Antara HTM, El Chrisant, El Esperito Dan Cinta Yang Terpendam

Tulisan dan kisah ini kupersembahkan kepada seluruh alumni SMPK HTM HALILULIK, Terkhusus Alumni Angkatan 49 ( Vina Taolin, Nosin Lamakadu,Hi...

Tulisan dan kisah ini kupersembahkan kepada seluruh alumni SMPK HTM HALILULIK, Terkhusus Alumni Angkatan 49 ( Vina Taolin, Nosin Lamakadu,Hilda Taek, Afun Corebima, Ila seran, Voni Bui, Echy Manek, Helga Boro, Vanesa Koy, Ovi Sa dan Dewanty Exsus Cs, Veldin Tokan, Rio Fufu, Yusry, Wasty Benu, Rin roman, Merlin Seuk, Rio Takeleb dan kelas VII E anak walinya pak Urbanus S Tupen, Salu Baros, Vita Rafu, Anna Berek almh, Vence Sasi, Ansis Nahak, anak VIII A dan IX A), Sergio freitas, Nando Monis, Agus Koa, Kurnia Putri, Kensi Makaraek,shella mau, clarys molo, dan smua anak HTM 49, yang saya tidak sebut nama bukan bearti saya lupa guys. Memang kalau semua nama tulis yang ada cerita belum mulai, lembaran sudah penuh. Kalian yang terbaik dalam kisah saya. love all. Kisah ini milik kalian, yang mencintai dan mengagumi dalam diam tapi takut untuk berkata jujur. banyak di antara kalian yang mengalami kisah ini, jadi saya persembahkan kisah ini untuk kalian.

Via https://www.google.com/maps
                                                                         
13 Tahun sudah waktu berlari seperti kareta api yang melewati lintasannya, tanpa tertahan oleh apapun, waktu yang dari segi angkanya kita lihat agak banyak, satu dan tiga mejadi tiga belas. 13 tahun di lihat dari komposisinya merupakan suatu pembabakan waktu yang tidak singkat, entah berapa bnyak bulan, minggu, hari, jam, menit dan detik yang menyusun vertikal ke atas sehingga tiba pada tahun yang ke 13 ini. lama memang. sangat lama bagiku dan rasahku.
Ketika kota kecil yang sepi itu mendadak menjadi riuh di sore hari saat jam menunjukan pukul 14.30 an hingga 14.55 an, dan mendadak sepi dari jam 15.00 sampai 17.00, selama tahun 2007 sampei tahun 2010. kami adalah satu angkatan yang kami sebut HTM 49, terlalu banyak kisah yang telah kami lalui dan membekas dalam hati, dan kami tak bisa memungkiri kalau tempat ini menyimpan beribu kisah indah yang tak terkirakan keindahannya.

Ketika gereja megah yang merupakn salah satu gereja Tua di Belu, menjadi tempat pertemuan kami di pagi buta nan dingin, di goda oleh rasa kantuk yang membunuh, saat ingin tidur namun ada sosok yang paling kami takuti dan kami segani, sedang duduk tepat di belakang deretan kursi kami, dia di sana sosok yang sangat keras, yang pada akhirnya kami sadar, keberhasilana kami saat ini juga merupakana hasil didikan beliau. Sy ingin menyebutkan namanya di dalam serpihan kisah ini, dan ingin beliau tersenyum jika sesewaktu membaca Tulisanku ini, (Sr. Marianne, SSpS) terimakasih suster kepala sekolah ku. Yang telah mewarani banyak kisah kami selama di HTM.


Via https://www.google.com/maps
13 tahun berlalu sudah, tapi tidak dengan kisahnya. semua cerita masih melekat bahkan kami semua bersedia untuk duduk dan mengisahkan kisah kisah indah itu sambil menerawang jauh di temani segelas kopi. Kopi adalah rasa antara manis dan pahit, namun akan selalu di butuhkan dan dikenang dimanapun kita melangkah. seperti Hati Tersuci Maria yang kisahnya ku pikir akan selamanya abadi dalam jiwa. Baiklah tulisan ini hanya mengisahkan bagian cinta dan romantisme rasa, karena jika ku kisahkan tentang Kisah 3 tahin di bawah atap sekolah ini maka tak akan ada ujungnya. Dia tidak sempurna di mata orang orang, tapi kalian tahu, dia indah dimataku. keindahannya sempurna, tidak ada celah yang ku temukan di celah matanya, senyumnya atau raganya. Akun berjumpah dengannya setiap pagi, di bawah atap El esperito gereja paroki Roh Kudus Halilulik yang lebih indah menurutku ku sebut dengan el esperito, seperti keindahan pagi yang ku jumpai saat melihat El Crisantku yang tertunduk khusyuk berdoa, indah sangat indah. seperti malam yang bermandikan cahaya purnama dan gemerlapnya angkasa oleh bintang yang berkelip anggun.

