Komunitas Care And Share : Sudah Saatnya Kita Bergerak !

Saat ini, dunia sedang mengalami perubahan yang signifikan. Contohnya adalah revolusi industri yang semakin hari, semakin berkembang pesat. ...

Saat ini, dunia sedang mengalami perubahan yang signifikan. Contohnya adalah revolusi industri yang semakin hari, semakin berkembang pesat. Hingga saat ini, revolusi industri telah mencapai pada era revolusi industri 4.0. IOT atau internet of thing menjadi hal utama dalam era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 memaksa manusia untuk masuk dalam perkembangan teknologi. Golongan manusia yang paling terkena pengaruh adalah para generasi millenial dan generasi Z.

Kekompakan, Komunitas, Pemuda, Milenial, Bergerak, Bersatu
Via Pexels.com
Dengan berkembangnya revolusi industri, manusia semakin dimudahkan untuk melakukan segala aktivitas, berbelanja yang biasanya mengharuskan kita untuk keluar rumah, kini bisa dilakukan dengan sekali klik melalui layar ponsel, dulu jika ingin mencari informasi dan berita, kita harus membeli koran terlebih dahulu. Namun, dengan kecanggihan teknologi kita bisa mengakses informasi dan berita dimanapun dan kapanpun, entah itu berita kesehatan atau yang berhubungan dengan politik. Namun, dibalik kemudahannya, revolusi industri 4.0 ini menyimpan banyak dampak negatif. Salah satu dampak tersebut adalah, maraknya hoax yang tersebar akibat kemudahan dalam penyebaran informasi. 

Bergerak Melawan Hoax
Dewasa ini, sangat banyak informasi palsu atau hoax yang tersebar di sosial media. Salah satunya adalah hoax yang berhubungan dengan berita politik. Politik selalu menjadi topik yang hangat untuk dibahas. Oleh karena itu, para penyebar hoax sangat suka menyebarkan hoax yang mengarah ke isu politik. Generasi Z dan millenial adalah golongan manusia yang kemungkinan besar mampu menyebarkan hoax. Kenapa? Karena generasi millenial dan generasi Z lahir di era yang sudah modern, seperti era revolusi industri 4.0 yang saat ini sudah berlangsung.

Generasi Z dan milenial yang seperti apa yang akan menyebarkan hoax? Mereka yang ingin mencari sensasi di dunia maya dan yang terlalu berlebihan menanggapi isu politik. Generasi Z dan millenial memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, oleh karena itu terkadang untuk memuaskan rasa ingin taunya, mereka membuat spekulasi-spekulasi yang mereka anggap benar. Kemudian, spekulasi yang mereka anggap benar ini disebarkan ke media sosial. Mereka yang tidak bisa menyaring informasi langsung memercayai saja spekulasi yang disebar itu. Orang yang memercayai hal tersebut, akan membagikan hoax tersebut kepada orang lain, sehingga tersebarlah hoax itu. Sangat disayangkan sekali, bukan? Para generasi millenial dan generasi Z yang seharusnya diharapkan mampu lebih bijak dalam menggunakan teknologi, malah melakukan hal yang sebaliknya.

Ada beberapa langkah pemerintah untuk memerangi berita hoax, yang pertama yaitu mengadakan kerjasama dengan perusahaan platform seperti Google, Facebook, Twitter dan Youtube untuk menghentikan iklan atau portal-portal yang menebar fitnah. Dan yang telah dilaksanakan yaitu membuat undang-undang mengenai penyebaran berita hoax, diantaranya UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika, UU No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana bagi penyebar berita bohong. Selain itu ada juga polisi sosial media yang bertugas untuk membasmi cybercrime. Dalam kasus ini polisi sosial media berfungsi untuk melakukan penegakan hukum terutama dengan peraturan yang terkait dengan informasi transaksi elektronika. Namun, masih saja ada banyak orang yang menyebarkan berita hoax. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan peraturan tersebut dan mengancam siapapun yang menyebarkan berita hoax akan dipenjara selama 6 bulan. Masih banyaknya tersebar berita hoax merupakan bukti bahwa upaya pemerintah ini masih belum berhasil diterapkan. 

