Youtuber sebagai Profesi Menggiurkan di Era Saat Ini

Siapa yang tidak mengenal internet ? Hampir semua kalangan mengakses internet, baik tua maupun muda. Pengguna internet di Indonesia berada ...

Siapa yang tidak mengenal internet ? Hampir semua kalangan mengakses internet, baik tua maupun muda. Pengguna internet di Indonesia berada pada rentang tahun 16 sampai 64 tahun. Selain itu, angka tertinggi dalam mengakses internet adalah pengguna sosial media di Indonesia sebanyak 160 juta. Menurut data yang dilansir oleh databoks.katadata.co.id, youtube adalah sosial media yang paling sering digunakan di Indonesia dan persentase penggunaannya sebanyak 88 persen. 

Saat ini, youtube sedang naik daun. Banyak stasiun televisi yang juga memiliki kanal youtube resmi. Biasanya kanal youtube resmi milik stasiun televisi mengunggah kembali tayangan yang telah ditayangkan di televisi agar yang belum sempat menonton di televisi, bisa menonton di youtube. Ada pula platform digital seperti kumparan.com, vice.com, dan narasi.tv memiliki kanal youtube. Ketiganya mengunggah konten – konten yang ada di platform-nya agar orang tertarik untuk mengunjungi platform digital mereka.
Via Pixabay.com
Pengaruh Youtube 
Jumlah pengguna youtube sebanyak 140 juta orang membuktikan bahwa youtube adalah platform digital yang saat ini paling diminati. Bahkan youtube penonton youtube hampir melampaui penonton televisi. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Google dan Kantar TNS pada Januari 2018, dari 1500 responden sebanyak 53 persen menonton youtube dan 57 persen menonton televisi.

Pengaruh youtube sangat berpengaruh pada anak – anak. Dewasa ini, banyak anak –anak SD yang bercita - cita ingin menjadi youtuber. Penulis beberapa pernah bertanya apa cita – cita anak – anak yang ada di daerah sekitar rumah saya. Dari lima anak, dua di antaranya ingin menjadi youtuber. Perubahan cita – cita anak- anak ini sangat berkaitan erat dengan semakin mudahnya internet untuk diakses. Oleh karena itu, jiwa zaman anak – anak saat ini sangat berbeda dari anak dengan umur yang sama di 10 tahun yang lalu .

Dengan pengguna 140 juta, youtube menjadi ladang cuan yang menggiurkan. Setiap youtuber membuat konten yang menarik agar meningkatkan viewer dan subcriber. Konten dari setiap youtuber pun beragam tergantung dari konsep yang diusung oleh sang youtuber. Misalnya kanal youtube Nihongo Mantappu milik youtuber Jerome Polin Sijabat berisi pengetahuan umum, belajar bahasa Jepang, review makanan, dan vlog kesehariannya dengan teman kampusnya yang disebut Waseda Boys. Jerome mengemas pengetahuan dalam konten youtube-nya dengan lucu, sehingga banyak viewers yang menyukai kontennya.

Berburu Keuntungan Dari Google Ad Sense

Lalu darimana keuntungan youtuber dari kontennya ? Youtuber mendapatkan keuntungan dari iklan yang yang dipasang youtube di video mereka. Semakin banyak viewers-nya maka semakin bertambah pula keuntungan yang youtuber dapat. Agar iklan dapat dipasang di konten youtube, konten harus menarik dan mengunggahnya dengan teratur. Konten youtube tidak serta-merta mendapat dipasangkan iklan begitu saja. Pemilik kanal youtube harus mengaktifkan monetitasi dan minimal 10.000 views. Monetasi adalah fitur untuk mengizinkan iklan di pasang di kanal youtube kita. Oleh karena itu, banyak youtuber yang meminta kepada penontonnya untuk like dan subscribe kanal youtube mereka serta membagikan konten mereka di youtube di sosial media penonton. Hal ini agar semakin banyak orang yang tertarik untuk menonton kanalnya. Semakin dikenal, semakin banyak orang yang menonton. Keuntungan untuk youtuber pun bertambah.

