RRI (Rumah Revolusi Industri) Sebagai Sarana Optimalisasi Potensi Generasi Millenial Di Era Saat Ini

SHARE:

RRI (RUMAH REVOLUSI INDUSTRI adalah solusi untuk kemajuan Indonesia dan Pemuda Indonesia untuk membangun SDM yang kuat

Baca Juga :
Naluri manusia adalah rasa ingin tahu dan ini juga menciptakan perubahan untuk memudahkan kehidupanya yaitu teknologi. Teknologi yang dulu kita kenal hanya berupa Tulang, batu dan kulit hewan dizaman Neozoikum dan Besi di Zaman Neolitikum. Teknologi kini menjelma menjadi lebih kompleks lagi sejak berkembang pesatnya keilmuan sains. Sebut saja produk Teknologi yang mampu mengubah peradaban manusia secara signifikan adalah ditemukanya mesin uap oleh James Watt. Pada titik itulah sejarah mencatat bahwa manusia terus mengalami perkembangan yang pesat dan itu memengaruhi pola produksi manusia yaitu Revolusi Industri di Inggris yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Tidak sampai disitu Revolusi industri terus mengalami evolusi seiring ditemukan teknologi baru yang mampu mempermudah kehidupan manusia yaitu Listrik untuk Revolusi indusri 2.0, Komputer untuk revolusi industri 3.0 dan Internet untuk Revolusi 4.0.

Indonesia negara kepulauan yang masih berkembang dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia sebanyak 254,454,778 jiwa pada tahun 2014 . Angka tersebut bisa menjadi anugerah atau boomerang bagai pisau bermata dua bagi Indonesia karena dengan banyak jumlah penduduk akan menjadi pekerjaan yang berat pula dalam memenuhi kebutuhan mereka. Beratnya lagi bagi Indonesia jumlah ini teralu besar bagi negara berkembang dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainya dan belum seimbang dengan kemampuan pemerintah untuk memberikan lapangan pekerjaan, terbukti dengan data Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus 2015 sebesar 6,18 persen meningkat dibandingkan dengan TPT Februari 2015 (5,81 persen) dan TPT Agustus 2014 sebesar (5,94 persen) . Bisa ditebak jika dibandingkan dengan negara negara lain di ASEAN Indonesia adalah salah satu negara di ASEAN yang memiliki pengangguran terbanyak dengan 5,50 persen dari total seluruh penduduk Indonesia .

Dari data ini kita bisa berkesimpulan Bahwa pengangguran masih banyak di Indonesia walaupun angka melek internet atau penguasaan Teknologi kita sudah lebih baik dari pada generasi sebelumnya berdasarkan survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) karena di tahun 2018 Indonesia memiliki pengguna Internet sebesar 171,17 Juta . Belum lagi ada ancaman beberapa mata pekerjaan yang akan digantikan oleh Robot atau mesin namun dari data pengangguran diatas maka dapat disimpulkan bahwa angka pengangguran akan bertambah bila generasi Milenial Indonesia tidak siap menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan revolusi selanjutnya. Rasanya percuma generasi millenial mampu menguasai berbagai teknologi dan melek internet namun tetap menjadi pengangguran karena akan membebani perekonomian negara. Contoh mayoritas pemuda Indonesia memiliki telepon seluler namun mengapa hanya segelintir orang yang bisa memanfaatkanya menjadi pundi-pundi rupiah sisanya malah menjadi penghambat produktivitas. Artinya ilmu teknologi saja tidaklah cukup perlu ada pembinaan lain yaitu pengembangan potensi diri dan cara mengoptimalkan teknologi itu sendiri.
Kumpulan Aktivis ILP2MI (Ikatan Lembaga Penalaran Penelitian Mahasiswa Indonesia) tahun 2019 di bali. (Penulis ditengah almamater biru diapit 2 almamater kuning). Bukti bahwa generasi millenial lebih suka gerakan komunitas berbasis minat bakat.
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Rumah Revolusi Industri

“RRI (RUMAH REVOLUSI INDUSTRI) SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI POTENSI GENERASI MILLENIAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” adalah solusi penulis untuk meningkatkan kepekaan mengenai revolusi Industri 4.0 dan pengembangan diri terutama skill yang relevan dengan kebutuhan zaman. Mengapa harus RRI Jawabanya adalah karena Pendidikan itu jalan paling ampuh dalam mengubah keadaan bangsa sehingga akan lebih efektif jika kita melakukan gerekan ini secara bersama-sama dengan kombinasi tetap secara bertahap akan menyediakan Rumah sebagai tempat belajar belajar bersama.. RRI juga bisa dilaksanakan dimana saja di Indonesia tanpa mengenal SARA jadi RRI dijadikan sebagai wadah pengembangan pemuda. Contoh A asal Bogor kuliah di Malang dan ia bergabung di RRI Malang untuk mengajarkan Skill yang disediakan oleh RRI. RRI ini penulis rencanakan menjadi kebijakan menteri PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional) yang dibuat program khusus layaknya SDG’s (Sustainable Development Goals) di perpres 59 tahun 2017. Pada intinya ada bantuan dari pemerintah agar RRI ini bisa lebih optimal. Kombinasi antara SDG dan RRI juga dapat dilaksanakan guna merampingkan dua Tujuan besar sekaligus dalam satu kebijakan.

