Kelulusan SMA saat pandemi Covid-19, Perpisahan tanpa kenangan

Sabtu 02 Mei 2020, Seluruh SMA dan SMK di Indonesia termasuk SMAS 7 September '99 Atambua, mengumumkan kelulusan siswa/i kelas 12 pada h...

Sabtu 02 Mei 2020, Seluruh SMA dan SMK di Indonesia termasuk SMAS 7 September '99 Atambua, mengumumkan kelulusan siswa/i kelas 12 pada hari itu. Total seluruh 179 orang Siswa SMA 7 September '99 Atambua dinyatakan lulus. Pengumuman kelulusan tersebut disampaikan langsung secara tertulis oleh Kepala Sekolah  Drs. Alexandrino H.P Seac, M.H,  yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Nusa Timur. Tentu hasil tersebut merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dari sekolah yang berdiri tepat tanggal 7 September 1999 ini.

Suasana kelas SMAS 7 September '99 sebelum Corona, via https://www.instagram.com/yayasannusatimur/

Saat ini SMAS 7 September 99 Atambua berada dibawah naungan Yayasan Nusa Timur Atambua. selain SMAS,Yayasan yang berdiri sejak tahun 2012 tersebut juga menaungi SMP 7 September 99 Atambua dan juga PAUD Tunas Bangsa Masmeu dan Sukabitetek. Saat pengumuman tersebut dilakukan di sekolah terdapat hanya 30 orang siswa saja yang datang untuk mencari tahu hasil kelulusan mereka, hal ini dikarenakan adanya peringatan dari pemerintah daerah setempat untuk setiap sekolah melakukan pengumuman lewat media sosial, radio atau secara online. Selain itu juga siswa/siswi juga tidak diperkenankan untuk melakukan perayaan kelulusan yang berlebihan mengingat adanya Covid-19 tersebut.

Para siswa yang hadir pada waktu itu termasuk Ketua Osis SMAS 7 September '99 Atambua Florindo Dos Santos, atau biasa disapa Ido berpendapat bahwa kelulusan kali ini tidak memberikan kesan apa-apa, karena rencana perpisahan yang sudah diatur sedemikian rupa tinggal wacana yang berantakan serta tidak ada kalimat selamat tinggal dan sampai jumpa yang terucap secara langsung. Ada ucapan terima kasih yang tertunda kepada lembaga sekolah yang menurutnya telah banyak melakukan perubahan positif dengan adanya fasilitas pendidikan yang memadai.

Tentu saja kelulusan SMA tahun ini tidak memberikan kesan yang mendalam, karena Siswa SMA tidak bisa menyampaikan salam perpisahan kepada sesama teman dan juga kepada Guru-guru, padahal momen itulah yang ditunggu semua siswa/i untuk menyampaikan seluruh rasa terimakasih dan permohonan maaf kepada Guru-guru.


Hal yang sedikit tidaknya memberikan kelegaan bagi Siswa/i SMA tahun ini adalah dengan ditiadakannya Ujian Nasional (UN). Pembatalan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020, secara resmi disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dengan mempertimbangkan keamanan dan kesehatan peserta didik di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease.

Harapan para Siswa/i  lulusan SMAS 7 September 99 Atambua ini adalah kedepannya, lembaga almamater mereka dapat memperhatikan dan meningkatkan fasilitas sekolah secara keseluruhan termasuk kebersihannya, agar terciptanya lingkungan belajar yang lebih baik dan mendorong lembaga ini menjadi semakin maju kedepannya. Harapan lainnya adalah agar selalu terjalin komunikasi antara alumni dan pihak sekolah agar kedepannya mereka dapat memberikan kontribusi satu sama lain dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan yang sudah terjalin.

COMMENTS

Name

Aplikasi,1,Atambua,2,Beasiswa,1,Belajar,1,Bisnis,4,Budaya,6,Cerita,7,Crowdfunding,1,Dari Komunitas,1,Desa,1,Ekonomi,1,Featured,6,Features,1,Fulan Fehan,1,Hukum,12,Internasional,1,Karir,5,Kemenangan,1,Kesehatan,1,Komunitas,1,Leadership,1,Lowongan kerja,4,Menyenangkan,1,Milenial,2,Motivasi,14,Olahraga,1,Opini,103,Pemimpin,1,Pendidikan,16,Pilihan Redaksi,5,Psikologi,1,Publik Speaking,1,Puisi,17,REFLEKSI,2,Sosial,24,Teknologi,2,Tips,11,Travel,10,
ltr
item
Inspiring Everyone - Fianosa: Kelulusan SMA saat pandemi Covid-19, Perpisahan tanpa kenangan
Kelulusan SMA saat pandemi Covid-19, Perpisahan tanpa kenangan
https://1.bp.blogspot.com/-3L50iQ9CDoU/XrZu7Qo4EKI/AAAAAAAAEFs/9loOOD6__vscotVuRq92LcZd_BR3ip9vgCLcBGAsYHQ/s640/tl.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3L50iQ9CDoU/XrZu7Qo4EKI/AAAAAAAAEFs/9loOOD6__vscotVuRq92LcZd_BR3ip9vgCLcBGAsYHQ/s72-c/tl.jpg
Inspiring Everyone - Fianosa
https://www.fianosa.com/2020/05/kelulusan-sma-saat-pandemi-covid-19.html
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/
https://www.fianosa.com/2020/05/kelulusan-sma-saat-pandemi-covid-19.html
true
3872901063732751062
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content