(KKN-DR) Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Hanya Sebatas Formalitas Saja?

Tri Dharma perguruan tinggi ada tiga, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat. Itu merupaka...

Tri Dharma perguruan tinggi ada tiga, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat. Itu merupakan asas yang harus dipegang teguh oleh setiap insan akademik di kampus. Berangkat dari tridarma atau tiga kewajiban itu mahasiswa selaku pelakon pendidikan di perguruan tinggi dituntut untuk memiliki sikap dapat memajukan peradaban bangsa secara pasti.

(KKN-DR) Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah
Via http://sevima.com
Fokus utama yang akan penulis kaji dari ketiga darma itu adalah yang terakhir yakni pengabdian kepada masyarakat. Hal itu berkaitan dengan diadakannya program pengabdian atau lebih akrab disebut KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Baca Juga : Katanya Millenial, Tapi Kok Berkebun?

KKN kali ini adalah KKN edisi khusus yang diadakan sebagian kampus di Indonesia karena terdapat tambahan dua kata Dari Rumah yang membuat sistem pelaksanaannya berubah. KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah). Berdasar pengalaman yang dialami oleh penulis, kebetulan penulis merupakan peserta KKN-DR 2020, terdapat banyak sekali kekurangan pada kegiatan ini. Mulai dari sisi teknis pelaksanaannya hingga sisi materinya.

Kekurangan KKN-DR 2020
Jika ditilik tujuan dari diadakannya, kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan manifestasi dari pengabdian mahasiswa sekaligus penyaluran kepedulian mahasiswa terhadap kaum yang ‘lemah pendidikan’ maupun masyarakat yang terpinggirkan.

Konotasi dari kata ‘Dari Rumah’ membuat value (nilai) yang ditonjolkan KKN itu sendiri menjadi berkurang. Pasalnya bukan hanya melakukan pengabdian dari rumah namun juga semua kegiatan pengabdiannya dilaksanakan dengan cara daring.Itu membuat esensi dari pengabdian kepada masyarakat tak lagi ada namun pada tataran lapangan KKN DR ini hanya sekadar formalitas saja.

Belum lagi tentang dana KKN yang pastinya itu ada setiap tahunnya tetapi kali ini mahasiswa sulit untuk mendapatkan fasilitas itu.  Mahasiswa yang harusnya dituntut untuk peka terhadap lingkungan sosial kini tak lagi bisa dilakukan, karenanya jangan heran kalau alumni KKN DR tidak peka terhadap fenomena sosial kemasyarakatan pada tingkat akar rumput.

Pengabdian Tanpa Batas
Sementara orang banyak yang memiliki pemikiran pro maupun yang kontra, itu merupakan opini masing-masing orang. Irama Kuliah Kerja Nyata sudah dimainkan dan mahasiswa diwajibkan untuk bekerja untuk terjun di dunia maya.

Jika ditinjau dari segi perkembangan dan kemajuan teknologi, dunia maya atau lebih enak dibilang media sosial penting sekali kaum terdidik masuk dan melakukan edukasi terhadap masyarakat penghuni dunia maya.

Berdasar data yang dikeluarkan oleh We Are Social Hootsuite (januari 2019), pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai angka 150 juta pengguna dengan rata-rata penggunaan internet 8 jam per-hari. Jumlah itu sangat potensial sekali bagi para mahasiswa mengabdikan dirinya untuk mencerahkan pendidikan dibidang apa pun itu di tengah pesatnya arus informasi.

Dengan digunakannya sosial media sebagai ajang untuk mengabdikan dirinya sebenarnya itu merupakan peluang besar bagi mahasiswa guna menambah jangkauan kreativitasnya daripada sebelumnya. Dengan KKN ini mahasiswa dapat membangun kanal Youtube misalnya yang notabene hampir semua kalangan menggunakannya. Mahasiswa dapat membuat konten semenarik mungkin. Di samping dapat mengedukasi masyarakat, mahasiswa juga bisa dapat gaji dari situ nantinya jika sudah mencapai syarat-syarat untuk bisa di monetisasi atau jelasnya digaji oleh Youtube.

Baca Juga : Youtuber Sebagai Profesi Menggiurkan Di Era Saat Ini

Menariknya lagi dengan kita berselancar di media sosial, kita juga bisa sekaligus melakukan penelitian bagaimana perilaku masyarakat di situ, apakah karakter seseorang sama dengan karakternya di dunia nyata, dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan penelitian. Dan itu bisa diangkat sebagai judul oleh peserta KKN DR yang rata-rata sudah memasuki semester 7.

Untuk itu semangat KKN konvensional harus di tunjukkan para peserta KKN DR karena kegiatan KKN kali tak mudah bagi mahasiswa. Tak sedikit pula mahasiswa yang kecewa dengan sistem yang dibuat oleh kampus ini ditentang dengan membentuk kelompok sendiri bersama teman-teman yang ada di sekitar daerah domisilinya. Dan mereka melakukan kegiatan KKN DR ini sebagaimana KKN biasanya, langsung ke masyarakat misal ke sekolah-sekolah, mengadakan kegiatan di lingkungan sekitar. Pada akhirnya juklak dan juknis dari kampus hanya dijadikan formalitas saja.

Namun tak bisa dipungkiri pula, bahwa dampak dari covid-19 memang sangat besar termasuk terhadap sistem yang ada di perguruan tinggi. Penulis berharap pada semua teman-teman mahasiswa yang menjalani KKN-DR ini bisa melaksanakan tugas yang mulia ini sebaik mungkin di samping dengan segala kekurangannya.

Penulis : Ahmad Afandi Muhaimin

Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,111,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,8,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,21,REFLEKSI,2,Review,1,Sosial,28,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,YummyApp,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: (KKN-DR) Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Hanya Sebatas Formalitas Saja?
(KKN-DR) Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Hanya Sebatas Formalitas Saja?
https://1.bp.blogspot.com/-FUuaEOr6etU/X02-69lZI0I/AAAAAAAAAoU/dSBiZT_AQsYWqNenxNHubRuvV_w5SpZ_wCLcBGAsYHQ/s640/KKN%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FUuaEOr6etU/X02-69lZI0I/AAAAAAAAAoU/dSBiZT_AQsYWqNenxNHubRuvV_w5SpZ_wCLcBGAsYHQ/s72-c/KKN%2B1.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/09/kkn-dr-kuliah-kerja-nyata-dari-rumah.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/09/kkn-dr-kuliah-kerja-nyata-dari-rumah.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content