Pelaksanaan teknis dari RRI ini ada 3 tahap. Pertama tahap pembentukan pengurus, Perekrutan Anggota dan Launching. Tahap pembentukan adalah tahap dimana semua anggota yang ingin bergabung di RRI dipersilahkan untuk menjadi pengurus. Sifatnya untuk sementara secara sukarela nantinya akan membuat logo, AD/ART dan mengurus hal-hal yang sifatnya internal dari sebuah organisasi atau sebuah gerakan yang manualnya adalah Pancasila. Ditahap ini pengurus akan berusaha mencari orang-orang yang mau dan berkompeten dibidangnya seperti dosen, mahasiswa yang sudah lulus S1 maupun tenaga ahli yang tertarik bergabung sebagai pemateri sekaligus pementor diupayakan mereka yang memiliki Skill Teknologi yang baik atau skill yang tidak bisa dikuasai oleh robot sehingga ada 2 Fokus disini skill Teknologi dan Skill Humaniora atau skill yang hanya bisa dilakukan manusia. Tahap Selanjutnya Perekrutan Anggota adalah mengajak bagi seluruh Pemuda Indonesia yang generasi Millenial dari berbagai latar belakang entah Mahasiswa, santri ataupun lulusan SMA biasa yang terpenting bisa langsung mengaplikasikan ilmunya.Sosialisasinya dengan cara melakukan Publikasi di 5 media sosial utama yaitu Line, Instagram, Whatsapps, Facebook dan Youtube. Terakhir ada tahap Launching yaitu peresmian dan sekaligus eksekusi kegiatan acara RRI.

Fokus Dari RRI (Rumah Revolusi Industri)

Ada tiga kegiatan utama di RRI ini yaitu Publikasi, Pelatihan dan Pengabdian. Publikasi berarti RRI harus mampu mengajak Pemuda Indonesia untuk mau ikut Produktif mengembangkan potensi diri untuk beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0. Pelatihan setelah mereka bergabung mereka akan diberi bekal skill khusus oleh pemateri yang akan terus diajarkan secara rutin tiap kali pertemuan baik itu skill teknologi maupun humaniora. Mereka yang punya bakat atau jaringan konten kreator sangat disarankan untuk menjalani kegiatan ini. Mengingat generasi millenial mayoritas sudah tidak menonton tv namun akses informasinya dari media sosial . Setelah itu adalah agenda Pengabdian masyarakat terpencil jadi setelah peserta terlatih peserta diminta untuk membuat project atau kegiatan yang sifatnya dapat meningkatkan kesadaran pengembangan potensi diri dan adaptasi dengan Revolusi industri 4.0. Peserta pasti akan merasa tidak terasa berat bila satu tahun sekali untuk melakukan pengabdian masyarakat. Mungkin ruang lingkupnya kecil dan tidak besar acaranya namun sama seperti konsep menabung sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit juga suatu hari nanti tidak terasa hasilnya besar jika program ini kontinyu terus dilakukan minimal tingkat kota.

Penulis yakin dengan solusi diatas sedikit banyak akan mampu membangun pemuda Indonesia yang lebih efektif untuk menambal kekurangan atau mereka yang kurang berkembang di lembaga pendidikan formal. Fokus RRI memang dibuat sebagai lembaga non formal namun berafiliasi dengan pemerintah untuk hal dana dan bantuan SDM pengajar yang sesuai kebutuhan RRI cabang kotanya masing-masing. Melihat kecenderungan generasi millenial menyukai kegiatan berjenis berorganisasi atau komunitas maka semakin menguatkan penulis untuk mengimplementasikan rancangan ini .

