Pandemi Covid 19 Menuntut Strategi Generasi Y Dan Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 akan berlangsung di abad ke 21 dimana segala sesuatu melibatkan teknologi. Oleh sebab itu, peran generasi Y (millenial...


Revolusi Industri 4.0 akan berlangsung di abad ke 21 dimana segala sesuatu melibatkan teknologi. Oleh sebab itu, peran generasi Y (millenial) dan Z sangat diperlukan. Generasi Y (millenial) merupakan generasi yang lahir pada tahun 1981 - 1995. Generasi ini tumbuh besar saat era digital mulai berkembang. Sedangkan generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996 - 2010. Generasi ini lahir saat teknologi sedang berkembang pesat. Kedua generasi tersebut akan menjadi nahkoda bangsa yang harus siap hidup dan menghadapi terjangan arus di era Industri 4.0, terutama dalam menyikapi situasi pandemi Covid 19. 

Via Pixabay.com
Perubahan Fundamental
Tanpa disadari pandemi ini menuntut kita untuk bisa beradaptasi di era Industri 4.0, yakni perubahan fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru dan ditandai dengan berintegrasinya beberapa teknologi. Pandemi Covid 19 kini sedang melanda dunia. Terdapat lebih dari 30 ribu kasus positif Covid 19 di Indonesia. Virus ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena penyebarannya sangat cepat dan telah mematikan sendi-sendi perekonomian di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Covid 19 juga mengakibatkan perubahan di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang pendidikan.

Kebijakan belajar di rumah mulai dari jenjang pendidikan dasar, sekolah menengah hingga perguruan tinggi serta kebijakan beberapa perusahaan atau instansi untuk Work From Home (WFH) pada awalnya menjadi sebuah kejutan atau perubahan paradigma yang tak pernah terbayangkan sebelumnya kini menjadi hal biasa. Secara umum, pada minggu pertama WFH atau belajar di rumah banyak ditemukan kesulitan dan hambatan baik di kalangan pelajar maupun pendidik. Keterbatasan jaringan internet merupakan salah satu permasalahan yang sering kali terjadi. Selain itu keterbatasan pengetahuan tentang aplikasi-aplikasi daring atau kemajuan teknologi lainnya juga menjadi penghambat di tengah pandemi ini.

Oleh sebab itu, peran pendidik sangat diperlukan dalam menyikapi fenomena tersebut, terlebih sekarang ini kita sedang memasuki era kehidupan new normal. Secara tidak langsung kondisi ini memaksa kita untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Tugas kita terutama sebagai pendidik harus bisa terus berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa meski ditengah situasi dan kondisi yang serba terbatas. Meski Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di rumah atau secara jarak jauh, hal ini tentu tak boleh menyurutkan semangat para pendidik.

Kompetensi Yang Wajib Dimiliki Pendidik
Kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik dan peserta didik dalam mempersiapkan era Industri 4.0 diantaranya adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving), beradaptasi (adaptability), kolaborasi (collaboration), kepemimpinan (leadership), dan kreatifitas serta inovasi (creativity and innovation). Sehingga, harapannya pendidik mampu melahirkan peserta didik yang terus menjadi 'manusia pembelajar' atau long life learner karena kesuksesan di era Industri 4.0 tidak hanya milik orang yang cerdas saja tetapi juga milik orang yang kreatif dan inovatif.
Via Pixabay.com
Alangkah baiknya di era Industri 4.0 ini sudah tidak ada lagi pendidik yang ditakuti oleh peserta didik, tidak ada lagi istilah guru otoriter dan tidak ada lagi guru yang mengajar dengan cara konvensional, karena hal tersebut akan membunuh kreativitas peserta didik. Padahal kreativitas yang dimiliki peserta didik akan memunculkan inovasi dan terobosan baru dalam menyongsong Indonesia semakin maju. Kreativitas dan inovasi berawal dari empat kegiatan pokok belajar sebagai proses memaknai pengalaman, yakni mengalami atau praktek, berbicara, membaca dan menulis. Sehingga untuk mencapai empat pokok kegiatan tersebut, pendidik wajib memiliki kompetensi yang memadai supaya dapat berperan dalam mengantarkan peserta didiknya menuju gerbang kesuksesan. Peran tersebut diantaranya adalah pendidik harus mengikuti perkembangan zaman, artinya harus mampu merancang proses belajar secara digital (bukan menggunakan cara konvensional), pendidik juga harus bisa memberikan tantangan kepada peserta didik untuk dapat berpikir High, Order, Thinking and Skill (HOTS) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat mendorong peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri, pendidik juga harus bisa membentuk pola pikir digital berbasis teknologi dan informasi terlebih dalam menyikapi pembelajaran jarak jauh di era new normal.

Literasi Pendukung Sebagai Strategi Dan Inovasi
Untuk menyikapi pembelajaran jarak jauh perlu adanya prasyarat yang harus dipenuhi yakni memiliki buku arahan materi atau buku sumber, memiliki literasi pendukung (video atau filem), memiliki slides power point sebagai kata kunci atau rangkuman gagasan, memiliki ide dan dapat mengaplikasikannya, memiliki unsur pengembangan sampai ke tahap aplikasi berkelanjutan dan yang terpenting adalah memiliki semangat untuk berINOVASI.

Menggunakan literasi digital secara bijak adalah salah satu strategi untuk bisa bertahan dan beradaptasi di era Industri 4.0. Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk dapat menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara bijak, sehat, cerdas, cermat dan tepat serta tidak melanggar hukum dalam rangka membangun dan membina komunikasi serta interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Situasi pandemi yang mengubah pola kehidupan dan memaksa kita untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh sebab itu, generasi Y dan Z dapat menjadi pelopor dalam menyikapi situasi tersebut. Mengikuti atau bahkan membuat acara melalui webinar, seminar Whats App, live streaming di Youtube, Instagram, Zoom dan lain sebagainya dapat memberikan sinergi positif kepada lingkungan sekitar karena sebaik-baiknya manusia adalah ia yang dapat memberikan manfaat dan kebaikan kepada orang lain.

Ki Hajar Dewantoro mengungkapkan bahwa “Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan.” Artinya pendidikan merupakan salah satu tempat untuk bisa menanamkan dan membangun karakter. Peserta didik yang berkarakter baik terlahir dari pendidik yang memiliki karakter baik pula, karena pendidik/guru sama artinya dengan digugu lan di tiru. Oleh sebab itu, jika menginginkan peserta didik berkarakter baik maka mulailah dahulu menjadi pendidik yang berkarakter baik.
Penulis : Imada Cahya Septiyaningsih


Baca Juga :
Name

Aplikasi,1,Aplikasi Resep Masakan,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,111,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,8,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,21,REFLEKSI,2,Review,1,Sosial,28,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,YummyApp,1,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Pandemi Covid 19 Menuntut Strategi Generasi Y Dan Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Pandemi Covid 19 Menuntut Strategi Generasi Y Dan Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
https://1.bp.blogspot.com/-mO6jrgWVevc/Xxr1aldFKWI/AAAAAAAAAdg/nNrczD61Kqw0VKmloslhXDmfdECEdEYuACLcBGAsYHQ/s640/covid-19-4992201_1920.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mO6jrgWVevc/Xxr1aldFKWI/AAAAAAAAAdg/nNrczD61Kqw0VKmloslhXDmfdECEdEYuACLcBGAsYHQ/s72-c/covid-19-4992201_1920.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/07/pandemi-covid-19-menuntut-strategi.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/07/pandemi-covid-19-menuntut-strategi.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content