Untuk mendapatkan keuntungan dari iklan ada dua cara. Pertama adalah cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar jumlah klik pada iklan. Kedua adalah cost per view (CPW). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan mereka ditonton selama 30 detik atau sesuai durasi tayangan iklan. Selain itu, youtuber bisa bekerja sama dengan Google Adsense agar dapat memasang banner iklan di konten youtube mereka. Namun, youtuber akan mendapatkan keuntungan bila penonton mereka tidak melewati iklan yang dipasang di konten mereka.

Youtuber adalah pekerjaan yang menggiurkan. Akhir – akhir ini, para artis sekaligus juga youtuber berbondong – bondong menyebutkan penghasilan mereka dari youtube. Sebut saja artis Baim Wong yang digadang – gadang menggeser kedudukan Atta Halilintar sebagai youtuber berpenghasilan tertinggi di Indonesia. Kanal youtube Baim Paula diestimasikan memiliki keuntungan 77,4 ribu Dolar USD hingga 1,2 juta Dolar USD. Jika dikonversikan pada rupiah dengan kurs Rp 14.000, penghasilan kanal youtube Baim Paula setara dengan Rp 1,08 miliar hingga Rp 16,8 miliar perbulan.

Penghasilan mereka begitu fantastis, bisa sampai ratusan juta. Penghasilan dengan jumlah yang besar mereka dapatkan karena sudah memiliki branding. Subscriber dan penonton mereka pun tak sedikit. Selain itu, mereka konsisten mengunggah konten sesuai jadwal misalnya dalam seminggu ada empat konten yang diunggah, atau bahkan setiap hari unggah konten.

Via Pixabay.com
Menjadi Kreatif Adalah Wajib

Seorang youtuber dituntut harus kreatif agar orang – orang mau menonton kontennya. Seorang youtuber yang memiliki etos kerja yang baik dan kreatif, akan disukai oleh penonton. Adapun skill yang harus dimiliki oleh seorang youtuber adalah kemampuan berkomunikasi karena seorang youtuber harus berbicara pada kamera, menyapa para penonton setianya. Selain itu, harus memiliki skill yang kreatif dalam pembuatan konten. Skill yang lainnya adalah videografi dan editing. Biasanya youtuber pemula menggarap semuanya sendiri dan kedua skill itu patut untuk dimiliki. Berbeda jika sudah menjadi youtuber yang stabil, biasanya merekrut orang untuk videografi dan editing video.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh seorang youtuber adalah melek dengan isu terkini. Mereka membuat konten yang relevan dengan keadaan saat ini. Salah satu youtuber yang selalu membuat konten kekinian adalah Gita Savitri Devi. Ia selalu membahas isu yang sedang terjadi saat ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Salah satu konten yang ia bawakan yang terbaru adalah “Black Lives Matter : Apa & Kenapa ?”. Ia mengangkan isu yang sedang hangat saat ini yaitu tewasnya George Floyd yang merupakan Afro-Amerika meninggal di tangan polisi kulit putih di AS. Ia mengundang narasumber yang tak lain adalah temannya, Hallease, untuk membicarakan masih adanya apartheid di AS.

Menjadi seorang youtuber harus bijak dalam membuat konten. Jangan membuat konten yang merugikan pihak lain seperti SARA, cyberbullying, atau prank – prank yang tidak ada faedahnya. Memang, penonton terlebih orang Indonesia masih sangat banyak yang menyukai hal yang sensasional. Tapi, mendongkrak keuntungan dengan cara yang kreatif dan edukatif jauh lebih bermanfaat.

Penulis : Fadhilah Bintulhuda

Baca Juga :

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,106,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,6,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,19,REFLEKSI,2,Sosial,26,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Youtuber sebagai Profesi Menggiurkan di Era Saat Ini
Youtuber sebagai Profesi Menggiurkan di Era Saat Ini
https://1.bp.blogspot.com/-tNEwWGnip5I/Xwrp9pAD0gI/AAAAAAAAAZs/eOmhrSRRA1whu3j8Q2d81bj1EZWdAuLowCLcBGAsYHQ/s640/youtube-1158693_1920.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tNEwWGnip5I/Xwrp9pAD0gI/AAAAAAAAAZs/eOmhrSRRA1whu3j8Q2d81bj1EZWdAuLowCLcBGAsYHQ/s72-c/youtube-1158693_1920.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/07/youtuber-sebagai-profesi-menggiurkan-di.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/youtuber-sebagai-profesi-menggiurkan-di.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content