Foto dokumentasi penulis saat ikut Pengabdian masyarakat dari rumah amal brawijaya. Foto ini menunjukan kelebihan Komunitas pemuda bisa melengkapi aspek pembangunan yang tidak tersentuh oleh pemerintah. Sumber : dokumentasi pribadi

Maka “RRI (RUMAH REVOLUSI INDUSTRI) SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI POTENSI GENERASI MILLENIAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” adalah solusinya untuk kemajuan Indonesia dan Pemuda Indonesia untuk membangun SDM yang kuat terutama kaum millenial untuk mengembangkan potensinya. Ini semua tidak mudah dibutuhkan usaha kerja keras dalam membentuk sebuah gerakan. Belum lagi faktor kesibukan masing-masing yang pastinya bisa menjadi penghalang namun apa salahnya bila kita coba. Kita sebagai Individu juga turut membantu agar rancangan ini bisa terlaksana. Kita pasti ingin negara ini menjadi negara yang lebih baik lagi. Maka ayo bersama kembangkan potensi diri untuk beradaptasi dan kita implementasikan RRI segera.

Penulis : Avuan Muhammad Rizki
Fianosa.com merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

Agama,4,Agent Of Change,1,Akreditasi,1,All England,1,Amin Rais,1,Anak Jalanan,1,Anti Korupsi,2,Anugerah Pesona Indonesia,1,Aplikasi,1,Aplikasi SehatQ,1,Argentina,1,Atambua,12,Baby Boomer,1,Badan Kurus,1,Badminton,1,Bali,1,Banjir,1,Bank Indonesia,1,Banyuwangi,1,Bawaslu,3,Beasiswa,4,Beasiswa Jadi PNS,1,Beasiswa Pemuda Mendunia,1,Beasiswa SejutaCita,1,Belajar,2,Bencana,1,Bencana Siklon Seroja,1,Bisnis,4,Boba,1,BUCIN,1,Budak CInta,1,Budaya,9,Bulutangkis,1,Bupati Nganjuk,1,BWF,1,Cafe Amor Dualaus,1,Catur,2,Cerita,13,Cerita Pendek,12,Cianjur Foundation,1,CIASTECH 2020,1,Cinta,1,Cipta Kerja,1,Coding,1,Copa America 2021,1,Covid-19,22,CPNS,3,Crowdfunding,1,Damai,1,Dana Desa,1,Daniel Osckardo,7,Debat Pilkada,1,Demokrasi,2,Desa,1,Desember,1,Diego Maradona,1,Digital,1,Direktori Penyakit,1,Dokumen,1,Drama Hukum,1,Drama Korea,1,Drama Korea Tentang Hukum,1,Edhy Prabowo,1,Ekonomi,13,Empat Agenda Seorang Pemulung,1,English Corner,4,English Poem,1,Euro 2020,1,Fabio Carvalho,1,Fanatisme,1,Features,1,Film Hukum,1,Filosofi Stoisisme,1,Fourth Industry Revolution,1,Fresh Graduate,1,Fulan Fehan,2,Fulham,1,Gabriel Kristiawan Suhassatya,9,Ganja,1,Gemerlap Kota,1,Generasi Alpha,1,Generasi Muda,1,Generasi Z,2,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,1,Ghetto,1,Gilbert Ryle,1,GMNI,1,google classroom,1,Guru,2,Gus Mus,1,Hakordia,1,Hari Anti Korupsi Sedunia,1,Hari Bumi,2,Hari Guru,4,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Kesehatan Dunia,1,Hari Lingkungan Hidup Sedunia,1,Hari Persaudaraan Manusia Internasional,2,Himpunan Mahasiswa Islam,1,HMI,1,Home Education,1,Hubungan,1,Hujan,1,Hujan Untuk Kita,1,Hukum,20,Hukum Film,2,Ide Kreatif,1,IKADAR Bali,1,Ikawiga,1,Indonesia,6,Influencer,1,Inggris,2,Internasional,2,Ir. Soekarno,1,Isak Tangis,1,Islam,3,Islam Kejawen,1,Jhoni Lae,3,Jodoh,1,John Rawls,1,Juliari Batubara,1,Kaboax,1,Karir,16,Keadilan Sosial,1,Kejaksaan,1,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Kesejahteraan Masyarakat,1,Komunikasi,2,Komunitas,1,Koperasi,1,Korupsi,2,KPK,1,KRI Nanggala 402,1,Kuliah Kerja Nyata,1,Kupang,1,Leadership,1,Lelaki Berkumis Tipis,1,Liburan Kuliah,1,Lokastithi Giribadra,1,Lomba,4,Lomba