebut salah satunya ialah memudahkan kita dalam menyalurkan bantuan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sistem daring (dalam jaringan) juga salah satu kemudahan yang dapat kita rasakan manfaatnya. Kita bisa kapan saja berdonasi ke komunitas, yayasan amal atau pos-pos bantuan untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan dan berhak menerimanya. Ditambah dengan gencarnya perkembangan sosial media membuat masyarakat atau netizen semakin dimudahkan untuk menyalurkan sedekahnya.

Kesadaran akan urgensinya socioprenuership akan membuat millenial lebih mengoptimalkan kembali fungsi digital dengan lebih efektif. Terutama untuk membuat konten-konten positif. Seperti mendukung upaya untuk menggencarkan bantuan kepada rakyat yang terkena dampak covid-19 yang paling krusial seperti pedagang kecil dan rakyat kurang mmapu. Serta dapat menolong sesama yang sudah kesusahan. Terutama dimasa-masa pandemi ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai kecanggihan akses RI 4.0 dengan sebaik-baik peran yang akan diperjuangkan.

Penulis : Nurzamaliah Afifah
Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,111,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,8,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,21,REFLEKSI,2,Review,1,Sosial,28,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,YummyApp,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Urgensi Socioprenuership dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Urgensi Socioprenuership dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
https://1.bp.blogspot.com/--oKeM9wRm7E/X2MDEYOtLWI/AAAAAAAAAsE/YClPiWfI0fwVHtSLEeAQ3uXy--5hKZhVQCLcBGAsYHQ/pexels-photo-4050320.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/--oKeM9wRm7E/X2MDEYOtLWI/AAAAAAAAAsE/YClPiWfI0fwVHtSLEeAQ3uXy--5hKZhVQCLcBGAsYHQ/s72-c/pexels-photo-4050320.jpeg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/09/urgensi-socioprenuership-dalam.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/09/urgensi-socioprenuership-dalam.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content