Dia ku jumpai setiap pagi juga di atap rumah kami yang menjadi rumah terindah untuk kami selama tiga Tahunan ini, rumah yang namanya wangi di seluruh persada Cendana ini, rumah yang namanya sangat sakral dan sarat akan kisah indah di masa awal remaja kami, Hati Tersuci Maria, dan bagiku, rumah yang mnajadi penjara rasa yang membelenggu rasahku, yang terlambat ku sadari setelah 13 tahun berlalu.

Dia juga menjadi obyek terindah yang selalu ku nikmati, semenjak senyumnnya menjadi canduku, aku jadi sedikit berselingkuh dari jingganya senja yang telah ku puja sejak mata ini tau bahwa senja itu indah. Entah apa rasanya, senyumnya adalah yang terbaik yang pernah ku lihat, manis sederhana dan singkat. Ya, seperti senja, yang keindahannya sesaat, namun akan selalu datang tepat waktu, persis sepertinya, senyumnya selalu dan selamanya ada setiap waktu untukku, dan aku sangat menyukainya.

Satu purnama berlalu, dan aku memutuskan untuk betah berada di tempat ini, dan akan melanjutkan kisahku yang baru kummulai di atap gedung bersejarah itu. bertemu dengannya sepanjang saat, bukannya memberikan rasa bosan atau malas, yang ada aku menikmati setiap pertemuan itu, yang jelas aku masih terlalu bodoh untuk mengartikan rasa itu, yang jelas melihat senyumnnya adalah moment terbaik yang pernah aku rasahkan. El Crisant, bukan nama aslinya. namun aku lebih memilih untuk menyebutnya El Crisant, indah menurutku, seindah tatapan matanya.

El Crisantku adalah teman yang menemani tawaku, teman yang membenci ulahku, juga teman berbagi contekkan, teman yang menjadi pendengar curhatanku, aku bahkan menceritakan masa jatuh cintaku pada pria lain kepadanya, saat aku tau dia adalah orang yang paling ku sukai dan paling ku cintai, dan aku menceritakan kepada dia tentang pria lain yang aku sukai atau apa entahlah. Kelak aku sadar, aku tau El Crisantku menyukai perempuan lain, maka aku memilih menghilang. Kenyamanan yang dia berikan adalah kebahagiaanku, namun kita adalah teman yang selalu bersama sama dalam suka dan duka, dalam tangis dan tawa, dalam segala hal sehingga semuanya berujung pada mengalir jauh dan tanpa di sadari.


Tiga tahun berlalu, dan aku berharap kisah ini berakhir di sini, Ketika aku berpamitan terakhir aku berusaha untuk menemukan wajah indahnya di antara 201 teman seangkatanku, dan aku menemukan wajahnya di sana, dia sedang sibuk berbicara dengan teman-temannya, sangat sibuk dengan ucapan perpisahan, dan aku mematung untuk menatapnya dari kejauhan beberapa detik, menikmati wajah tawa dan senyum terindahnya, sambil berbisik,

        Selamat berpisah El Chrisantku,..
        Terlalu lama aku mengagumimu
        akan terklalu sulit bagiku
        untuk melupakanmu nanti..
        jika tawamu adalah candu..
        maka aku akan tercandu indah wajahmu selamanya..
        selamat berpisah.....
        jika cinta tak bisa mempertemukan kita  lagi...
        maka persahabatan akan menyatukan kita nanti ...
        El Chrisantku..
        jika aku sudah mengerti apa itu cinta, maka
        namamu akan ada di lembaran hati ini..
        ku tulis dengan tetes tetes air mata rindu,
        dan tinta sayang, yang nantinya takkan terhapus oleh nama lelaki manapun,
        karena ada 3 hal yang aku cintai di dunia ini
        Senja, Puisi dan Kamu.
        Aku pergi...
        siapapun perempuan yang kau cintai nanti,
        aku berharap dia menyukaimu lebih dari aku
        dan mencintaimu lebih dari aku mencintaimu.
        mungkin nanti aku akan menemukan orang lain yang mencintaiku,
        tapi percayalah, kau masih yang terindah.
Via https://www.google.com