Karya Tulis Ilmiah,2,Lomba Menulis,2,Long life learning,1,Longsor,1,Lowongan kerja,8,Mafia Tanah,1,Mahasiswa,6,Malang,1,Malang United,1,Mama,1,Maret,1,Matematika,1,Media Sosial,1,Membaca,1,Membuat SKCK,1,Memperpanjang SKCK,1,Mena,1,Meningkatkan Fokus,1,Menteri Sosial,2,Menyenangkan,1,Messi,1,Michael Focault,1,MICIN,1,Milenial,15,Millenial,9,Minuman boba,1,Miskin Cinta,1,Motivasi,15,MTQ Nasional 28,1,Muhamad Sulaeman,3,Nadiem Anwar Makarim,1,Nasib Negeri Kanibal,1,Nasional,5,Neo Ghetto,1,New Normal,1,News,11,NTT,4,Nusa Tenggara Timur,10,Olahraga,12,Omnibus Law,2,Opini,201,Opinion,3,Orleans Masters 2021,1,Pahlawan Tanpa Nama,1,Pahlawan Tanpa Tanda Jasa,1,Pana Mone Hill Stone,1,Pancasila,2,Pandemi Covid-19,11,Pantai Pasir Putih Atambua,1,Paskah,2,Paulo Freire,1,Paus Fransiskus,2,PCPM 36,1,Pemilihan Umum,1,Pemilu,1,Pemimpin,1,Pemulihan Ekonomi,5,Pendaftaran Siswa Baru,2,Pendidikan,40,Pendidikan Keluarga,1,Pendidikan Politik,1,Penguatan Bawaslu,1,Perkawinan,1,Petuah Sukma,1,Piala Kemenpora,1,Pikabo,1,Pilihan Redaksi,24,Pilkada,1,Politik,7,Politik Uang,1,Pompa ASI,1,Posko Babarsari Yogyakarta,1,Potensi Diri,1,PPPK,1,Pray For NTT,1,Print Uang,1,Printing Money,1,Profesi,1,Prostitusi,1,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,47,Puisi Tentang Hujan,1,Puisi Tentang Ibu,1,Purbalingga,1,Quarter Life Crisis,1,Quote,2,Quotes Kata-Kata Bijak,2,R.A Kartini,1,Raiders Salomon Marpaung,4,Ramalan Zodiak,1,Redeskripsi Sastra,1,Regional,6,Revolusi Industri,4,Ronaldo Filipus Nara,5,Ruang Rindu,1,Sabut Kelapa,1,sastra,30,SehatQ,1,Sei,1,Sejuta,1,Semua Berita,20,Senja,1,Senja dan Rindu,1,Sentilan Pagi,1,Senyum Rembulan,1,Sepakbola,4,SKCK,1,SMA,1,SMA 7 September 99 Atambua,4,SMP,1,SMP 7 September 99 Atambua,3,Sobat Cinta,1,SOCIN,1,Sociopreneurship,1,Sosial,71,Sponsored,2,Status Sosial,1,Sumatera Barat,1,Sumba,1,Taekwondo,1,Tahun Baru 2021,1,Tamtama,1,Tanggung Jawab,1,Teknologi,4,Teori Psikologi Adler,1,The Sunrise Of Java,1,Theory Of Justice,1,They Feynman,1,TikTok,1,Timor Leste,3,Tips,22,Tips Kepemimpinan,1,TNI AU,1,Toraja,1,Trash Hero Belu,1,Travel,13,Tuhan Bangkit,1,Ulang Tahun,1,UMKM,2,Universitas Timor,1,Universitas Widyagama,1,Urbanisasi,1,Utilitarianisme,1,Video Game,1,Virus Corona,13,Webinar,1,Website,1,Wirausaha,1,Wisata,2,Yayasan Nusa Timur,7,Youtube,1,Youtuber,1,Zodiak,1,zoom,1,
ltr
item
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif: RRI (Rumah Revolusi Industri) Sebagai Sarana Optimalisasi Potensi Generasi Millenial Di Era Saat Ini
RRI (Rumah Revolusi Industri) Sebagai Sarana Optimalisasi Potensi Generasi Millenial Di Era Saat Ini
RRI (RUMAH REVOLUSI INDUSTRI adalah solusi untuk kemajuan Indonesia dan Pemuda Indonesia untuk membangun SDM yang kuat
https://1.bp.blogspot.com/-JJGJZEOFD-o/XxanV8N-JKI/AAAAAAAAEzU/YmgyTqhrt_coOWcsDNg-W7vLjR96ZPMAQCLcBGAsYHQ/s640/gambar1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JJGJZEOFD-o/XxanV8N-JKI/AAAAAAAAEzU/YmgyTqhrt_coOWcsDNg-W7vLjR96ZPMAQCLcBGAsYHQ/s72-c/gambar1.jpg
Fianosa - Website Sumber Informasi Inspiratif
https://www.fianosa.com/2020/07/rri-rumah-revolusi-industri-sebagai_21.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/rri-rumah-revolusi-industri-sebagai_21.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content