Siap Untuk Tidak Tertidur Nyenyak Saat Dunia Terus Berubah

Sengaja mengambil potongan lirik lagu bahasa Inggris yang dinyanyikan oleh Barbara Streisand untuk mulai menulis. “Bagaimana kamu bisa terti...

Sengaja mengambil potongan lirik lagu bahasa Inggris yang dinyanyikan oleh Barbara Streisand untuk mulai menulis. “Bagaimana kamu bisa tertidur nyenyak saat dunia terus berubah? Bagaimana kamu bisa tertidur nyenyak saat dunia sedang terbakar.” Cara untuk tidak tertidur nyenyak adalah tetap terjaga. Ini hanyalah penggalan kata yang sangat menampar kaum muda yang adalah generasi Milenial maupun generasi Z itu sendiri. 

Via Pixabay.com

Generasi Milenial Sebagai Agen Perubahan
Generasi Milenial atau generasi Y adalah generasi yang berada di antara generasi X dan generasi Z. Generasi ini lahir pada tahun 1981- 1995. Karakteristik generasi Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Generasi ini ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. Generasi ini memiliki pikiran yang terbuka, mendukung kesetaraan hak, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mampu mengekspresikan perasaannya dan optimis. Sedangkan, generasi Z adalah kelanjutan dari generasi Milenial dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Generasi ini mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu, seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset alias multitasking. Ini adalah dua generasi yang “katanya” menjadi agen perubahan.

Agen perubahan adalah orang-orang yang mau berjuang untuk perubahan kearah yang lebih baik. Menjadi penggerak yang menentukan arah perubahan dari suatu bangsa itu sendiri. Agen perubahan menjadi dua kata yang selalu dekat dengan orang muda ketika berbicara tentang peran orang muda. Dunia terus berubah sampai pada era Revolusi Industri 4.0. Revolusi industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Mudahnya, revolusi 4.0 membuat semua hal menjadi serba digital. Smart system, smart people dan smart city menjadi landasan utama. Yang menjadi pertanyaan, apakah agen perubahan sudah siap dengan segala perubahan dunia yang semakin cepat?

Efek Zaman Serba Digital
Semua yang serba digital membuat generasi-generasi ini jauh dari kemakmuran. Generasi Milenial dan generasi Z juga dikatakan sebagai generasi konsumsi, karena era ini membuat konsumen dan produsen menjadi sangat dekat. Mirisnya, yang diuntungkan hanyalah satu pihak saja, yaitu produsen. Jika hal ini terus terjadi, maka produsen akan semakin diuntungkan terus-menerus, sampai suatu saat kita akan menuju revolusi kiamat. Keadaan pasar seperti ini akan membuat sumber daya alam terus dikuras sampai habis. Ditambah dengan kebijakan-kebijakan yang hanya untuk menguntungkan segelitir orang saja. Contohnya saja, ketika berbicara tentang pembangunan, apakah pembangunan kita saat ini sudah merupakan pembangunan yang berkelanjutan? Pembangunan yang memikirkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Kita tidak bisa hanya mementingkan satu aspek saja. Ketiga aspek tersebut harus harmonis dalam setiap keputusan dan kebijakan.

Selain disebut sebagai generasi konsumsi, generasi Milenial dan generasi Z juga dikatakan kurang mempunyai rasa kemanusiaan. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk hal itu. Contohnya, ketika diajak untuk diskusi soal kemanusiaan, biasanya mereka akan menjawab bahwa mereka tidak mengambil jurusan tersebut ketika kuliah atau lain sebagainya, sehingga mereka merasa, bahwa urusan kemanusiaan bukanlah urusan mereka. Padahal, pendidikan adalah kesadaran bukan hanya sebatas kertas dan angka.

Peran Pendidikan
Peran pendidikan menjadi sangat penting selain ekonomi, sosial dan budaya. Pendidikan soal kemanusiaan haruslah yang diutamakan. Pendidikan kemanusiaan yang dimaksud adalah bahwa generasi muda harus berjuang untuk mengurangi semua masalah kehidupan yang terjadi saat ini. Kemiskinan, penindasan, masalah lingkungan, perampasan tanah dan masalah sosial lainnya, masih akan terus terjadi tanpa adanya pendidikan kemanusiaan. Generasi Milenial dan generasi Z harus memiliki kesadaran dan kepekaan terhadapat semua konflik dan isu yang terjadi. Kesadaran dan kepekaan hanya akan tumbuh jika kita mau mendengarkan dan ikut merasakan apa yang sedang mereka alami. Pendidikan menjadi sangat penting, karena lama-kelamaan, pekerjaan dan otak manusia akan digantikan dengan robot, tetapi analisa dan rasa tidak dapat digantikan. Oleh karena itu, pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran dan sikap atau langkah yang diambil untuk memecahkan suatu masalah menjadi sangat penting.

Berbicara tentang pentingnya pendidikan bagi kaum muda, seberapa kualitas pendidikan kita saat ini? Apakah kita sudah siap melepaskan segala ego dan kepentingan pribadi untuk mewujudkan pendidikan kemanusiaan? Apakah kita sudah siap mewujudkan pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran? Apakah kita sudah siap ketika budaya dan dogmatisasi agama yang terus mengekang dan menjadikan kita generasi diam?

Tidak hanya sampai disitu, generasi Milenial dan generasi Z adalah anak-anak muda yang mempunyai pikiran terbuka sehingga mereka pasti akan memiliki kesadaran kemanusiaan ketika itu ditumbuhkan. Mereka akan mencontoh dan melakukan lebih dari yang diajarkan ketika mereka memiliki kesadaran tersebut. Anak-anak muda punya semangat yang luar biasa untuk melakukan hal-hal yang merubah dunia. Mereka hanya perlu dibentuk sejak awal. Sehingga, mereka tetap terjaga. Karena, kita harus tetap mengikuti perkembangan zaman dengan menyiapkan segala kesadaran untuk membuat dunia bergerak kearah yang lebih baik.

Penulis : Sovia Hane


Baca Juga :

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,12,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,103,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,5,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,17,REFLEKSI,2,Sosial,24,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Siap Untuk Tidak Tertidur Nyenyak Saat Dunia Terus Berubah
Siap Untuk Tidak Tertidur Nyenyak Saat Dunia Terus Berubah
https://1.bp.blogspot.com/-iTQmeGJ4ykQ/Xwxnp9m8wCI/AAAAAAAAAaE/LXtUiG8C5bExc5byLYU09V-kRojpsmA5gCLcBGAsYHQ/s640/globe-trotter-1828079_1920.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iTQmeGJ4ykQ/Xwxnp9m8wCI/AAAAAAAAAaE/LXtUiG8C5bExc5byLYU09V-kRojpsmA5gCLcBGAsYHQ/s72-c/globe-trotter-1828079_1920.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/07/siap-untuk-tidak-tertidur-nyenyak-saat.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/siap-untuk-tidak-tertidur-nyenyak-saat.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content