Ku lihat senyum indahnya untuk terakhir kali, dan aku pun melangkah pergi, pulang ke kampung halamanku. ku tatap atap gedung tua itu untuk terakhir kali, dan tersenyum melangkah pergi, sungguh atap ini telah memenjarakan rasahku dan asaku. El Chrisant pun berlalu, tak ada lagi senyum yang menghiasi hari-hariku seperti tiga tahun belakangan ini, juga tak ada lagi keindahan lain yang menggantikan jingganya senja, aku terperangkap dalam rindu yang tak bertuan. Aku merindukanmu namun, kamu telah menghilang dan pergi di telan berjuta kisah putih abu yang bergelimpangan tanpa ringkasan. Aku sesewaktu, mencoba mencari tau dan menyebutkan namamu di jejalanan tandus dengan beraneka wajah baru untuk sekedar menggapai jejakmu. namun, percuma tak ku jumpai berita tentang dirimu atau kabar tentangmu. Aku melewati kisahku seperti air dan angin lalu, karena memang aku adalah wanita yang akan selamanya tersenyum, biar matakupun tak ku ijinkan untuk sekedar melihat isi hatiku dan suasana hatiku.


Purnama demi purnama berlalu pergi, kamu masih kelabu bahkan pekat, tak tersentuh olehku. Sampai pada suatu waktu, ada seorang wanita manis sekali berambut hitam legam, panjang, bertahi lalat di wajahnya, indah sangat indah. Dia seorang wanita yang teramat cantik rupanya, manis senyumnya seperti tetes tetes nira putih di bagi buta, dan jangan tanya soal senyumannya, senyumnya sangat menawan, jika ada kata indah yang esensinya di atas indah maka itu yang ku pilih untuk melukiskan senyumnya. Dia datang dan menemuiku di sudut kelasku dan tersenyum, aku mengenalnya, dia adalah teman dari temanku. Dia Bilang ke aku " El Eleanor,.. kenalkan kamu dengan pria ini?".


Dia menunjukan selembar potret klasik, berwarna hitam putih, di dalam sebuah pigura buatannya, ke aku. Dan aku begitu kaget, saat melihat wajah tersenyum paling indah itu, tatapan matanya yang sangat tajam. Itu adalah salah satu dari tiga hal yang aku cintai di dunia ini, El Chrisant. Aku bukan hanya mengenalnya, tapi aku pemujanya. Dia adalah sebuah kata nama yang ku bisikkan di setiap telinga orang yang ku jumpai, dia adalah sosok yang selama ini kucari dalam diam. Aku bahagia sekali di pagi itu, pagi yang begitu cerah damai. Menjadi pagi paling terbaik dalam hidupku. bagaimana tidak, aku menemukannya, sosok yang ku cari selama ini. sosok yang ku cari dalam diam, dan juga sosok yang senyumnya paling aku butuhkan. Aku langsung memeluk wanita di depanku, erat sekali. dan aku menjawab " Ia Dia El Chrisant, yang adalah temanku, salah satu dari teman teman terbaikku. dia adalah seorang lelaki terbaik yang terlahir di dunia ini, maka jagalah dia, cintailah dia dengan segenap cintamu dan segenap setiamu". Tak perlu dia jelaskan siapa dirinya dan relasi apa antara dia dan El Chrisantku, jelas wanita ini adalah kekasihnya, maka aku berbahagia dengan berita itu, artinya dia telah menemukan wanita yang pasti sangat mencintainya, dan juga memiliki paras yang elok dan rupawan.


