Rehat Sejenak dari Aktivitas Keseharian : Mari Menebar Afeksi Untuk Bumi Pertiwi

Dunia saat ini sedang mengalami pandemi virus corona yang sangat mengkhawatirkan. Seluruh aktivitas manusia seakan terhenti akibat dari vir...

Dunia saat ini sedang mengalami pandemi virus corona yang sangat mengkhawatirkan. Seluruh aktivitas manusia seakan terhenti akibat dari virus yang berbahaya tersebut. Namun dibalik itu, manusia kini juga mulai menyadari bahwa tempat hunian mereka mulai tidak bersahabat. Banyak sekali bencana dan wabah yang muncul akibat alam sudah mulai kehilangan keseimbangannya. 

Corona mengajarkan kita untuk rehat sejenak dalam aktivitas keseharian dengan menebar afeksi terhadap lingkungan. Ajaran agama jauh hari, beberapa abad lalu, telah mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan pola hidup sehat dengan memakan makanan yang bersih dan tidak mendatangkan penyakit. Karena penyebab pertama virus ini bemula dari memakan hewan yang mengandung virus mematikan. Semua itu hanya bisa dilawan dengan perilaku hidup bersih dan memelihara diri untuk selalu hidup sehat. 
Via Pixabay.com
Virus corona yang telah menjadi pandemi dunia ini memberikan peringatan dan pembelajaran kepada masyarakat kita, bahwa kebersihan adalah bagian dari perilaku hidup saleh. Faktanya dapat kita lihat pada saat sekarang ini. Begitu banyak anjuran untuk menjaga kebersihan, menjaga pola makan, dan selalu mencuci tangan. Tetapi, melihat realita yang terjadi sebelumnya dapat kita lihat betapa apatis nya manusia dalam menjaga kebersihan.

Contoh kecilnya saja, kita sering membuang sampah sembarangan dan menebang pohon-pohon yang menjadi sumber vital kita dalam kehidupan ini. Tidakkah kita lihat realitanya bahwa semakin hari bumi pertiwi menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang parah. Banyak orang yang berbicara pemanasan global, juga banyak gerakan-gerakan untuk mengurangi sampah di berbagai tempat dan menjaga kebersihan air.

Namun, usaha dalam mengurangi kerusakan hanya membuahkan hasil yang sedikit. Hutan masih difungsikan sebagai mebel yang kita gunakan dan bahan bakar fosil kita gunakan untuk transportasi kita. Demi mencapai situasi lingkungan yang baik, kita perlu bertindak dengan lebih cerdas, efektif, dan efisien.Untuk mencari solusi dari masalah ini, kita harus tahu apa dari kerusakan lingkungan kita ini.Yang menjadi akar utama dari kerusakan lingkungan kita adalah kurangnya pendidikan. Kerusakan lingkungan hidup tidak hanya merugikan manusia, namun juga merugikan makhluk hidup lain di bumi.

Hewan akan banyak yang punah, karena kemampuan menyesuaikan diri mereka sangat kurang dibandingkan dengan manusia. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa lingkungan menjadi rusak. Menurut berbagai pakar, kerusakan lingkungan lebih disebabkan oleh perilaku manusia yang eksploitatif. Jika perilaku ekologis sebelumnya bersifat etis-estetik dalam bingkai moralitas, yang diwujudkan dengan tetap berupaya menjaga keharmonisan manusia dengan lingkunganya, maka orang-orang modern yang kapitalis berperilaku pragmatis, eksploitatif dan teknokratis dalam menggunakan dan menggembangkan lingkungan alam.
Via Pixabay.com
Bagaimana upaya kita dalam menebar kasih sayang untuk bumi ini?
Di tengah pandemi ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk menebar kasih sayang untuk bumi pertiwi ini dengan bermesraan dengan lingkungan kita. Kita harus berusaha untuk mencintai lingkungan kita, minimal lingkungan tempat tinggal kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk bermesraan dengan lingkungan salah satunya menebar bibit tanaman untuk kehidupan kita yang akan datang. Sebagaimana sabda Nabi, “Tidaklah seorang muslim menanam sebuah pohon atau sebuah tanaman, kemudian dimakan oleh burung, manusia, atau binatang, melainkan ia akan mendapat pahala sedekah”(HR. Al-Bukhari). Untuk itu, budaya mencintai lingkungan harus kita pupuk terus setiap harinya. Budaya mencintai lingkungan harus semakin ditumbuhkan. Pasalnya, lingkungan adalah rumah para makhluk hidup termasuk manusia. Bila lingkungan bersih akan memberi suasana nyaman dan hidup pun sehat. Namun, ketika lingkungan kita tidak terawat dengan baik, maka yang terjadi kita tak betah untuk tinggal dan juga berakibat mudahnya penyebaran penyakit menjangkit tubuh.

Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu semakin menumbuhkan cinta pada lingkungan. Lingkungan ini adalah milik kita untuk dikuasai sekaligus dirawat dengan baik dan bukan untuk dicemari. Maka semua pihak harus turut andil dalam melestarikan lingkungan tanpa terkecuali. Bila kita menumbuhkan cinta lingkungan akan semakin membuat negeri kita menjadi asri dan lestari. 2 Mei 2020 yang lalu, Menteri Pendidikan kita Nadiem Anwar Makarim telah memberikan kita sebuah pedoman dalam bertindak dalam masa pandemi ini, salah satunya dengan menjaga kebersihan. “Kita dituntut untuk belajar mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan, kebersihan dan norma-norma kemanusian,” kata Nadiem Makarim.

Menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan bukan hanya di masa krisis ini, tapi juga saat krisis ini telah berlalu. Saatnya kita berinovasi, bereksperimentasi dan mendengarkan hati nurani kita dengan belajar melalui Covid-19 ini. Tuhan telah mengisyaratkan untuk kita berdiam diri di rumah, bermesraan dengan Nya dengan mengagunkan Nya. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk rehat sejenak dari aktivitas keseharian yang membuat kita lupa akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, salah satunya dengan menebar afeksi melalui bumi pertiwi ini.

Penulis : Suci Kurnia Putri [Mahasiswa Universitas Negeri Padang]
Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,107,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,7,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,19,REFLEKSI,2,Sosial,27,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Rehat Sejenak dari Aktivitas Keseharian : Mari Menebar Afeksi Untuk Bumi Pertiwi
Rehat Sejenak dari Aktivitas Keseharian : Mari Menebar Afeksi Untuk Bumi Pertiwi
https://1.bp.blogspot.com/-BwqXt95-m8s/XytsJEAZ-CI/AAAAAAAAAfU/WPfO7NeZs5gNjyQy4ZIIqg-JLvFSXPe4wCLcBGAsYHQ/s640/123.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BwqXt95-m8s/XytsJEAZ-CI/AAAAAAAAAfU/WPfO7NeZs5gNjyQy4ZIIqg-JLvFSXPe4wCLcBGAsYHQ/s72-c/123.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/08/rehat-sejenak-dari-aktivitas-keseharian.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/08/rehat-sejenak-dari-aktivitas-keseharian.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content