Seharusnya generasi millenial dan generasi Z mampu memilah dan menanggapi informasi dan berita dengan lebih kritis lagi, tidak langsung menelan informasi itu bulat-bulat. Terutama informasi dan berita yang berhubungan dengan politik, karena hal ini merupakan hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Revolusi industri 4.0 ini sudah banyak memberikan dampak bagi para generasi millenial dan generasi Z. Oleh karena itu, kunci dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 adalah selain menyiapkan kemajuan teknologi, di sisi lain perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia yang selektif dan kritis agar dampak negatif dari perkembangan teknologi dapat ditekan.

Komunitas Care And Share
Lalu, bagaimana caranya? Hal ini dapat diwujudkan melalui cara yang cukup mudah, yaitu dengan membentuk komunitas care and share. Dalam bahasa indonesia, care and share memiliki makna saling peduli dan berbagi. Bagaimana maksudnya? Diantara millenial dan generasi Z yang suka menyebarkan hoax, pasti masih ada yang peduli tentang pencegahan berita hoax. Mereka yang masih peduli inilah yang akan saling berbagi ilmu mengenai cara pintar bersosial media dalam wadah komunitas care and share untuk para millenial dan generasi Z yang ingin memerangi hoax. Komunitas ini menggunakan konsep dari pemuda untuk pemuda.

Di dalam komunitas ini, mereka akan saling berbagi ilmu dan cara membedakan berita asli dan berita palsu, etika publikasi, serta mengajarkan cara mengutip sesuatu dari sebuah artikel. Informasi dan berita yang dibahas adalah jenis berita apapun, utamanya informasi dan berita politik. Kenapa berita politik? Karena berita politik adalah berita yang memili tingkat sensitif paling tinggi, jika ada berita hoax tentng isu politik, akan terjadi kesalah pahaman yang besar antara petinggi negara dan masyarakat. Oleh karena itu, cara membedakan berita politik asli dan palsu sangat penting diketahui.

Komunitas ini dapat dibuka untuk umum, yang artinya siapapun dapat mengikuti komunitas ini, khususnya para millenial dan generasi Z. Mereka yang tergabung dalam komunitas inilah yang akan menjadi pelopor memerangi berita hoax. Mereka akan menyebarkan bermacam informasi untuk memerangi berita hoax melalui media sosial seperti instagram. Disetiap komunitas, tentu terdapat pemimpin. Pemimpin di komunitas ini akan dijuluki sebagai Duta. Duta ini bertugas untuk menyosialisasikan bahayanya berita hoax dan merugikannya menjadi penyebar berita hoax kepada para generasi millenial dan generasi Z. Sehingga, semakin banyak generasi millenial dan generasi Z yang memahami bagaimana bahayanya berita hoax dan betapa merugikannya menjadi penyebar berita hoax.

Sebagai generasi yang terlahir di era revolusi industri 4.0 yang serba modern ini, sudah seharusnya kita menjadikan kelebihan ini sebagai alat untuk memerangi hal-hal negatif. Salah satunya memerangi berita hoax. Bukan sebaliknya, hal ini malah dijadikan sebagai alat untuk menyebarkan hal-hal negatif. Sudah seharusnya kita menjadi generasi yang kritis dalam menanggapi suatu berita dan informasi. Ada banyak cara untuk menyebarkan hal-hal positif dengan memanfaatkan kemajuan era revolusi industri 4.0, salah satunya dengan komunitas ini. Kita adalah penerus bangsa, oleh karena itu, sebagai generasi millenial dan generasi z, mari tingkatkan cara berpikir kritis dan sifat selektif kita dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jika tidak sekarang, kapan lagi? Jika bukan kita, siapa lagi?

Penulis : Destia Alfitri Handayani Sumadi
Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,12,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,103,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,5,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,17,REFLEKSI,2,Sosial,24,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Komunitas Care And Share : Sudah Saatnya Kita Bergerak !
Komunitas Care And Share : Sudah Saatnya Kita Bergerak !
https://1.bp.blogspot.com/-B7-EV1KMLDw/X0DqiTMFnkI/AAAAAAAAAks/ypusen6-U-8NcStGz4jHSSSDwgey55YMACLcBGAsYHQ/s640/pexels-dio-hasbi-saniskoro-3280130.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-B7-EV1KMLDw/X0DqiTMFnkI/AAAAAAAAAks/ypusen6-U-8NcStGz4jHSSSDwgey55YMACLcBGAsYHQ/s72-c/pexels-dio-hasbi-saniskoro-3280130.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/08/komunitas-care-and-share-sudah-saatnya.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/08/komunitas-care-and-share-sudah-saatnya.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content