Wanita itu adalah pemilik hati El Chrisantku, dan aku berbahagia karenanya. paling tidak dia telah bisa mencintai seseorang. aku bahagia sekali, walaupun aku tidak bisa memiliki hatinya, namun setidaknya aku tahu di mana dia berada, aku bisa melihat wajah senyum terbarunya melalui foto htam putih itu, aku juga bisa tau bagaimana kabarnya, dan dia baik baik saja. Rupanya kata baik baik saja sudah lebih dari cukup bagiku. Waktu berlalu begitu cepat dan sangat cepat tanpa ku sadari, waktu membawa kami kesebrang Nusa Timor ini. Memilih jalan kisah hidup yang berbeda. kami sama-sama berada jauh dari rumah dan kampung halaman. Segalanya baru dan berubah. Pola pikir yang berbeda, prinsip hidup yang berbeda, tujuan yang berbeda, sistem yang berbeda, cita-cita yang berbeda. Semuanya berubah, kita mengalir bersama perubahan budaya dan kehidupan, kita mengikuti mode dan tren hidup, mengikuti budaya baru yang datang, segalahnya berubah. Hanya satu yang tetap abadi " AKU TETAP MENCINTAI SENYUMNYA".

Via https://weheartit.com/
                                     
Aku mencintai lelaki lain dalam hidupku, aku menyukai senyum pria lain dalam kisahku, tapi aku tidak akan pernah menggantikan senyum El Chrisant ku dengan senyum lain manapun. Hingga kini, aku tahu segalanya tentangnya, dan aku hanya tersenyum saat mengingat senyumnya. sesewaktu aku membuka beberapa album fotonya dan kembali ku susuri senyum indahnya, satu demi satu dalam potretnya. Dia masih tetap terindah bagi jiwaku. aku terbelenggu cintanya, dan itu adalah salahku. aku tak akan akan mengijinkan dia atau siapapun tahu, cukup aku, Tuhan dan Senja yang tahu, karena namanya sering ku sebutkan dalam setiap butir doaku, dan su bisikkan lewat semilir angin sore, dan jingganya senja. Dia ada, di sekitarku tidak sejauh dulu, aku merasahkan kehadirannya, aku menikmati ritme indahnya, dan itu sudah cukup bagiku, aku selalu nyaman dengan rasa ini, 13 tahun rasa itu masih ada dan membekas serta tersimpan rapih sekali.

Dia masih selalu seperti sahabatku, dan aku menyukai keadaan ini, dan aku tak ingin semuanya berubah. aku telah capek untuk berusaha menghapus rasa ini, namaun semakin lama, semakin senyumnya menghiasi hari-hariku. Aku masih mengaguminya seperti yang dulu. Aku masih sangat mencintainya, walau hanya hati ini yang tahu. Pukul 03.00 WITA, 7 juni 2020 aku terbangun, saat senyum ini datang menghampirku, dan bilang " El Eleanor, Jika aku mencintaimu, apa yang kau inginkan" dan aku langsung terbangun sesaat sebelum menjawab pertanyaannya. 3 bulan sebelumnya mimpi ini aku pun pernah bermimpi, dia hadir di antara semua teman teman seangkatanku kami menyebutnya HTM-49, dan tersenyum singkat ke arahku sesaat sebelum dia pergi.

Subuh ini aku terbangun oleh senyum manisnya dalam mimpiku, dan memutuskan untuk menuliskan kisah belenggu cinta ini. ku uraiakan secara singkat tentang keindahan El Chrisant ku, HTM, El Esperito dan cintaku padanya yang tak terungkap 13 tahun terakhir ini.
El Chrisant, baik baik sajalah di manapun kau berada, aku Mencintaimu

Wedomu, 7 Juni 2020
Cinta Abadi


El Eleanor

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,13,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,107,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,7,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,19,REFLEKSI,2,Sosial,27,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Antara HTM, El Chrisant, El Esperito Dan Cinta Yang Terpendam
Antara HTM, El Chrisant, El Esperito Dan Cinta Yang Terpendam
https://1.bp.blogspot.com/-WjdZrAz45P0/XtwuYVM0iTI/AAAAAAAAAeY/NporFIisAC043ewZbLmubNuE9SB5uov-QCK4BGAsYHg/w400-h300/SMPK%2BHTM%2BHalilulik.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WjdZrAz45P0/XtwuYVM0iTI/AAAAAAAAAeY/NporFIisAC043ewZbLmubNuE9SB5uov-QCK4BGAsYHg/s72-w400-c-h300/SMPK%2BHTM%2BHalilulik.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/06/antara-htm-el-chrisat-el-esperito-dan.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/06/antara-htm-el-chrisat-el-esperito-dan.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content